Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Atensi Khusus Zona Merah

AKBP Hendri Umar, Kapolres Malang. (DI’s Way Malang Post)

Malang – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro, yang akan diberlakukan hingga 22 Februari mendatang, lebih fokus menyasar ke wilayah terkecil. Yakni di tingkat RT dan RW.

Pun dengan wilayah Kabupaten Malang. Yang memiliki sekitar 17 ribu RT. PPKM mikro akan diberlakukan berdasarkan zona RT/RW tersebut. Juga berlaku kategori zona hijau hingga merah.

Baca Juga ----------------------------

‘’Untuk PPKM mikro sudah dilakukan di Kabupaten Malang. Tapi harus kita klasifikasikan berdasarkan instruksi Mendagri Nomor 3 Tahun 2021,’’ terang Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar.

Berdasarkan klasifikasi dari jajaran Polres Malang, Kelurahan Dampit akan mendapatkan perhatian khusus. Penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut, sangat masif.

‘’Di Dampit itu ada satu RW, yang akan kita fokuskan. Karena di Dampit ini cukup unik. Penyebaran di sana cukup tinggi. Hampir 200-an orang. Tapi penyebaran hanya dari kelurahan Dampit saja. Nanti akan kita cek, apa penyebab tingginya penyebaran di Dampit. Nanti akan benar-benar kita terapkan PPKM berbasis mikro ini di sana,’’ jelas Kapolres.

Selain itu, wilayah-wilayah di Kecamatan Lawang dan Dau juga akan menjadi perhatian khusus dari jajaran Polres Malang. Seperti di RW. 04, Desa Kalirejo, Kecamatan Lawang.  Kemudian di RW. 01, Desa Sumberporong, Kecamatan Lawang.

Selain itu juga di Banjararum dan Mulyoagung Kecamatan Dau. Akan ada beberapa RW yang menjadi fokus perhatian Polres.

‘’Untuk perlakuan yang kita terapkan nanti, akan diutamakan untuk wilayah-wilayah dengan zona merah dan zona oranye. Jadi kegiatan operasi yustisi, akan kita tingkatkan di zona-zona merah atau oranye,’’ tegasnya.

Penyemprotan disinfektan juga akan ditingkatkan di RT/RW, yang tergolong dalam zona merah dan oranye tersebut. Penyemprotan disinfektan itu, kata Kapolres, akan mengerucut di RT-RT yang sudah sesuai dengan yang diklasifikasikan.

Selain itu, Kapolres juga akan terus meningkatkan peran kampung tangguh. Seperti masa-masa awal Pandemi Covid-19 tahun lalu.

‘’Kita juga membuat posko penanganan. Ini yang akan kita kedepankan ada kampung tangguh. Nanti misalkan ada yang kekurangan secara ekonomi, pangan dan kesehatan maka akan kita bantu di sana,’’ paparnya.

Posko tersebut, kata Hendri Umar, akan berjenjang mulai dari tingkat RT/RW. Hingga ke level desa maupun kelurahan. Termasuk melibatkan seluruh elemen di masyarakat.

‘’Misalnya di RW ini terklarifikasi ke dalam zona merah. Perlu penanganan ekstra. Seperti jam malam, portal yang digunakan hanya dalam jam-jam tertentu saja. Kemudian misalnya tempat keramaian di pasar itu, ada batasan-batasan jamnya yang tetap kita kenakan nantinya,’’ katanya.

Sementara itu, Sekretaris Satpol PP Kabupaten Malang, Firmando Matondang mengaku akan melibatkan tokoh-tokoh yang ada di masing-masing RT/RW.

‘’Kita akan mengembalikan figur ketokohan itu (RT/RW). Harapannya agar lebih tepat sasaran. Kami akan menggerakkan tokoh-tokoh masyarakat agar Covid-19 tidak bertambah,’’ ungkap

Selain itu, pengaruh tokoh-tokoh masyarakat juga akan dipadukan dengan jaringan grup WhatsApp (WA) lingkungan RT/RW dinilai akan lebih efektif.

‘’Intinya adalah bagaimana pemberdayaan lingkungan, akan tersambung dalam satu jaringan grup WhatsApp pada RT/RW tersebut,’’ ujarnya.

Selama PPKM Mikro ini, Firmando menilai bahwa solidaritas masyarakat akan bertumbuh. Pasalnya, grup-grup WA tersebut akan dipantau langsung oleh camat dan lurah.

‘’Karena grup-grup WA tersebut akan berfungsi untuk memberikan informasi terkait COVID-19 dan penanggulangannya,’’ tegasnya. (kik/rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Kodim 0833 Kota Malang melakukan berbagai upaya untuk tingkatkan imun di masa pandemi covid-19. Jumat (17/9), Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol...

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang gelar Vaksinasi Massal untuk pelajar bertajuk”Indonesia Sehat, Indonesia Hebat”. Bersinergi bersama Badan Intelijen Negara (BIN). Dihadiri Bupati Malang HM...

News

Malang Post —  Musibah menimpa karyawan Koperasi Simpan Pinjam Delta Surya Purnama cabang Purwosari Pasuruan. Rabu (15/9/2021) siang di Jl Raya Songsong Ardimulyo Singosari...

Malang Raya

Malangpost – Wakil Wali (Wawali) Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko memantau langsung vaksinasi untuk warga Kelurahan Gading Kasri dan pedagang Pulosari. Sofyan Edi hadir...

Malang Raya

Malang Post — Dugaan korupsi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kembali mencuat.  Kali ini di Desa Selorejo Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Malang Corruption Watch (MCW)...

Malang Raya

Malangpost – Kodim 0833 Kota Malang mengerahkan berbagai upaya bersama Polresta dan Pemkot Malang untuk tekan covid-19. Kombinasi antara vaksinasi, 3T, dan pelayanan isoter...

Pendidikan

Malang Post — Ratusan siswa-siswi SMPN 01 Donomulyo Kabupaten Malang menjalani vaksinasi di lingkungan sekolahnya. Ini dilakukan untuk membentengi diri dari paparan virus Covid-19 dan...

News

Malang Post — Seorang pengendara sepeda motor tergeletak masih memakai jas hujan dan helm, Minggu (12/9/2021) pagi di Jl Raya Gadang. Tepatnya di selatan perempatan...