Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Tutup Alun Alun, Siapkan Dana Khusus

Punjul Santoso, Wakil Wali Kota Batu (DI’s Way Malang Post)

Batu – Pemerintah Kota Batu, benar-benar total untuk penanganan coronavirus disease. Anggaran pun sudah disiapkan untuk semester pertama 2021. Tersebar di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD). Dengan tujuan, kota wisata ini segera menuju zona hijau.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso menegaskan, seluruh OPD di Kota Batu, harus mempersiapkan secara matang. Agar Kota Batu secepatnya menjadi zona merah. Setelah sampai saat ini masih berkutat di zona oranye.

Baca Juga ----------------------------

‘’Kepada seluruh OPD sudah kami wanti-wanti. Utamanya untuk Dinas Kesehatan, yang menjadi leading sector. Harus dipersiapkan secara matang untuk penanganan Covid-19,’’ kata Punjul.

Untuk Dinas Kesehatan Kota Batu, disiapkan anggaran Rp 2,7 miliar, khusus untuk penanganan Covid-19. Dana itu diperuntukkan biaya operasional shelter, Rp 1,5 miliar. Klaim rumah sakit sebesar Rp 249 juta, barang habis pakai sebesar Rp 800 juta dan pengelolaan limbah medis sebesar Rp 126 juta.

Kadinkes Kota Batu, Kartika Trisulandari menyebut, anggaran untuk shelter relatif cukup besar. Karena satu pasien Covid-19, dalam satu hari bisa membutuhkan dana Rp 300 ribu, untuk akomodasi, obat dan konsumsi.

Dinas Sosial Kota Batu, menyiapkan anggaran sebesar Rp 887 juta. Yang digunakan untuk pemulasaran jenazah Covid-19 dan buffer stock. Sekretaris Dinsos Kota Batu Sri Yunani merinci, untuk kebutuhan pemulasaran di 75 titik, dibutuhkan Rp 781 juta. Sedangkan buffer stock, dianggarkan Rp 108 juta. Untuk kebutuhan sembako bagi korban.

Sedangkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, menyiapkan Rp 1,3 miliar, untuk digunakan penanganan Covid-19. Kata Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu, dana itu dipakai hingga tri semester pertama di tahun 2021. Diantaranya digunakan untuk menyediakan 5.000 liter desinfektan, bagi 24 desa dan kelurahan, serta tiga kecamatan di Kota Batu.

‘’Juga 185 wastafel portabel untuk fasum di Kota Batu. Jika dananya kurang, kami akan mengambil dari dana tidak terduga, yang telah disiapkan sebesar Rp 10 miliar,’’ jelas Agung.

Masih di kesempatan tersebut, Punjul Santoso juga menyebut, untuk mencegah munculnya klaster Covid-19, Alun-alun Kota Batu bakal ditutup saat malam pergantian Tahun 2020-2021. Hal tersebut merujuk pada peraturan pemerintah pusat, yang melarang adanya pengumpulan massa di tempat umum, pada perayaan tahun baru.

‘’Kami akan menutup atau melakukan sterilisasi Alun-alun Kota Batu, pada malam tahun baru. Penerapan itu sesuai instruksi pemerintah pusat tentang larangan berkumpul di tempat umum,’’ jelas Punjul.

Namun para pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di sekitaran alun-alun, bakal tetap bisa menjajakan dagangannya. Tapi ada pembatasan dan khusus untuk malam pergantian tahun, akan dipindahkan ke lain tempat.

‘’Sesuai rencana sebelumnya, untuk memecah kemacetan dan kerumunan, nanti akan disebar di sekitar Alun-alun Kota Batu. Pemkot akan membuat pasar malam di sepanjang jalan Panglima Sudirman. Tapi ini masih dirapatkan kembali,’’ ujar Punjul.

Sedangkan untuk area parkir, kendaraan akan diarahkan di Jalan Diponegoro dan Jalan Sultan Hasan Halim. Dengan begitu, areal luar Alun-alun Kota Batu, bisa lebih luas dan tidak terjadi kemacetan.

‘’Mengingat setiap pergantian akhir tahun areal tersebut selalu padat dan menimbulkan kemacetan,’’ tandasnya. (ant/rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Dalam rangka menyambut peringatan HUT TNI ke-76 Tahun 2021, Korem 083/Bdj beserta Kodim 0833/Kota Malang secara serentak melaksanakan Bakti sosial berupa...

headline

Malang Post- Soal kasus rombongan “Gowes”  Walikota Malang, Sutiaji dan jajaran OPD ke Pantai Kondang Merak, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang Minggu (19/9) lalu, memang sudah...

Malang Raya

Malang Post – Bupati Malang Drs HM Sanusi MM pernah menjanjikan akan memberikan dana ekstra kepada 378 Desa dan Kelurahan di Kabupaten Malang sebanyak...

Malang Raya

Malang Post – Stiker Presiden RI Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo serta tulisan ajakan memakai masker terpampang jelas di mobil dinas milik...

News

Malang Post — Kabar duka dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang, Kamis (23/9/2021) sore. Seorang mahasiswa semester akhir, tewas akibat mengalami kecelakaan di Bululawang....

Pendidikan

Malang Post — Dinas Pendidikan Kabupaten Malang melalui Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat menggelar training of trainer (TOT) bagi guru PAUD.  Temanya:...

Malang Raya

Malang Post — Angin kencang, Kamis (23/9/2021) jelang petang menghempas wilayah Desa Sumbersuko, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Satu rumah rusak berat sementara 5 lebih lainnya...

Pendidikan

Malang Post — Pengabdian kepada masyarakat, bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan seluruh dosen di Indonesia. Termasuk dosen Universitas Negeri Malang melalui Lembaga...