Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Jangan Begadang! Ini Bahayanya Bagi Tubuh

Ilustrasi Begadang. (Foto : VOA)

Malang – Tidur adalah salah satu aktivitas penting bagi tubuh. Mengutip Alodokter, Pada saat tidur, tubuh memperbaiki kondisi fisik dan mental. Pada usia remaja, tidur akan mempengaruhi proses pertumbuhan. Pasalnya, tidur adalah saat di mana tubuh melepas hormon pertumbuhan yang berperan dalam membangun massa otot serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Idealnya, dalam sehari kita membutuhkan waktu tidur selama 7 – 9 jam per hari, bagi orang dewasa. Sedangkan anak-anak perlu tidur selama 10 – 13 jam setiap hari. Kondisi kurang tidur dapat membuat kondisi fisik dan mental menjadi lebih buruk. Oleh karena itu, anda disarankan untuk tidak membiasakan begadang, agar kebutuhan tidur tercukupi.

Baca Juga ----------------------------

Kurang tidur akibat begadang akan berpengaruh kepada kondisi emosi, kemampuan kognitif, dan fungsi otak, bahkan bisa memicu berbagai jenis penyakit. Berikut adalah beberapa dampak buruk begadang bagi tubuh.

Kadar gula darah naik

Begadang bisa membuat kadar gula darah naik. Studi pada 2015 menunjukan, partisipan wanita yang punya kebiasaan begadang lebih mungkin mengalami kenaikan gula darah, dikutip dari Bustle. Dalam kondisi parah, hiperglikemia atau kadar gula darah tinggi dapat berujung pada penyakit kardiovaskular dan kerusakan ginjal.

Menambah berat badan

Bagi anda yang mendambakan tubuh yang ideal, jauhi begadang. Penelitian menunjukkan, orang yang kurang tidur cenderung lebih banyak makan camilan berkalori tinggi dan mengandung karbohidrat dalam jumlah besar di malam hari. Tidur yang tidak cukup ada kaitannya dengan peningkatan nafsu makan dan bertambahnya rasa lapar. Sehingga aktivitas ngemil sering dilakukan.

Studi lain membuktikan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam sehari cenderung mengalami kenaikan berat badan ditambah peningkatan risiko obesitas dibandingkan orang yang jam tidurnya tercukupi.

Kulit tampak lebih tua

Kurang tidur juga berpengaruh pada penampilan, seperti halnya kulit yang terlihat lebih tua. Hal ini disebabkan adanya hormon kortisol (hormon stres) yang dilepaskan dalam jumlah yang lebih banyak saat anda kurang tidur. Hormon ini bersifat memecah kolagen kulit . Padahal kolagen berfungsi membuat kulit lebih kencang dan elastis.

Kurang tidur akibat begadang juga dapat menyebabkan mata bengkak , mata panda, hingga kulit menjadi pucat dan kusam. Kebiasaan begadang secara berkepanjangan akan menimbulkan efek kurang tidur kronis. Akibatnya, timbul garis-garis penuaan halus di wajah dan menjadikan kulit terlihat kusam.

Pelupa

Apabila anda mulai mengalami permasalahan dalam mengingat, alias pelupa, begadanag bisa jadi salah satu penyebabnya. Hal ini karena proses regenerasi sel yang berguna untuk memperkuat ingatan berlangsung saat tidur. Proses ini juga akan memindahkan ingatan dan memori ke bagian otak  yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan memori jangka panjang. Bergadang akan menghambat semua proses ini dan meningkatkan rasa mengantuk, sehingga Anda menjadi pelupa dan sulit berkonsentrasi.

Menurunkan kemampuan berpikir

Selain pelupa, gangguan lain yang ditimbulkan berupa berkurangnya daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, dan konsentrasi. Meski sebagian orang mengaku, begadang bisa  memberikan inspirasi dan ide cemerlang dalam memecahkan masalah.

Depresi

Efek buruk lain yang ditimbulkan begadang adalah masalah mental seperti depresi. Studi pada 2015 yang dipublikasikan pada Depression and Anxiety menyebut, kebiasaan tidur larut membuat seseorang mengalami perubahan mood dengan sangat bervariasi.

Sedangkan studi pada 2008 yang dipublikasikan pada Personality and Individual Differences menemukan, orang yang tidur cukup dan bangun pagi lebih mudah berpikir dan mencapai kesepakatan. Sebaliknya, kebiasaan begadang dan bangun siang berisiko mengganggu emosi seseorang. Dengan begadang, seseorang akan mudah gugup, depresi, tak percaya diri, dan mudah berubah pikiran.

Kebanyakan orang yang didiagnosis mengalami depresi dan kecemasan adalah mereka yang tidur kurang dari enam jam di malam hari.

Risiko penyakit jantung

Mengutip CNN, Begadang bisa membahayakan jantung. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang menunjukan bahwa setiap satu jam waktu tidur yang berkurang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 11 persen.

Risiko kanker

Penelitian lain menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kebiasaan kurang tidur, atau sering bekerja shift di malam hari, memiliki risiko terkena kanker yang  lebih tinggi. Mengutip Alodokter, Belum diketahui pasti apa efek begadang terhadap kemunculan kanker, namun diduga berkaitan dengan stres dan kerusakan sel tubuh.

Meningkatkan risiko kematian

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Chronobiology International menunjukkan bahwa orang yang begadang memiliki risiko kematian 10 persen lebih tinggi daripada mereka yang tidur. Pop Sugar menulis, studi ini melibatkan 433 ribu orang dewasa yang diteliti selama 6,5 tahun.

Nah itulah bahaya begadang bagi tubuh. Namun terkadang, ada yang harus bekerja shif malam, sehingga begadangpun tidak bisa dihindari. Sebaiknya anda tetap harus mencukupi kebutuhan tidur harian. Apabila mengalami permasalahan dan ada keluhan yang muncul, segera berkonsultasi ke dokter. (alc/cnn/anw)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post – Dalam rangka percepatan Herd Immunity, Universitas Negeri Malang (UM) kembali sukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac dosis pertama dan kedua yang ditujukan...

Pendidikan

Malang Post — SMAN 1 Sumberpucung berkomitmen mendukung pemerintah menangani pandemi Covid-19 yang belum mereda. Salah satunya melalui program vaksinasi remaja. Menggandeng Puskesmas Sumberpucung, vaksinasi dosis...

Malang Raya

Malang Post – Hutan Kota Malabar menjadi pusat kegiatan aksi bersih-bersih yang diinisiasi jajaran Kodim 0833 dalam hal ini Koramil Klojen pemangku wilayah. Tidak...

Malang Raya

Malang Post – Bank Sahabat Sampoerna (BSS) Malang bersama mitra bisnisnya, KSP Sahabat Mitra Sejati, kembali menggelontorkan ratusan paket sembako bagi masyarakat yang terdampak...

Malang Raya

Malang Post – Kodim 0833 Kota Malang melakukan berbagai upaya untuk tingkatkan imun di masa pandemi covid-19. Jumat (17/9), Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol...

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang gelar Vaksinasi Massal untuk pelajar bertajuk”Indonesia Sehat, Indonesia Hebat”. Bersinergi bersama Badan Intelijen Negara (BIN). Dihadiri Bupati Malang HM...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan Guru Taman Kanak -Kanak (IGTKI) Kecamatan Donomulyo melalui Dinas Pendidikan bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat menggelar workshop....

Pendidikan

Malang Post – Ratusan murid SMP KHA Thohir Pulungdowo Tumpang Kabupaten Malang menjalani vaksinasi di lingkungan sekolah. Ini untuk mencegah penyebaran virus covid-19 dan menjadi...