Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Wagub Emil Awali Vaksinasi

PERTAMA: Wagub Jatim, Emil Dardak, menjadi orang pertama di Jatim yang divaksin Covid-19, Kamis (14/1), di Gedung Grahadi, Surabaya.( Foto: Humas Pemprov Jatim)

Surabaya – Program vaksinasi Covid-19 di Jatim dimulai Kamis (14/1). Bertempat di Gedung Grahadi, Surabaya. Wakil Gubernur (Wagub) Jatim, Emil Elestianto Dardak, menjadi orang pertama di Jatim yang disuntik vaksin Covid-19.

“Menerima vaksin perdana untuk Jawa Timur pada pagi hari ini. Bersyukur bahwa keseluruhan proses berlangsung lancar, dan tim vaksinasi menjunjung tinggi ketaatan prosedur dalam memproses health screening hingga pemantauan pasca-vaksinasi,” kata Emil seperti diunggah di akun instagramnya.

Baca Juga ----------------------------

Semula, Gubernur Khofifah Indar Parawansa yang dijadwalkan pertama divaksin. Namun rencana itu batal. Karena hingga kini Khofifah masih menjalani isolasi mandiri setelah terpapar Covid-19 sejak Sabtu, 2 Januari 2021 lalu.

Ditemani istrinya, Arumi Bachsin, Emil memulai tahapan vaksin sekitar pukul 09.30 WIB. Ada empat tahapan (meja) yang harus dilalui. Setelah melalui meja 1 untuk verifikasi data, selanjutnya di meja 2 dilakukan pemeriksaan kesehatan berupa pengecekan tensi darah, serta beberapa pertanyaan terkait kondisi kesehatan.

Sekitar 10 menit melalui proses di meja 1 dan 2, Emil kemudian menjalani vaksin di meja 3. Mengambil tempat duduk di depan layar bertuliskan ‘Vaksin Aman dan Halal’, Emil disuntik vaksin Covid-19 di lengan bagian kiri yang dilakukan tim vaksinator.

Usai divaksin, berikutnya Emil menuju meja 4 untuk konservasi pasca-suntik vaksin. Selain pendataan, Emil juga mendapat kartu vaksin dan proses selesai. “Semoga ini menjadi langkah awal yang membangun optimisme, agar kita bisa menuju ke Jatim dan Indonesia yang bebas pandemii,” kata Emil.

Setelah Emil, berikutnya giliran Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto; Kepala Kejati Jatim M Dhofir; serta beberapa pejabat dan tokoh lainnya. Total ada 22 orang.

Gubernur Khofifah yang mengikuti proses vaksinasi secara virtual menyampaikan, saat ini dia masih melakukan isolasi mandiri. “Saya dan Kadinkes Jatim dr Herlin Ferliana sedang menyempurnakan isolasi. Namun, saya tetap melakukan koordinasi bagaimana Jatim dan provinsi lain serentak melakukan vaksinasi,” kata Khofifah.

Setelah vaksinasi dilakukan di Grahadi, kata Khofifah, vaksinasi selanjutnya Jumat (14/1) ini dilakukan di Surabaya Raya (Surabaya, Gresik dan Sidoarjo). Khofifah juga mengapresiasi komitmen Forkopimda di Jatim, informal leader, formal leader, tokoh profesi, dan tokoh agama untuk menyukseskan vaksinasi. “Komitmen ini akan menjadi penguat bagi semuanya,” lanjut ia.

Sedang Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jatim, dr Sutrisno, meminta seluruh masyarakat Jatim untuk kompak, jangan takut divaksin. Sebab, vaksin adalah harapan, namun bukan berarti langsung menyelesaikan masalah.

“Maka harus tetap menjaga 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan) sebagai suatu kebiasaan hidup. Vaksin adalah pemelihara kelangsungan hidup,” pungkasnya. (azt/ekn)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Dalam rangka menyambut peringatan HUT TNI ke-76 Tahun 2021, Korem 083/Bdj beserta Kodim 0833/Kota Malang secara serentak melaksanakan Bakti sosial berupa...

headline

Malang Post- Soal kasus rombongan “Gowes”  Walikota Malang, Sutiaji dan jajaran OPD ke Pantai Kondang Merak, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang Minggu (19/9) lalu, memang sudah...

Malang Raya

Malang Post – Bupati Malang Drs HM Sanusi MM pernah menjanjikan akan memberikan dana ekstra kepada 378 Desa dan Kelurahan di Kabupaten Malang sebanyak...

Malang Raya

Malang Post – Stiker Presiden RI Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo serta tulisan ajakan memakai masker terpampang jelas di mobil dinas milik...

News

Malang Post — Kabar duka dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang, Kamis (23/9/2021) sore. Seorang mahasiswa semester akhir, tewas akibat mengalami kecelakaan di Bululawang....

Pendidikan

Malang Post — Dinas Pendidikan Kabupaten Malang melalui Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat menggelar training of trainer (TOT) bagi guru PAUD.  Temanya:...

Malang Raya

Malang Post — Angin kencang, Kamis (23/9/2021) jelang petang menghempas wilayah Desa Sumbersuko, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Satu rumah rusak berat sementara 5 lebih lainnya...

Pendidikan

Malang Post — Pengabdian kepada masyarakat, bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan seluruh dosen di Indonesia. Termasuk dosen Universitas Negeri Malang melalui Lembaga...