Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Kesal Pada Kades, RT RW Satu Dusun Mogok

SATU KATA: Ketua RT dan Ketua RW Dusun Kapru, Desa Gunungsari, Kota Batu, kompak mogok bersama. (Foto: Ananto/HARIAN DI’S WAY MALANG POST)

Batu – Sembilan Ketua RT dan dua Ketua RW. Dari Dusun Kapru, Desa Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, mogok. Tidak menjalankan tugas yang diembannya. Ini dilakukan sejak 16 Juni 2020. Diwujudkan dengan penyerahan stempel ke pemdes setempat. 

Aksi ini sebuah ungkapan kekesalan. Terhadap Kades Gunungsari, Andi Susilo. Mereka menilai tak gesit menyelesaikan persoalan tanah kas desa (TKD). Padahal dimanfaatkan perorangan. Lahannya seluas 800 meter persegi. Digunakan bercocok tanam. 

Baca Juga ----------------------------

Kades Gunungsari, Andi Susilo membenarkan. Desakan dan protes Ketua RT, soal aset desa. Caranya dengan menitipkan stempel kepada salah satu perangkat Pemdes Gunungsari. Bentuk protes mereka. 

Juru bicara Ketua RT lainnya, Ketua RT 01, Taman mengungkapkan: Permasalahan TKD ini, sudah berlangsung enam tahun. Tanpa kejelasan. Padahal seluruh RT selalu mempertanyakan kejelasannya. Meneruskan aspirasi masyarakat. 

“Kades hanya menjawab, jika lahan aset desa itu sudah beres. Tak ada permasalahan lagi. Padahal warga berniat membangun balai dusun di lahan tersebut,” ujar Taman. 

Pembangunan balai dusun, merupakan usulan masyarakat. Melalui Musdus dan Musdes. Namun lahan yang akan dibangun itu, masih dikuasai perorangan. Persoalan inilah yang menjadi ujung kekesalan seluruh Ketua RT hingga mogok bersama. 

Mereka secara bersama-sama juga menyerahkan stempel kepada Kasun Kapru. Langkah pemogokan juga diikuti Ketua RW 03.

“Untuk penyerahan stempel, kami kumpulkan lebih dulu. Dari sembilan RT dan dua RW. Setelah itu, tiga perwakilan menyerahkan kepada Pemdes Gunungsari. Selanjutnya, mogok benar-benar dimulai,” urainya. 

Kekosongan pengurus lingkungan mulai tingkat RT hingga RW mengakibatkan gangguan terhadap pelayanan masyarakat. Masyarakat yang membutuhkan stempel diarahkan langsung ke Pemdes Gunungsari. “Ya itu tadi, karena kesal. Stempel RT kami serahkan,” tegasnya.

Dikatakan Taman, para ketua RT selalu mendapat tekanan dari masyarakat yang selaku mempertanyakan kejelasan aset desa. Sehingga mereka membawa pertanyaan masyarakat kepada Kades Gunungsari.

“Kami kan malu kepada masyarakat kalau aspirasi mereka tak ditanggapi oleh desa. Apalagi RT dapat insentif per bulan. Seluruh RT juga sudah berjuang agar aset desa itu kembali ke desa. Namun hasilnya masih nihil,” terangnya.

Dijelaskan oleh Taman, aset desa yang dipermasalahkan ini, dulunya hasil tukar guling dengan tanah di sebelahnya. “Kalau berlarut-larut tidak ada penyelesaian jelas, kekecewaan kami akan diluapkan dengan cara demonstrasi,” timpal dia.

Pemogokan itu juga diamini dan mendapat dukungan dari Ketua RW di Dusun Kapru. Salah satunya ketua RW 03, Jumadi. Ia sepakat dengan langkah pemogokan ini. Dirinya satu suara dengan seluruh Ketua RT yang ingin agar lahan TKD itu kembali ke Pemdes Gunungsari. Pihaknnya berharap, kades segera cepat menyelesaikan permasalahan ini agar TKD yang berada di RT 01 RW 03 ini, bisa dinikmati seluruh warga.

“Sangat tidak bagus jika aset desa dikuasai perorangan. Kalau masih berlarut-larut, apa boleh buat, mau demo monggo,” kata Jumadi. (ant/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post — Beredar video penghadangan anggota Polri yang menjaga jalur masuk pantai di Malang Selatan. Video berdurasi 23 detik dengan penampakan rombongan diduga dari...

headline

Malang Post — Terkait viralnya video rombongan gowes yang diduga pejabat Pemkot Malang di berbagai medsos, karena masuk lokasi wisata pantai Malang Selatan, sebenarnya...

News

Malang Post – Kakek Samin (70) yang hilang di hutan Cungkup, tercatat pernah hilang dan pulang dalam kondisi sehat tahun 2020. Kali ini harapan besar...

Kesehatan

Malang Post – Kehadiran tikus rumah jelas sangat mengganggu. Tidak hanya bisa merusak barang-barang dan mengotori rumah, hama ini juga berpotensi menjadi agen penyebar...

headline

Malang Post – Dalam rangka percepatan Herd Immunity, Universitas Negeri Malang (UM) kembali sukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac dosis pertama dan kedua yang ditujukan...

Pendidikan

Malang Post — SMAN 1 Sumberpucung berkomitmen mendukung pemerintah menangani pandemi Covid-19 yang belum mereda. Salah satunya melalui program vaksinasi remaja. Menggandeng Puskesmas Sumberpucung, vaksinasi dosis...

Ekobis

Malangpost – Kegiatan transfer uang antar bank merupakan salah satu jenis transaksi yang sering dilakukan oleh nasabah bank. Dalam kegiatan perbankan yang satu ini,...

Malang Raya

Malang Post – Hutan Kota Malabar menjadi pusat kegiatan aksi bersih-bersih yang diinisiasi jajaran Kodim 0833 dalam hal ini Koramil Klojen pemangku wilayah. Tidak...