Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Enam Mahasiswa Lolos MBKM NUNI 2021

DIGODOK: Mahasiswa UMM peserta MBKM disiapkan melalui NUNI Student Camp 2019. (Foto: Istimewa)

Malang – Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbud RI, sudah mendapat respon pihak terkait. Program ini diluncurkan  Mendikbud Nadiem Makarim sejak 24 Januari 2020. Dasar hukumnya Permendikbud nomer 3, 4, 5, 6 dan 7 tahun 2020.

MBKM adalah program unggulan Kemendikbud. Harapannya meningkatkan mutu sistem pendidikan di Indonesia. Sistematikanya, memiliki delapan indikator bentuk kegiatan.

Baca Juga ----------------------------

Antara lain: Pertukaran mahasiswa. Magang atau bentuk kegiatan praktik kerja. Asistensi mengajar dan satuan pendidikan. Penelitian. Proyek kemanusiaan. Kegiatan wirausaha. Studi atau proyek independen. Pembangunan desa melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik.

Mahasiswa memiliki hak belajar di luar kampus selama tiga semester. Beban belajar setiap semester setara dengan 20 sks. Selain itu, terdapat dua bagan skema dalam sistematika program MBKM. Yaitu merdeka belajar di dalam dan merdeka belajar di luar. 

Begitu pula dengan program studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang (FKIP-UMM). Menyambut program ini dengan melakukan pertukaran mahasiswa.

Teknisnya, diatur dalam skema pertukaran pelajar pada Program MBKM NUNI 2021. Sejumlah enam mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi akan menempuh perkuliahan lintas kampus.

“Program MBKM NUNI 2021 terselenggara atas kerja sama UMM dengan beberapa universitas terkemuka di Indonesia. Tergabung dalam Nationwide University Network in Indonesia atau NUNI,” ujar Dr Iin Hindun, Ketua Prodi Pendidikan Biologi.

“Alhamdulillah. Enam mahasiswa biologi lolos seleksi dan bersiap untuk mengikuti pembelajaran,” ungkapnya.

Dia mempertegas, keenam mahasiswa yang lolos pada program ini, diterima di berbagai kelas yang berbeda di setiap universitas. Semua mahasiswa, akan melaksanakan kegiatan MBKM NUNI selama satu semester.

“Mahasiswa-mahasiswa yang sudah lolos nanti, akan mengikuti perkuliahan sesuai dengan jadwal di masing-masing universitas. Durasi totalnya adalah satu semester,” tegasnya.

Sebelum dinyatakan lolos, mereka harus melewati proses seleksi ketat. Pasalnya, harus bersaing dengan mahasiswa berbagai kampus untuk memperebutkan 5 sampai 10 kuota mahasiswa setiap mata kuliah dalam satu universitas.

Salah satu mehasiswa, Egar Aldiyaksa Akbar membeberkan proses seleksi program ini. Bahwa setiap peserta diwajibkan membuat esai, tentang motivasi dan rencana belajar jika diterima pada program tersebut.

“Selain syarat administrasi pada umumnya, kami diwajibkan membuat esai tentang motivasi dan rencana belajar ke depannya,” papar mahasiswa yang diterima belajar pada program studi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta itu. 

Prodi Pendidikan Biologi UMM pun membentuk Satgas MBKM Prodi. Tugasnya melakukan sosialisasi kepada seluruh civitas akademika. Lebih lanjut, Hindun berharap program ini benar-benar dapat membekali mahasiswa menghadapi persaingan global.

“Melalui program ini, mahasiswa dapat menyerap ilmu yang tidak terbatas. Nantinya bisa menjadikan mahasiswa siap untuk mengahadapi persaingan dunia kerja global,” pungkasnya. (roz/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post — Pemkab Malang mengapresiasi para pelajar yang berprestasi di bidang olahraga. Salah satunya Koko Indra, asal Desa Pujon, Kecamatan Pujon. Ia tergabung sebagai...

Malang Raya

Malang Post — Polres Malang bersinergi dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Kepanjen, untuk menjaring relawan vaksinasi. Agar terwujud percepatan vaksinasi bagi masyarakat Kabupaten Malang....

Pendidikan

Malang Post – Mahasiswa baru (maba) dari berbagai daerah Nusantara turut serta dalam gelaran Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Event tahunan...

Malang Raya

Malang Post — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya menggelar Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 33 dan 34. Dilakukan sejak Sabtu (18/9/2021) hingga Selasa (21/9/2021)....

Pendidikan

Malang Post — Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, kembali mendapatkan kabar gembira. Ini setelah salah satu mahasiswanya memperoleh penghargaan. Melalui LKTIN...

Malang Raya

Malang Post — Setahunan tersangka RP (29) warga ber-KTP Desa Jenggolo Kepanjen, Kabupaten Malang pakai narkoba jenis Sabu (SS). Alasannya demi tahan rasa kantuk karena...

Malang Raya

Malang Post – Sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19 serta sejalan dengan program pemerintah pusat yang mulai melaksanakan vaksinasi bagi pelajar.  Ketua Yayasan Kartika...

headline

Malang Post — Beredarnya video jajaran Pemkot Malang bersepeda dan diduga memaksa memasuki Pantai Kondang Merak yang tutup, viral di media sosial. Kejadian berlangsung Minggu...