Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Bukan PSBB Tetapi PPKM

PPKM: Wagub Jatim, Emil Dardak berpesan kepada masyarakat Jatim, agar pembatasan ini jangan disimpulkan PSBB. Tetapi PPKM. ( Foto: Humas Pemprov Jatim)

Surabaya – Wakil Gubernur (Wagub) Jatim, Emil Elestianto Dardak, mengimbau masyarakat agar tidak cepat-cepat menyimpulkan pembatasan yang diberlakukan di Jawa-Bali tanggal 11-25 Januari nanti sebagai PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Namun, ternyata PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat).

“Jenis pembatasan ini berbeda dengan PSBB yang pernah diterapkan di Surabaya Raya dan Malang Raya,” kata Wagub Emil, Kamis (7/1).

Baca Juga ----------------------------

Menurut Emil, akan ada instruksi yang lebih spesifik dan tertulis dari pemerintah pusat terkait kebijakan PPKM. Ini yang sedang ditunggu Pemprov Jatim.

“Saat ini saya dan Ibu Gubernur terus berkoordinasi intensif. Walau beliau masih isolasi mandiri,  beliau terus berkoordinasi dengan Forkopimda,” ujar Emil.

Sedang Polda Jatim segera melakukan koordinasi dengan Pemprov Jatim, Kodam V/Brawijaya, dan Satgas Covid-19 terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat itu. “Kami akan menindaklanjuti terkait kebijakan pemerintah itu,” kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta.

Kapolda mengungkapkan, pihaknya akan menggelar rapat pada Jumat (8/1) untuk membahas teknis pelaksanaannya.

“Selain itu kami juga melaksanakan tes secara berkala kepada anggota sebagai bagian pencegahan penyebaran Covid-19 secara dini,” ujar Nico.

Penanganan Covid-19 memang rumit. Bukan saja soal caranya, tetapi istilah yang dipakai. Kini, muncul istilah baru yang disebut (PPKM).Kebijakan ini diumumkan Menko Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto, pada Rabu (6/1).

Baca : Pembatasan Kegiatan Masyarakat Jawa-Bali Mulai 11 Januari

Saat pengumuman, Airlangga hanya menyebut pembatasan, bukan PSBB seperti yang sudah berlaku sebelumnya. Pada acara diskusi di BNPB Kamis (7/1) pagi, diketahui istilah itu adalah PPKM.

Airlangga menyebut pembatasan ini rujukannya adalah UU dan PP No 21 tentang PSBB. Secara teknis, pembatasan ini ternyata diatur melalui Kemendagri yang diturunkan lagi menjadi peraturan daerah (Perda).

“Instruksi Mendagri sudah diterbitkan dan beberapa gubernur akan memberikan surat edaran yang sudah menerbitkan Bali dan hari ini rencananya DKI,” ucap Airlangga, Kamis (7/1).

Pembatasan itu di antaranya adalah work from home (WFH) 75 persen, tempat makan atau restoran buka dengan kapasitas maksimal 25 persen, mal dibatasi sampai pukul 19.00 WIB,  tempat ibadah hanya 50 persen. (azt/ekn)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Serbuan vaksin Kodim 0833 Kota Malang terus berlanjut. Kali ini lokasi vaksinasi bertempat di Yayasan Sekolah Al Irsyad Jalan Arif Margono...

Malang Raya

Malang Post – Pada hari Sabtu tanggal 25 September 2021 pukul 08.00 wib bertempat di Klinik Shita Farma jln Joyo agung no 3 RT...

Malang Raya

Malang Post – Tim gabungan penanganan covid-19 di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang kembali menggalakkan operasi yustisi. Sabtu, 25 September 2021, hari ini, tim gabungan...

Malang Raya

Malang Post – Ketua Bhayangkari Malang Kota, Ny Enic Budi Hermanto, resmi membuka proses pembangunan Gedung Bhayangkari. Prosesi peletakan batu pertama pembangunan Kantor Bhayangkari...

Malang Raya

Malang Post – Polresta Malang Kota gelar acara tasyakuran HUT Polisi Lalu lintas ke-66, Jumat (24/9/2021) dan dihadiri seluruh perwira jajaran Satlantas Polresta Malang...

headline

Malang Post – GMNI Malang melakukan unjuk rasa menyikapi Walikota Malang Sutiaji yang diduga melanggar peraturan PPKM, Minggu 19 September 2021. Viral di medsos...

Malang Raya

Malang Post – Jumat, 24 September 2021, Babinsa di Kota Malang menyebar di sejumlah lokasi pelaksanaan vaksinasi.Pertama, vaksinasi dosis 2 ditempat ibadah yang ada...

Malang Raya

Malang Post – Dalam rangka menyambut peringatan HUT TNI ke-76 Tahun 2021, Korem 083/Bdj beserta Kodim 0833/Kota Malang secara serentak melaksanakan Bakti sosial berupa...