Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Dewan Minta Pedagang Pasar Sumedang Bersabar

RAMPUNG: Pasar Sumedang yang sempat terhenti pembangunannya, kini sudah selesai

Malang – Keberadaan Pasar Sumedang di Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang, masih menjadi salah satu pekerjaan rumah bagi Pemkab Malang. 

Informasi yang dihimpun, pembangunan pasar ini sudah rampung. Namun, berdasarkan pantauan di lapangan, sejumlah pedagang masih ada yang jualan di luar bangunan yang baru selesai dibangun. 

Baca Juga ----------------------------

Itu menimbulkan pertanyaan dari sejumlah pengunjung maupun pedagang. Pasalnya, beberapa titik lokasi pasar yang saat ini banyak digunakan pedagang, terlihat kumuh.

Jalan yang dilalui juga masih berbatu. Jika hujan, jalan menjadi becek dan licin. Anggota Komisi III DPRD Kab Malang, Zia Ulhaq pun angkat bicara.

Menurutnya, sebenarnya sudah tidak ada kendala berarti di Pasar Sumedang. Ia juga sudah memastikan dengan melakukan tinjauan beberapa waktu lalu. Bangunan pasar sudah representatif. 

“Pasar Sumedang itu sudah kita tinjau, sudah representatif. Yang jelas, salah satu syaratnya, pengembang harus menyerahterimakan kepada Pemda. Setelah pembangunan selesai. Dan jika sudah diserahkan, otomatis Pemkab tinggal memanfaatkan pasar tersebut,” ujar Zia, Selasa (9/2).

Dirinya tidak bisa memastikan, kendala apa yang menyebabkan hingga saat ini sejumlah pedagang belum pindah ke bangunan baru. Menurutnya, soal penggunaan Pasar Sumedang hanya tinggal menunggu diresmikan Bupati Malang. 

“Kalau kami (DPRD Kab Malang) ‘kan hanya mengawasi proses pelaksanaannya saja. Kami lihat juga sudah sesuai. Ini ‘kan hanya tinggal ceremonynya saja. Artinya, tinggal Pak Bupati datang dan Pasar Sumedang diresmikan. Kalau yang baru ini representatif. Soal nanti setelah digunakan ada yang tidak sesuai, ‘kan ada pemeliharaan oleh kontraktornya,” jelasnya. 

Dirinya berpendapat, bahwa pandemi covid menjadi penyebabnya. Maka,  hingga saat ini pasar tersebut tidak kunjung diresmikan. 

“Sebenarnya kemarin sebelum beliau (Bupati Malang) cuti. Namun mungkin karena pandemi ya. Sepertinya setelah Pilkada, mungkin setelah pelantikan. Itu sudah tidak ada maasalah. Hanya saat kita datangi, tinggal paving parkir saja,” tegas Zia. 

Ia menyebutkan, bahwa hal itu hanyalah persoalan teknis. Tidak ada perkara substansial. Imnbaunya, pedagang di Pasar Sumedang bisa lebih bersabar.

“Ini tinggal soal teknis. Ya pedagang mungkin bisa bersabar sejenak,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pembangunan pasar berlantai dua tersebut dimulai tahun 2017. Dilanjutkan tahun 2018. Anggaran yang digelontorkan untuk pasar yang dikenal Pasar Cokolio itu sebesar Rp 40 Miliar. (riz/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Kodim 0833 Kota Malang menggelar Penyaluran Bantuan Tunai untuk Pedagang Kali Lima dan Warung (BTPKLW-TNI) kepada 4.200 PKL dan warung di...

Malang Raya

Malang Post – Operasi gabungan dilakukan Bapenda, Satpol PP dan Dishub Kota Malang. Kembali menindak reklame yang telat bayar pajak dan masa ijinnya kadaluwarsa. Kepala...

News

Malang Post — Brakkk!!!! Mobil Box N 9187 TI, Senin (18/10/2021) pukul 14.45 WIB menabrak teras rumah warga di Jl Raya Jatiguwi, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Teras...

News

Malang Post — Dua korban luka parah akibat tabrakan, Minggu (17/10/2021) siang di Jl Raya Wendit Timur Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Tabrakan ini melibatkan...

News

Malang Post — Diduga depresi masalah ekonomi, seorang penjual bakso Bareng, mengakhiri hidupnya. Senin (18/10/2021) siang, korban ditemukan tidak bernyawa di belakang gedung Kartini atau...

headline

Wujudkan Harapan Warga, Dorong Indonesia Bangkit Malang Post – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno meraskan sendiri menginap di home stay Desa...

headline

Malang Post — Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus melakukan pengembangan produk-produk kreatif di seluruh daerah. Tidak hanya kuliner, namun produk kreatif lainnya seperti kerajinan...

Malang Raya

Malang Post – Dalam upaya penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19, bertempat di Mapolsek Kedungkandang Kecamatan Kedungkandang Kota Malang telah  dilaksanakan apel kegiatan Ops Yustisi...