Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nasional

Ada Bimbel Gratis Saat Pandemi

INOVATIF: Pemuda Muhammadiyah mendapat apresiasi dari Camat Wagir Hendra Cahyono, dengan ide bimbel gratisnya.

Malang – KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) formal di sekolah diterjang pandemi covid-19. Berantakan. Semuanya dilakukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Sistem daring atau online. Entah sampai kapan.

Dampaknya mulai terasa. Tidak efektif. Menyikapi ini, Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Wagir Kabupaten Malang melakukan terobosan. Mereka bergerak. Memberikan bimbingan belajar gratis.

Bagi pelajar SD dan SMP se-Kecamatan Wagir. Terobosan ini dilakukan lantaran melihat potret pendidikan yang memprihatinkan di masa pandemi ini. Apa yang melatar belakangi gerakan bimbel gratis tersebut? Founder bimbel, Nurbayu Indra Wijaya menjelaskan: Pembelajaran daring dan kesulitan orang tua menjadi alasan yang kuat.

Terkait itu semua, anak-anak muda Muhammadiyah di Wagir berinisiatif membuat rumah belajar. Tanpa memungut biaya sepeser pun dari wali murid.

“Banyak anak yang kesulitan saat pembelajaran daring. Ini dikarenakan keterbatasan sarana. Mulai dari tidak punya gadget hingga mahalnya kuota internet. Apalagi ditambah kesulitan orang tua siswa lantaran harus mendampingi belajar setiap saat. Melalui pikiran sederhana itulah akhirnya kami membentuk bimbel gratis yang kami beri nama, Ayo Sinau,” tandasnya.  

Bayu mengatakan: Ssaat ini telah berjalan empat rumah belajar di Desa Parangargo, Gondowangi, Sitirejo dan Sidorahayu. Diampu 11 (sebelas) tutor.

“Alhamdulillah. Bimbel yang kami dirikan bulan November, saat ini sudah tersebar di empat desa. Didampingi 11 (sebelas) tutor. Semoga ke depan terus istiqomah,” ujarnya. 

Pemuda yang juga mahasiswa UMM ini, memaparkan: Bimbel gratis ini, diikuti oleh 60 siswa SD dan SMP.

“Saat ini kurang lebih ada 60 siswa. Dari empat desa di Kecamatan Wagir yang kami berikan pendampingan belajar,” paparnya.

Bimbel Ayo Sinau, baru berjalan satu bulan. Berbagai upaya terus dilakukan. Mulai dari pengembangan kurikulum, hingga menggandeng beberapa lembaga zakat di Malang. Agar turut berdonasi. Untuk menunjang transport para tutor bimbel tersebut.

Wati, wali murid dari Bayu Anggoro asal Dusun Wiloso Desa Gondowangi merasa sangat terbantu dengan bimbel gratis ini.

“Saya sangat bersyukur. Ada anak-anak muda yang dermawan dan peduli dengan pendidikan. Biasanya saya sebagai orang tua harus bersusah payah membantu mengerjakan tugas anak saya. Tentunya dengan adanya bimbel gratis ini, sangat bermanfaat bagi anak-anak khususnya para orang tua,” ungkapnya. 

Camat Wagir Hendra Cahyono turut mengapresiasi atas kepedulian Pemuda Muhammadiyah dalam sektor pendidikan. Khususnya bagi anak-anak usia sekolah.  

“Tentunya saya sangat apresiatif dan berterima kasih kepada Pemuda Muhammadiyah. Upaya ini, merupakan bentuk kepedulian dan partisipasi. Dalam mencerdaskan  anak-anak terutama di Kecamatan Wagir. Untuk meningkatkan kualitas SDM. Apalagi, situasi Covid-19 ini berdampak luar biasa. Salah satunya pada dunia pendidikan,” terangnya.

Ia menjelaskan, dampak pada kehidupan masyarakat termasuk dunia pendidikan. Harus dibatasi belajar dan mengajar. Tidak boleh tatap muka seperti normalnya. Kini dilakukan secara daring.

Karena itu, program bimbel gratis ini, diharapkan bisa menjadi solusi meningkatkan pendidikan di masyarakat Wagir. Hendra berharap, semoga program ini dapat dimanfaatkan masyarakat luas di Wagir. Tidak lupa, dalam pelaksanaannya tetap mematuhi protokol kesehatan. 

“Semoga bimbel ini memberi manfaat luas bagi masyarakat Wagir. Saya berpesan agar pelaksanaannya tetap mematuhi protokol kesehatan. Proses belajar dan mengajarnya, menerapkan 3 M. Menjaga jarak, memakai masker dan senantiasa mencuci tangan dengan sabun,” pungkas Hendra. (*yan)

Click to comment

Leave a Reply

You May Also Like

Pendidikan

AMEG – Sebanyak 236 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Brawijaya (UB) lolos mendapat pendanaan dari Dikti. Jumlah tersebut menempatkan […]

Malang Raya

AMEG – Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, berharap ada pos anggaran untuk memfasilitasi atlet penyandang disabilitas. Menurutnya saat ini […]

headline

AMEG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, serius melarang aparatur sipil negara (ASN) nya untuk mudik. Tidak ingin kecolongan, Pemkab Malang […]

Kuliner

Lebaran sangat identik dengan ketupat, opor ayam, dan rendang. Sedangkan hidangan berbahan kambing biasanya disajikan saat libur hari raya Idul Adha. […]

Kuliner

AMEG – Ramadan tahun ini, Kota Batu semarak dengan aneka kuliner hidangan buka puasa. Disajikan berbagai hotel, yang menawarkan konsep, […]

headline

AMEG – Terhitung mulai 10 Mei 2021, PT KAI Daop 8 Surabaya, akan mengoperasionalkan Stasiun Malang Baru yang berada di […]

Pendidikan

AMEG – Syiar Ramadan di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang), di hari ke 27 Ramadhan, […]

Malang Raya

AMEG – Pasangan pengusaha muda sukses asal kota Malang, Gilang Widya Pramana dan Shandy Purnamasari, memanfaatkan Ramadan tahun ini, dengan […]

headline

AMEG – Pelarangan mudik lebaran tahun 2021, mulai 6 Mei hingga 17 Mei 2021, berdampak besar pada sektor ekonomi pariwisata […]

%d bloggers like this: