Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Presentar Cegah Covid Klaster Pendidikan

TROPHI: (dari kiri) Nanak Cito Tetuko, Egik Ardiatmajaya dan Mohammad Jailani saat menunjukkan piala dan prototype presensi pintar buatan timnya.( Foto: Istimewa)

Malang – Pandemi covid menyebabkan kegiatan belajar mengajar tatap muka masih dihentikan. Untuk mengantisipasi klaster sekolah agar tidak terjadi pada zona kuning dan hijau, saat penerapan normal baru.

Berangkat dari permasalahan tersebut, mahasiswa Departemen Teknik Instrumentasi Fakultas Vokasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember,  menggagas alat presensi pintar untuk diterapkan di sekolah.

Baca Juga ----------------------------

Mereka adalah Mohammad Jailani, Egik Ardiatmajaya dan Nanak CitoTetuko. Tergabung dalam sebuah tim bernama Insforty Team. Menurut Mohammad Jailani, Ketua Tim, inovasi ini diangkat dari kasus penyebaran covid pada sector pendidikan.

“Agar tidak terjadi penyebaran di sekolah, maka diperlukan protocol kesehatan yang aman dan otomatis,”  terang mahasiswa yang disapa Jailani ini.

Ia melanjutkan, pencegahan kontak fisik antar manusia saat melakukan pengecekan sesuai protocol kesehatan penting dilakukan. Maka timnya merancang alat yang diberi nama Presentar  (Presensi Pintar).

Alat ini nantinya akan dapat melakukan presensi, mendeteksi suhu tubuh, pemberian hand sanitizer otomatis dan dapat mengetahui riwayat perjalanan seseorang. Lebih lanjut, mahasiswa angkatan 2018 ini menjelaskan, terdapat beberapa inovasi pada Presentar.

Pertama, system ini menggunakan masked face recognition. Dimaksudkan agar presensi tetap dapat dilakukan meskipun menggunakan masker dan tanpa menyentuh benda apapun. Sistem ini melakukan pengenalan pada wajah bermasker.

Terdapat lima tahapan proses pada system ini. Menggunakan Multi-Task  Cascaded  Convolution  Neural  Network (MTCNN). Antara lain: Facial Image Acquisition, Masked Face Detection Using MTCNN, Image Post-processing, Feature Extraction using FaceNet dan Face Verification Using SVM.

“Pada tahapan ini wajah seseorang akan dapat dikenali secara otomatis dan akurat,” papar pemuda 20 tahun ini. Tidak hanya itu, alat ini juga dilengkapi dengan thermal detector. Berrfungsi mengetahui suhu tubuh seseorang.

Terdapat juga hand sanistizer otomatis agar tangan tetap bersih dan higienis. Sedang untuk mengetahui riwayat perjalanan seseorang, alat ini dilengkapi dengan Global  Positioning  System (GPS) tracking yang memonitoring lewat sistem yang didesain berbasis IoT (Internet of Things).

“Harapannya sebelum masuk ke areal sekolah, sudah dijamin kesterilan seseorang lewat protokol kesehatan otomatis ini,” tutur mahasiswa asal Probolinggo ini.

Alumnus MA Model Zainul Hasan, Genggong, Probolinggo ini menyebutkan. Bahwa alat ini memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya adalah dapat melakukan presensi tanpa kontak dan tanpa melepas masker, dapat pula mengukur suhu tubuh. Terdapat automatic  hand sanitizer, serta memiliki GPS  tracking pada aplikasi.

“Maka alat yang kami buat ini sangat cocok untuk diterapkan pada sector pendidikan di era normal baru seperti sekarang,” tandasnya meyakinkan.

Berbuah manis, jerih payah selama dua bulan dari tim bimbingan Brian Raafi’u SST MT ini. Berhasil meraih juara kedua pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Borneo Scientific Fair 4 yang diadakan oleh UKM PP Lisma Universitas Tanjungpura, Januari 2021.

Pada kompetisi ini, Insforty Team berhasil mengungguli 10 finalis lainnya, yang terseleksi dari 56  paper nasional.

Ia berharap, kedepannya Presentar ini bisa terealisasi dan bisa berjalan efektif di sekolah-sekolah jika digunakan pada system presensi di era normal baru. “Dengan begitu, system presensi ini mungkin bisa diterapkan di berbagai sektor. Seperti industri maupun perkantoran,” pungkasnya penuh harap. (*jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu menjadi desa kedua yang dinobatkan sebagai Kampung Tangguh Bersih Narkoba (Bersinar) oleh Polres Batu. Sebelumnya di...

Malang Raya

Malang Post – Kuota penerimaan calon aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang bertambah. Hal ini setidaknya menjadi sedikit angin segar...

headline

Malang-Post – UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, memberikan apresiasi kepada tujuh fakultas atas terobosan, inovasi dan prestasi yang dicapai. Karena kerja keras yang dilakukan di...

Malang Raya

Malang-Post – Rencana sekolah tatap muka masih menuai pro kontra. Khususnya bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pengamat pendidikan menyarankan, pembelajaran berlangsung offline alias...

Malang Raya

Malang-Post – Seorang tukang jahit, M (50), asal Desa Pesanggrahan, Kota Batu, digelandang Satreskrim Polres Batu, diduga melakukan pelecehan seksual pada sejumlah anak-anak usia...

Malang Raya

Malang Post – AKBP Budi Hermanto resmi menjabat Kapolresta Malang Kota menggantikan Kombes Pol Leonardus Harapantua Simarmata Permata. Prosesi penyambutan pejabat baru ini, dilakukan...

Malang Raya

Malang Post – Pemerintah Desa (Pemdes) Sengguruh berkomitmen menjadikan wilayahnya bebas dari penyalahgunaan narkoba. Diwujudkan dengan peresmian Kampung Tangguh Bersih Narkoba (Bersinar) Desa Sengguruh. ...

Malang Raya

Malang Post – Mencegah penyakit atau gangguan kesehatan akibat lingkungan kontinyu dilakukan Dinkes Kota Malang. Melalui upaya preventif, promotif dan kuratif. Agar penyakit akibat...