Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Presentar Cegah Covid Klaster Pendidikan

TROPHI: (dari kiri) Nanak Cito Tetuko, Egik Ardiatmajaya dan Mohammad Jailani saat menunjukkan piala dan prototype presensi pintar buatan timnya.( Foto: Istimewa)

Malang – Pandemi covid menyebabkan kegiatan belajar mengajar tatap muka masih dihentikan. Untuk mengantisipasi klaster sekolah agar tidak terjadi pada zona kuning dan hijau, saat penerapan normal baru.

Berangkat dari permasalahan tersebut, mahasiswa Departemen Teknik Instrumentasi Fakultas Vokasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember,  menggagas alat presensi pintar untuk diterapkan di sekolah.

Baca Juga ----------------------------

Mereka adalah Mohammad Jailani, Egik Ardiatmajaya dan Nanak CitoTetuko. Tergabung dalam sebuah tim bernama Insforty Team. Menurut Mohammad Jailani, Ketua Tim, inovasi ini diangkat dari kasus penyebaran covid pada sector pendidikan.

“Agar tidak terjadi penyebaran di sekolah, maka diperlukan protocol kesehatan yang aman dan otomatis,”  terang mahasiswa yang disapa Jailani ini.

Ia melanjutkan, pencegahan kontak fisik antar manusia saat melakukan pengecekan sesuai protocol kesehatan penting dilakukan. Maka timnya merancang alat yang diberi nama Presentar  (Presensi Pintar).

Alat ini nantinya akan dapat melakukan presensi, mendeteksi suhu tubuh, pemberian hand sanitizer otomatis dan dapat mengetahui riwayat perjalanan seseorang. Lebih lanjut, mahasiswa angkatan 2018 ini menjelaskan, terdapat beberapa inovasi pada Presentar.

Pertama, system ini menggunakan masked face recognition. Dimaksudkan agar presensi tetap dapat dilakukan meskipun menggunakan masker dan tanpa menyentuh benda apapun. Sistem ini melakukan pengenalan pada wajah bermasker.

Terdapat lima tahapan proses pada system ini. Menggunakan Multi-Task  Cascaded  Convolution  Neural  Network (MTCNN). Antara lain: Facial Image Acquisition, Masked Face Detection Using MTCNN, Image Post-processing, Feature Extraction using FaceNet dan Face Verification Using SVM.

“Pada tahapan ini wajah seseorang akan dapat dikenali secara otomatis dan akurat,” papar pemuda 20 tahun ini. Tidak hanya itu, alat ini juga dilengkapi dengan thermal detector. Berrfungsi mengetahui suhu tubuh seseorang.

Terdapat juga hand sanistizer otomatis agar tangan tetap bersih dan higienis. Sedang untuk mengetahui riwayat perjalanan seseorang, alat ini dilengkapi dengan Global  Positioning  System (GPS) tracking yang memonitoring lewat sistem yang didesain berbasis IoT (Internet of Things).

“Harapannya sebelum masuk ke areal sekolah, sudah dijamin kesterilan seseorang lewat protokol kesehatan otomatis ini,” tutur mahasiswa asal Probolinggo ini.

Alumnus MA Model Zainul Hasan, Genggong, Probolinggo ini menyebutkan. Bahwa alat ini memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya adalah dapat melakukan presensi tanpa kontak dan tanpa melepas masker, dapat pula mengukur suhu tubuh. Terdapat automatic  hand sanitizer, serta memiliki GPS  tracking pada aplikasi.

“Maka alat yang kami buat ini sangat cocok untuk diterapkan pada sector pendidikan di era normal baru seperti sekarang,” tandasnya meyakinkan.

Berbuah manis, jerih payah selama dua bulan dari tim bimbingan Brian Raafi’u SST MT ini. Berhasil meraih juara kedua pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Borneo Scientific Fair 4 yang diadakan oleh UKM PP Lisma Universitas Tanjungpura, Januari 2021.

Pada kompetisi ini, Insforty Team berhasil mengungguli 10 finalis lainnya, yang terseleksi dari 56  paper nasional.

Ia berharap, kedepannya Presentar ini bisa terealisasi dan bisa berjalan efektif di sekolah-sekolah jika digunakan pada system presensi di era normal baru. “Dengan begitu, system presensi ini mungkin bisa diterapkan di berbagai sektor. Seperti industri maupun perkantoran,” pungkasnya penuh harap. (*jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

News

Malang Post — Bau busuk menyengat terjepit bebatuan karang pantai Jonggring Saloka, masuk Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Selasa (28/9/2021) pagi, warga pencari rumput...

Pendidikan

Malang Post – Mahasiswa Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang meraih Juara II Kompetisi Debat Hukum Online Nasional Dies Natalis 26th of Sharia Economic...

Pendidikan

Malang Post – MTsN 6 Malang bekerjasama dengan Kodim 0818 Malang-Batu, menggelar vaksinasi gratis. Sinergi bersama tenaga medis RS Mitra Delima dan PPNI (Persatuan...

Malang Raya

Malang Post – Serbuan vaksin Kodim 0833 Kota Malang terus  menarget segala lini.Kali ini Selasa, 28 September 2021, sejumlah kawasan menjalankan vaksinasi. Antara lain,...

Malang Raya

Malang Post – Sebagai upaya mendukung program percepatan vaksin yang dicanangkan pemerintah, Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) hari ini menggelar vaksinasi massal. Sebanyak 2.500 dosis...

Pendidikan

Malang Post — Tidak hanya pembukaannya saja yang meriah, penutupan Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) juga dipenuhi penampilan yang atraktif. Mulai...

Pendidikan

Malang Post — Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang, menyabet penghargaan Bupati Malang. Kategori Lembaga Pendidikan Integratif dengan Posyandu dan Keluarga...

News

Malang Post – Polresta Malang Kota, Senin (27/9/2021) siang, membeberkan minuman keras jenis arak Bali. Ini  hasil Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2021 dan Operasi Patuh Semeru....