Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Tak Ada RT Zona Merah di KWB

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko (Humas Pemkot Batu)

Batu – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro tingkat RT, tak berlaku di Kota Batu. Lantaran tak satu pun RT berstatus zona merah sebaran covid. Seluruhnya zona kuning dan hijau. 

PPKM mikro sesuai Instruksi Mendagri no 3/2021. Mengatur pembentukan posko penanganan covid tingkat desa/kelurahan. Fungsinya mengendalikan penyebaran. Walikota Batu, Dewanti Rumpoko mengungkapkan: Dalam skala lingkungan RT di Kota Batu, tak ada yang zona merah atau oranye.

Baca Juga ----------------------------

Kriteria zona adalah: zona hijau (tak ada kasus covid di sebuah RT), zona kuning (jika ada satu hingga lima rumah terkonfirmasi positif, tujuh hari terakhir), zona orange (jika ada 6-10 10 rumah terkonfirmasi positif dalam tujuh hari terakhir), zona merah (terdapat lebih dari 10 rumah terkonfirmasi positif dalam tujuh hari terakhir). 

Sementara di Kota Batu, konfirmasi positif tak ada yang mencapai lebih dari lima rumah setiap RT. Dewanti pun bersyukur. Namun, dia tetap mengimbau masyarakat agar tetap waspada. 

“Karena, begitu ada RT yang kasus terkonfirmasi ada 10 rumah, maka harus diberlakukan PPKM mikro,” ujar Dewanti. 

Lain halnya ketika cakupan wilayah diperluas hingga skala desa/kelurahan. Zona merah baru bisa diidentifikasi di lima desa/kelurahan di Kota Batu. Empat desa diantaranya, di Kecamatan Batu dan satu desa di Junrejo.

Rinciannya, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ada 14 kasus di Kelurahan Ngaglik, Kelurahan Temas, Desa Junrejo. Kemudian Kelurahan Songgokerto terdapat 13 kasus dan Desa Pesanggrahan 12 kasus.

“Zona merah baru bisa ditemukan di lima desa/kelurahan. Tapi ketika ditarik ke bawah hingga level RT, tidak ada yang melebihi 10 kasus terkonfirmasi,” jelasnya.

Meski begitu, ia menegaskan jika PPKM diberlakukan di lingkup kota. Jam malam diberlakukan hingga pukul 21.00.

“Jam malamnya diperpanjang daripada sebelumnya. Selain jam malam, kuota di tempat keramaian bisa mencapai 50 persen,” jelas Dewanti.

Di sisi lain, pihaknya akan kembali menggalakkan Kampung Tangguh Semeru. Menurutnya, Pemkot Batu melalui Sekda Kota Batu, Zadiem Efisiensi akan berkoordinasi dengan Kapolres Batu, AKBP Catur Wibowo untuk mengefektifkan KTS.

Sementara itu, Camat Junrejo, Dian Saraswati menyampaikan soal KTS. Saat ini, di wilayahnya baru ada dua desa berstatus kampung tangguh. Dari total enam desa dan satu kelurahan di Kecamatan Junrejo. Yaitu, Desa Torongrejo dan Pendem. 

“Untuk pembentukan kampung tangguh, kKami menargetkan maksimal minggu depan semua desa/kelurahan di Kecamatan Junrejo bisa berstatus kampung tangguh semuanya,” ujar Dian. 

Lebih lanjut, ia berharap pada masyarakat di wilayahnya. Selama PPKM Mikro, sejak 9-22 Februari mendatang. Masyarakat yang akan menyelenggarakan hajatan, agar tak mengundang elektone dan band-bandan lebih dulu. Tujuannya, menanggulangi terjadinya kerumunan masa. 

“Selain itu, kami juga akan membuat relawan covid di tingkat desa. Tujuannya, untuk membackup tim relawan pada tingkat kota. Sehingga mereka tak sampai kewalahan. Karena tenaga manusia juga ada batasnya,” kata Dian. 

Sesuai saran Dinsos, pihaknya juga akan melakukan pembentukan tim pemulasaraan jenazah covid tingkat desa. 

Pendanaan PPKM mikro ini didasarkan pada Instruksi Mendagri. Bisa diambilkan melalui APBDDes. Sedangkan untuk wilayah kelurahan bisa diambilkan dari APBD. (ano/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

News

Malang Post — Brakkk!!!! Mobil Box N 9187 TI, Senin (18/10/2021) pukul 14.45 WIB menabrak teras rumah warga di Jl Raya Jatiguwi, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Teras...

News

Malang Post — Dua korban luka parah akibat tabrakan, Minggu (17/10/2021) siang di Jl Raya Wendit Timur Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Tabrakan ini melibatkan...

News

Malang Post — Diduga depresi masalah ekonomi, seorang penjual bakso Bareng, mengakhiri hidupnya. Senin (18/10/2021) siang, korban ditemukan tidak bernyawa di belakang gedung Kartini atau...

Malang Raya

Malang Post – Hari ini, Senin (18/10), ada ratusan warga di sejumlah lokasi yang menerima suntikan vaksin. Pertama, vaksinasi di balai RW 02 Kel...

Malang Raya

Malang Post – Tim gabungan penanganan covid-19 di Kota Malang tidak henti-hentinya menggelar operasi yustisi untuk mengingatkan adanya PPKM level II. Minggu, 17 Oktober...

headline

Wujudkan Harapan Warga, Dorong Indonesia Bangkit Malang Post – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno meraskan sendiri menginap di home stay Desa...

Malang Raya

Malang Post – Letak geografis dan topografi Desa Oro-oro Ombo yang berada di sebelah selatan lereng Gunung Panderman, menawarkan panorama Kota Batu nan indah...

Pendidikan

Malang Post – Tax Innovation (Tax-i) Competition 2021 merupakan event tingkat nasional terbaru yang diselenggarakan oleh Tax Center Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (UM)....