Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

BI: Kegiatan Usaha Optimistis Tumbuh Positif

Kepala Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) Bank Indonesia (BI) Malang, Azka Subhan.(Foto : Istimewa)

Malang – Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) yang dilakukan Kantor Bank Indonesia (KBI) Malang mengindikasikan sikap optimistis kegiatan usaha tetap tumbuh positif pada triwulan I-2021.

Hal itu tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) prakiraan kegiatan usaha sebesar 5,98% lebih tinggi daripada SBT -1,75% (realisasi SBT triwulan IV-2020).

Baca Juga ----------------------------

“Industri pengolahan diperkirakan masih mencatat kinerja usaha positif meskipun lebih rendah dibandingkan realisasi periode sebelumnya, sebagaimana terindikasi dari SBT prakiraan sebesar 2,23%,” kata Azka Subhan A, Kepala KBI Perwakilan Malang dalam siaran persnya kemarin.


Menurut dia, responden menyampaikan pertumbuhan positif kinerja usaha terutama didorong oleh permintaan yang masih relatif baik. Hal ini juga diikuti oleh sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan & perikanan dengan SBT prakiraan sebesar 0,84%.


“Disisi lain kontraksi diperkirakan terjadi pada kegiatan usaha di sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran (dimana SBT -1,32%). Kontraksi kegiatan usaha ini sejalan dengan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada bulan Januari 2021,” jelasnya.


Azka menyebutkan, pada triwulan IV-2020 kondisi keuangan perusahaan menunjukan perbaikan. Dimana berdasarkan kondisi likuiditasnya, Saldo Bersih (SB) likuiditas perusahaan tercatat sebesar 6,35% setelah triwulan sebelumnya terkontraksi sebesar -6,78%.

Baca Juga ----------------------------


Sejalan dengan hal tersebut, kemampuan perusahaan untuk mencetak laba (rentabilitas) pada triwulan IV-2020 menunjukan perbaikan dengan SB sebesar 1,72% setelah triwulan sebelumnya terkontraksi sebesar -10,71.


“Hal ini juga diikuti perkembangan realisasi investasi pada triwulan IV-2020 menunjukan perbaikan dengan SBT sebesar 4,85% setelah periode sebelumnya tercatat terkontraksi SBT sebesar -9,66%.”


Peningkatan realisasi investasi tertinggi, menurut dia, terjadi pada sektor Perdagangan Besar dan Eceran, dan Reparasi Mobil dan Motor (SBT 5,40%) dan sektor Konstruksi (SBT 2,28%).


“Berdasarkan Prompt Manufacturing Index (PMI) – Bank Indonesia, kinerja Industri Pengolahan triwulan IV-2020 terindikasi mengalami peningkatan dengan indeks PMI-BI sebesar 30,00%, setelah periode sebelumnya tercatat PMI – BI sebesar 24,27% dan 27,27% pada triwulan yang sama tahun lalu.”

Baca Juga ----------------------------


Perbaikan terjadi pada hampir seluruh komponen pembentuk PMI-BI, terutama volume produksi dengan indeks 14,22% ditopang oleh penerimaan barang input yang lebih cepat, serta jumlah tenaga kerja dengan indeks 8,97%.
PMI-BI triwulan I-2021 diprakirakan sebesar 28,36%, lebih rendah dari pada triwulan IV-2020.

“Hal ini sejalan dengan kinerja sektor Industri Pengolahan yang diperkirakan masih mencatat kinerja usaha positif meskipun lebih rendah dibandingkan realisasi periode sebelumnya.” (bbs)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang post – Kemenkumham korwil Malang deklarasi janji kinerja 2022 di Lapas Wanita Klas IIA Malang, Selasa (25/1). Jajaran samping, yaitu Kodim 0833 Kota...

Wisata

Malang Post – Februari adalah bulan yang sangat dinanti, karena terdapat momen spesial yang tepat untuk berkumpul bersama orang terkasih atau kerabat dekat. Disambut...

Kriminal

Malang Post —  Pasca membekuk tersangka curanmor, kini Resmob Polresta Malang mengeler mereka. Tujuannya untuk melacak komplotan lainnya. Proses penangkapannya, mendadak menyebabkan arus lalu...

Malang Raya

Malangpsot – Setelah melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat Kota Malang beberapa waktu lalu, kini Kodim 0833/Kota Malang menggelar vaksinasi kepada anggota dan ibu-ibu Persit Kartika...

headline

Malangpost – Senin pagi (24/1), Forkopimda Kota Malang meluncurkan Patroli Motor Penegakan Protokol Kesehatan (Pamor Keris) di depan halaman Balaikota Malang. Ratusan personel bergabung...

headline

Malangpost – Bau tak sedap merebak lagi dari Pengadilan Negeri Surabaya. Belum kering borok yang dibongkar KPK atas tangkap tangan hakim Itong dan Panitera...

Dahlan Iskan

NAMA Melia kembali menghiasi langit ilmu pengetahuan Indonesia: dia berhasil membuat bensin dari kelapa sawit. Anda sudah tahu nama bensin baru itu: bensa –bensin...

headline

Malang Post —  Kecelakaan di Simpang Bengawan Solo Jl Panglima Sudirman Kota Malang kembali terjadi. Kali ini sebuah truk Mitsubishi Colt bernopol N 9065...