Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Taman Hutan Bondas Tak Sesuai Konsep

OPTIMALISASI: Taman Hutan Bondas masih harus digarap lebih optimal agar sesuai dengan konsep taman olahraga. (Foto: Dokumen/HARIAN DI’S WAY MALANG POST)

Batu – Tak relevan. Penilaian terhadap taman di sepanjang Jl Sultan Agung dan Taman Hutan Kota Bondas. Disampaikan Komisi C DPRD Kota Batu. Sebagai pihak yang menaungi Dinas Lingkungan Hidup (DLH). 

Ketua Komisi C, Khamim Thohari menyatakan berdasarkan hasil pengamatan. Konsep penggarapan taman dinilai tak sesuai. Berbeda jauh dengan taman-taman di Surabaya maupun Jl Idjen Kota Malang. 

Baca Juga ----------------------------

“Sebagai salah satu kota wisata. Sangat membutuhkan perbaikan. Lebih eloknya dilakukan oleh warga Kota Batu, yang memiliki keahlian bidang pertamanan,” ujarnya kepada DI’s Way Malang Post, Rabu (20/1). 

Pengalamannya saat kunjungan kerja ke Surabaya dan Balikpapan. Taman-taman di sana banyak dikerjakan warga Kota Batu. Seharusnya taman di Kota Batu bisa lebih baik lagi. Memberdayakan warga sendiri yang ahli pertamanan. 

“Penggarapan taman ini, harus ada sinergi antar dinas. Seperti Disparta, Dinas Perumahan, dan Dinas PUPR. Sehingga taman yang sudah tergarap, tidak lagi dibongkar. Karena proyek lain,” tandasnya. 

Sujono Djonet, Anggota Komisi C menyampaikan hal serupa. Penggarapannya tak sesuai konsep. Apalagi Taman Hutan Bondas, sebagai taman untuk olahraga. Seharusnya memiliki konsep kesehatan. 

“Taman Hutan Kota Bondas digunakan sebagai tempat berolahraga. Alangkah eloknya, jauh konsepnya tak jauh dari kesehatan. Salah satunya tanaman toga,” jelasnya. 

Ia menyebut pengayaan tanaman di hutan Kota. Harapannya mampu menjadi alternatif warga atau wisatawan. Sebagai destinasi, juga edukasi tanaman toga. 

“Harapannya, menjadi daya tarik kedua setelah alun-alun. Ketika menjadi daya tarik, itu akan menguntungkan secara ekonomi juga. Nantinya bisa dibuatkan fasilitas bagi PKL,” lanjut Djonet. 

Kepala DLH Kota Batu, Aries Setiawan menanggapi baik hal itu. Pihaknya mengakomodir masukan anggota dewan. Bahkan siap menindaklanjuti secepatnya. 

“Akan kami realisasikan tahun ini. Baik taman sepanjang jalan dan taman Bondas. Jika kebutuhan anggarannya kurang, akan kami ajukan lagi ke legislatif (melalui PAK.red). Untuk pengadaan tanaman baru, kami akan minta saran ke pihak DPRD,” jelasnya. 

Untuk diketahui, jumlah taman di Kota Batu saat ini mencapai 55 taman. Termasuk Alun-alun Kota Batu. Total luasnya mencapai 267 ribu meter persegi. “Untuk  anggaran perawatan taman itu ratusan juta. Tidak sampai miliaran,” tutupnya. (ano/jan) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Koramil 0833/ 02 Kedungkandang bersama Muspika menggelar operasi yustisi untuk menegakkan protokol kesehatan covid-19. Ini juga sekaligus melaksanakan PPKM level 2...

Malang Raya

Malang Post – Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona berupaya terus menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sebagai imunitas terhadap penyakit dan virus....

Malang Raya

Malang Post — Berbagai macam cara dilakukan Pemkot Batu untuk melakukan percepatan vaksinasi kepada lansia. Terbaru Pemkot Batu bersama Batu Love Garden (Baloga) Jatim Park...

Malang Raya

Malang Post — Semakin melandainya angka kasus positif dan kematian akibat Covid-19, membuat kapasitas Bed Occupancy Rate (BOR) di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Saiful...

Malang Raya

Malang Post — Target pendapatan daerah Kota Batu mengalami penurunan sebesar Rp 99,8 miliar. Penurunan target tersebut terungkap saat pembahasan perubahan APBD 2021. Dengan begitu...

ShowBiz

Malang Post — Grup band rock asal Malang, d’Kross, akan berkolaborasi dengan pedangdut terkenal, Clara Gopa (Duo Semangka).  Ini menjawab rasa penasaran para d’Krosser (fans...

headline

Malang Post — Bianglala di Alun-alun Kota Batu mulai berputar kembali, Jumat (22/10/2021) tepat pukul 13.00 WIB. Setelah mati suri selama tiga bulan karena penerapan...

Malang Raya

Malang Post — Tepat pada Jumat (22/10/2021) adalah Hari Santri Nasional. Pandemi Covid-19 belum usai, tapi peran santri di Indonesia sangat besar untuk memajukan Indonesia....