Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Transmisi Covid-19 Tinggi, Dinkes Batu Perbanyak 3T

drg Kartika Trisulandari, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu. (Ananto Wibowo/DI’s Way Malang Post)

Batu -Menurut Satgas Covid-19 Jawa Timur, tingkat transmisi penyebaran Covid-19 di Kota Batu, termasuk dalam kategori tinggi. Tingginya angka penularan Covid-19 itu hingga menyentuh angka dua. Seharusnya, dalam koridor normal tingkat transmisinya berada di bawah 1.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, drg Kartika Trisulandari menjelaskan, tingginya angka penularan Covid-19 di Kota Batu ini, dikarenakan adanya perbedaan perhitungan. Ini karena, untuk mengukur reproduksi efektif, digunakan berbagai macam perhitungan.

Baca Juga ----------------------------

‘’Komponen perhitungan yang kami gunakan, hanya memasukkan data terkonfirmasi positif Covid-19 saja. Sementara itu Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Timur, menggunakan metode bonza,’’ ujar Kartika, kepada Di’s Way Malang Post, Kamis (14/1).  

Dalam penggunaaan metode bonza ini, kata Kartika, tidak hanya menghitung angka terkonfirmasi positif saja. Namun juga memasukkan angka suspek, probable, diisiolasi dan discarded.

‘’Hal inilah yang membuat perbedaan perhitungan. Antara Kota Batu dan Provinsi. Ini karena metode yang digunakan, memiliki perbedaan dan komponen yang digunakan juga terdapat perbedaan,’’ katanya.

Kartika juga menjelaskan, meskipun tingkat penularannya di bawah angka 1 ataupun 2. Namun angka persebaran Covid-19 masih masif. Oleh sebab itu, dirinya meminta kepada masyarakat Kota Batu untuk mematuhi protokol kesehatan.

‘’Utamanya 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan).  Selain itu, kami juga akan menggencarkan 3T (testing, tracing, dan treatment). Ditambah dengan program vaksinasi sebagai salah satu kunci terpenting,’’ bebernya.

Kata Kartika, hal-hal tersebut merupakan kolaborasi. Yang bertujuan untuk menekan angka persebaran Covid-19 di Kota Batu.

Sementara itu, Wali kota Batu, Dewanti Rumpoko menjelaskan, jika laju transmisi yang cepat itu dikarenakan banyaknya laporan dari rumah sakit. Seiring banyaknya kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

‘’Akhirnya transmisinya tinggi. Ini karena kasus terkonfirmasi dan tingkat kematian. Itu akumulasi penghitungan. Sehingga transimisi tinggi. Kita harus berhati-hati,’’ tutur Dewanti.

Dirinya menjelaskan, salah satu upaya untuk menekan angka penularan Covid-19 di Kota Batu ini, melalui pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk taat protokol kesehatan.

‘’Intinya itu. Kalau tidak ada keperluan, lebih baik jangan keluar rumah rumah dulu. Selain itu jika merasa kurang fit atau sedang tak enak badan, lebih baik istirahat di rumah. Tidak usah kemana-mana dahulu,’’ jelasnya.

Sementara itu, untuk menekan laju penyebaran Covid-19. Gubernur Jatim telah mengeluarkan Keputusan Gubernur Jatim nomor 188/7/KPTS/013/2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk pengendalian penyebaran covid-19.

Melalui keputusan gubernur itu, 11 kepala daerah kabupaten/kota se Jatim diminta meningkatkan pengawasan, operasi yustisi, dan penegakan hukum lainnya. Yang dilakukan Satpol PP beserta tim gabungan dari kabupaten/kota masing-masing. (ano/rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Dalam rangka menyambut peringatan HUT TNI ke-76 Tahun 2021, Korem 083/Bdj beserta Kodim 0833/Kota Malang secara serentak melaksanakan Bakti sosial berupa...

headline

Malang Post- Soal kasus rombongan “Gowes”  Walikota Malang, Sutiaji dan jajaran OPD ke Pantai Kondang Merak, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang Minggu (19/9) lalu, memang sudah...

Malang Raya

Malang Post – Bupati Malang Drs HM Sanusi MM pernah menjanjikan akan memberikan dana ekstra kepada 378 Desa dan Kelurahan di Kabupaten Malang sebanyak...

Malang Raya

Malang Post – Stiker Presiden RI Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo serta tulisan ajakan memakai masker terpampang jelas di mobil dinas milik...

News

Malang Post — Kabar duka dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang, Kamis (23/9/2021) sore. Seorang mahasiswa semester akhir, tewas akibat mengalami kecelakaan di Bululawang....

Pendidikan

Malang Post — Dinas Pendidikan Kabupaten Malang melalui Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat menggelar training of trainer (TOT) bagi guru PAUD.  Temanya:...

Malang Raya

Malang Post — Angin kencang, Kamis (23/9/2021) jelang petang menghempas wilayah Desa Sumbersuko, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Satu rumah rusak berat sementara 5 lebih lainnya...

Pendidikan

Malang Post — Pengabdian kepada masyarakat, bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan seluruh dosen di Indonesia. Termasuk dosen Universitas Negeri Malang melalui Lembaga...