Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Buah Kiwi Bisa Atasi Insomnia

PRESENTASI VIRTUAL: Ditjen Dikti mengubah aturan penelitian karena situasi pandemi. Namun tidak menyebabkan Maulana Rafsanjani Miftah, Nabila Mufti Karis dan Chandra Ayu Kumala Sari menyurutkan langkah.( Foto: Istimewa)

Malang – Insomnia telah menjadi masalah umum. Banyak dialami orang. Begitu juga yang dialami oleh Maulana Rafsanjani Miftah.

Seringkali ia kesulitan tidur. Padahal ia sudah begitu lelah. Demi mengobati insomnia yang diderita, dia pun melakukan penelitian.

Baca Juga ----------------------------

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini pun memilih meneliti khasiat herbal untuk pengobatan insomnia. Dia pun membedah kandungan buah kiwi. 

Maul, sapaan akrabnya, bercerita. Ide ini tidak sengaja dia temukan. Awalnya, dia sedang asik berselancar di internet.

Dia menemukan beberapa artikel ilmiah. Mengenai cara pengobatan dan penyembuhannya. Dari situlah, Maul akhirnya tahu.

Bahkan dia menjadi penasaran. Bagaimana buah kiwi dapat membantu menyembuhkan insomnia.

“Sayangnya, di Indonesia sendiri belum ada penelitian yang membahas tentang hal ini,” kata mahasiswa jurusan kedokteran tersebut.

Akhirnya Maul mengajak dua temannya. Nabila Mufti Karis dan Chandra Ayu Kumala Sari. Untuk meneliti manfaat buah kiwi tersebut.

Mereka mengikutsertakan ide ini dalam Program Kreativitas Mahasiswa-Penelitian (PKM-P). Hasilnya mereka lolos. Sampai ke tahap pendanaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti).

Maul mengungkapkan. Dia dan tim mengalami beberapa kendala. Terkait pelaksanaan penelitian.

Salah satu kendalanya adalah, tidak diperbolehkan untuk melakukan penelitian langsung di lapangan. Karena masih dalam masa pandemi covid-19.

“Rencananya kami akan meneliti langsung lewat beberapa subjek yang telah kami pilih. Namun karena situasi sedang pandemi, Ditjen Dikti akhirnya mengubah beberapa aturan dalam penelitian,” beber Maul.

“Akhirnya kami hanya bisa melakukan penelitian melalui beberapa jurnal luar negeri yang telah membahas topik tersebut,” lanjut mahasiswa kelahiran Malang ini.

Penelitian mereka mengungkapkan. Mengkonsumsi dua buah kiwi sebelum tidur, menghasilkan peningkatan yang signifikan pada jumlah waktu tidur seseorang.

Efek ini berkaitan dengan tingginya tingkat antioksidan, flavonoid, karotenoid dan antosianin yang ditemukan dalam kiwi.  Stres oksidatif merupakan penyebab utama dari gangguan tidur pada penderita insomnia.

Beberapa zat yang ditemukan dalam buah kiwi, diasumsikan dapat menurunkan stres tersebut.

“Penelitian ini telah kami selesaikan pada bulan Oktober tahun lalu. Sekarang kami tinggal menunggu proses penerimaan jurnal dari Health Science Journal of Indonesia,” katanya.

“Kami berharap. Penelitian yang telah kami lakukan ini, dapat memberi edukasi baru kepada masyarakat. Terkait dengan manfaat buah kiwi pada penyakit insomnia,” pungkas Maul. (roz/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang-Post – Komunikasi Sosial (Komsos) keluarga besar TNI jajaran Korem 083/Bdj berlangsung pada Kamis (24/6/2021). Bertempat di Aula Skodam V/Brawijaya Malang, Jl. Tugu, Kec....

Pendidikan

Malang-Post – Tren peningkatan kasus Covid-19 di Kota Malang tidak mempengaruhi rencana proses pembelajaran tatap muka (PTM). Sekolah yang semula sudah mulai menjalankan PTM,...

Pendidikan

Malang-Post – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, menggelar wisuda daring, Kamis (24/6/2021). Wisuda tatap muka belum dilakukan karena pertimbangan masih...

Malang Raya

Malang-Post – Aparat gabungan terus berupaya mencegah penyebaran virus corona. Salah satunya dengan menggencarkan operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. Dalam rangka PPKM Mikro...

Malang Raya

Malang-Post – Kamis (24/6/2021) pagi, aparat gabungan kembali menggelar operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. Dalam rangka PPKM Mikro di wilayah Kedungkandang.  Bertempat di...

Opini

Setahun lebih telah berlalu, namun pandemi Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda akan usai. Justru, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dan jumlah kematian makin...

Dahlan Iskan

Sang ayah kena Covid. Anaknya tiga. Satu anak di Atambua. Satu lagi di Amerika. Yang di Surabaya harus mencari obat yang sulit didapat: actemra....