Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

FPI Cs Akan Gelar Aksi 1812, Polisi Akan Lakukan Ini

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran.

Jakarta – Polda Metro Jaya akan menyiapkan operasi kemanusiaan untuk menghadapi Aksi 1812 yang akan digelar  Front Pembela Islam (FPI), Persaudaraan Alumni (PA) 212, dan beberapa kelompok lain di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (18/12) besok..

“Kalaupun ada aksi kami akan melaksanakan operasi kemanusiaan. Salus populi suprema lex esto, yakni keselamatan masyarakat jadi hukum yang tertinggi,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Polda Metro Jaya, Kamis (17/12)

Baca Juga ----------------------------

Fadil menyebut operasi kemanusiaan yang akan dilakukan polisi didasari beberapa aturan yang berlaku, seperti UU Kekarantinaan Kesehatan, UU tentang wabah penyakit menular, Perda, Pergub, dan instruksi gubernur. Polisi juga akan melakukan 3T guna mengendalikan kerumunan dan mencegah penularan Covid-19.

“Kita laksanakan 3 T (tracing, testing, treatment) sehingga kerumunan tersebut bisa terkendali. Jangan sampai nanti di antara kerumunan itu ada yang positif sehingga menularkan ke yang lain,” kata Fadil.

Menurut Fadil, langkah ini perlu diambil aparat kepolisian agar lonjakan kasus Covid-19 tidak terjadi. Hal ini berkaca pada kasus klaster Petamburan dan Tebet yang juga melibatkan massa FPI.

“ Sudah terbukti bahwa kerumunan berbahaya untuk terjadi penularan. Jadi kita akan laksanakan operasi kemanusiaan,” pungkas mantan Kapolda Jatim itu.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, polisi tidak akan mengeluarkan izin aksi 1812 untuk  menuntut pembebesan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab, yang ditahan karena kasuskerumunan di Petamburan.

“Ya, tidak mengeluarkan. Izin tidak dikeluarkan,” kata Yusri kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (17/12).

Meski begitu, Yusri menegaskan, polisi akan melakukan langkah preventif agar massa tidak berkumpul dan menimbulkan kerumunan.

“Kita akan lakukan operasi kemanusiaan. Kita mulai dari mana? Preventif kita mulai dari Bekasi, dari daerah kita sampaikan tidak boleh ada kerumunan. Operasi kemanusiaan yang akan kita lakukan,” jelasnya.

Aksi 1812 untuk  menuntut pembebasan Habib Rizieq Shihab rencananya digelar Jumat (18/12) siang, usai salat Jumat. Menurut keterangan Sekretaris PA 212, Novel Bamukmin, massa aksi hanya akan berasal dari wilayah Jakarta Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Novel menyebut aksi 1812 pasti memperhatikan protokol kesehatan. Karena menurutnya pendukung Habib Rizieq Shihab taat dengan prokes. (dtk/anw)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang gelar Vaksinasi Massal untuk pelajar bertajuk”Indonesia Sehat, Indonesia Hebat”. Bersinergi bersama Badan Intelijen Negara (BIN). Dihadiri Bupati Malang HM...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan Guru Taman Kanak -Kanak (IGTKI) Kecamatan Donomulyo melalui Dinas Pendidikan bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat menggelar workshop....

Pendidikan

Malang Post – Ratusan murid SMP KHA Thohir Pulungdowo Tumpang Kabupaten Malang menjalani vaksinasi di lingkungan sekolah. Ini untuk mencegah penyebaran virus covid-19 dan menjadi...

Pendidikan

Malang Post — Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menjadi tuan rumah pertemuan forum Asosiasi Dosen Ilmu-Ilmu Adab (ADIA) se Indonesia. Sekaligus...

Malang Raya

Malang Post – Masih maraknya peredaran rokok ilegal di pasaran khusunya kota Malang, memantik Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukai...

News

Malang Post —  Musibah menimpa karyawan Koperasi Simpan Pinjam Delta Surya Purnama cabang Purwosari Pasuruan. Rabu (15/9/2021) siang di Jl Raya Songsong Ardimulyo Singosari...

Malang Raya

Malangpost – Wakil Wali (Wawali) Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko memantau langsung vaksinasi untuk warga Kelurahan Gading Kasri dan pedagang Pulosari. Sofyan Edi hadir...

Teknologi

Malangpost – Dewasa ini, makin banyak pelaku bisnis yang berlomba membuat usaha mereka makin dikenal khalayak ramai dengan cara memanfaatkan beragam media digital yang...