Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Hore, Revitalisasi Pasar Rampung, Tahun Depan Pedagang Tempati Lapak

SOSIALISASI: Kepala Diskopindag Kota Malang, Wahyu Setianto mulai menyosialisasikan penempatan pedagang tiga pasar. (Dok. Arema TV)

Malang  – Kabar baik bagi pedagang di tiga pasar Kota Malang. Antara lain: Pasar Kedungkandang, Pasar Mergan dan Pasar Kasin.

Tahun 2021, bisa berdagang di dalam pasar. Masyarakat pun bisa lega. Karena pedagang yang selama ini jualan di jalan, bisa menempati lapaknya yang baru.

Baca Juga ----------------------------

Sebelumnya, pedagang sempat dipindahkan ke luar area pasar. Karenakan program revitalisasi pasar. Ini juga membuat pembeli tidak nyaman. Karena lapaknya tidak tertata.

“Ini kita lakukan, agar sesuai standar pasar yang telah ditentukan,” ujar Kepala Diskopindag Kota Malang, Wahyu Setianto.

Persiapan penempatan pedagang sudah dilakukan. Untuk itu, Rabu (23/12) siang, perwakilan pedagang di tiga pasar itu, diundang Wahyu di Hotel Sahid Montana II Kota Malang.

Pihaknya melakukan sosialisasi. Membeberkan persiapan penempatan pedagang kembali masuk ke pasar. Setelah revitalisasi pasar rampung.

“Biasanya dengan adanya revitalisasi, pedagang akan bertambah. Di pasar yang lama, banyak pedagang yang tidak berjualan. Tetapi dengan adanya revitalisasi, akan ada banyak pedagang yang berjualan kembali. Tapi dengan catatan jumlah pedagangnya tetap,” ungkapnya.

Wahyu menyampaikan, pihaknya akan berkomitmen untuk memaksimalkan pasar Kedungkandang yang telah selesai direvitalisasi.

“Biasanya pedagang yang ada di pasar itu, tidak sesuai dengan database kita. Tapi setelah kita bangun dan ditempatkan kembali, mereka berjualan kembali. Sesuai dengan database kita,” terangnya.

Revitalisasi yang dilakukan Diskopindag ini, bertujuan untuk menambah fasilitas umum milik pasar.

“Kami mengarah pada pasar yang ber-SNI,” tegasnya.

Sebanyak 190 pedagang di Pasar Kedungkandang, yang sesuai dengan database akan dimasukkan kembali ke dalam pasar. Maka dilakukan pengosongan jalan yang dulunya digunakan untuk berjualan.

Lapak juga disiapkan Diskopindag Kota Malang. Harapannya, mulai tahun 2021. Maksimal tanggal 2 Januari 2021, pedagang dapat kembali mengisi lapak. Sesuai dengan arahan.

Kepada para pedagang yang terdaftar di Diskopindag tidak dipungut biaya. Pedagang bisa kembali menempati lapak yang telah disediakan.

Zonasi pun diberlakukan. Pedagang nantinya akan disesuaikan dengan produk yang dijual. Biar lebih tertata dan memudahkan pembeli menemukan apa yang ingin dibeli. (nyk/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post –  Memasuki musim penghujan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, melakukan pembenahan dinding penahan volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung....

Malang Raya

Malang Post – Tim penanganan covid-19 Kota Malang kembali menghelat vaksinasi covid-19 khusus lansia, Kamis (21/10) hari ini.Sasaran vaksinasi lansia kali ini adalah warga...

Kuliner

Malang Post —  Pasar Numplek masuk Atria Hotel Malang. Masyarakat bisa melihat dan mendapatkan mulai Oktober hingga November 2021. Beragam makanan dan jajanan pasar...

Malang Raya

Malang Post –  Walikota Sutiaji meminta guru ASN meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait jabatan fungsional, secara lebih rinci.    “Saat ini ASN menerapkan merit...

Malang Raya

Malang Post – Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator XL Kodim 0833 Cabang IV Brawijaya Ny Tari Ferdian Primadhona memantau vaksinasi untuk pelajar SMP. Tari,...

Pendidikan

Malang Post – Bupati Malang HM Sanusi berjanji akan menaikan insentif  bagi guru Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) menjadi dua juta rupiah. Direalisasikan tahun...

Malang Raya

Malang Post — Kota Batu bakal menjadi sentra pembibitan jeruk purut di Indonesia. Hal ini menyusul permintaan ekspor jeruk purut yang sangat tinggi. Saat ini...

Malang Raya

Malang Post – Tim tracer Covid-19 Kota Malang menggelar tracing kasus di Jalan Kolonel Sugiono IV, Kelurahan Ciptomulyo, Sukun Kota Malang. Rabu, 20 Oktober...