Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Boskab Cair, KBM Tatap Muka Segera Digelar

BELAJAR DI RUMAH: Hampir sembilan bulan murid-murid Kabupaten Malang belajar di rumah. Mukhlis, seorang guru di Desa Purwodadi Tirtoyudo, rela mengunjungi ke rumah muridnya. (Foto: Dokumen)

Malang – Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka sudah mulai dipersiapkan. Salah satunya dengan melengkapi fasilitas penunjang protokol kesehatan. Fasilitas protokol kesehatan tersebut, salah satunya akan difasilitasi melalui Bantuan Operasional Sekolah Kabupaten (Boskab) Malang. 

Dari informasi yang dihimpun, Boskab yang sudah cair untuk siswa SD dan SMP. Nantinya, dana tersebut dipergunakan untuk mempersiapkan enam cheklist yang dijadikan sebagai syarat digelarnya KBM. 

Baca Juga ----------------------------

“Dana Boskab ini sudah cair. Bertahap melalui rekening sekolah. Sejak satu minggu lalu. Untuk memenuhi kesiapan check list enam syarat tatap muka itu. Harus siapkan protokol kesehatan. Dana ini digunakan untuk mempersiapkan enam check list itu,” ujar Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Malang, Rahmat Hardijono.

Keenam syarat yang harus dipenuhi sekolah, yakni: Sanitasi dan kebersihan lingkungan sekolah, seperti penyediaan tempat cuci tangan dan handsanitizer; Fasilitas kesehatan di lingkungan sekolah; Penyediaan masker untuk warga sekolah; Penyediaan thermogun; Pemetaan kesehatan di lingkungan sekolah dan Persetujuan dari komite dan wali siswa untuk KBM tatap muka.

Sebelumnya, keterbatasan fasilitas protokol kesehatan menjadi salah satu kendala terlaksananya KBM di Kabupaten Malang. Dimana hal itu juga disebabkan adanya keterbatasan anggaran dari setiap sekolah.

“Kami langsung cairkan kelipatan empat bulan. Jadi semisal SD jatahnya Rp 15 ribu per bulan. Jadinya, menerima Rp 60 ribu. Sudah bisa dicek ke sekolah-sekolah. Kami langsung memberikan empat bulan. Karena APBD 2020 dan harus dibelanjakan sebelum akhir tahun,” imbuhnya.

Baca Juga ----------------------------

Anggaran Boskab untuk 4 bulan itu, berasal dari Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Malang Tahun Anggaran 2020 (Perda APBD 2020) pada rapat paripurna bulan Agustus 2020.

“Fokusnya memang di perubahan anggaran itu, memastikan untuk kegiatan pendidikan bisa berlangsung selama pandemi covid-19,” tuturnya.

Saat ini, Boskab masih untuk lembaga pendidikan yang berada di bawah kewenangan Dispendik Kabupaten Malang. 

“Artinya, yang di bawah Kemenag (Kementrian Agama), yaitu Madrasah Tsanawiyah (MTS dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) belum cair. Kemarin sudah mengajukan. Insyallah minggu ini cair juga,” tutupnya.

Baca Juga ----------------------------

Apakah dengan hadirnya dana Boskab ini, sekolah di Kabupaten Malang sudah diperbolehkan menggelar KBM? Rahmat memasrahkan keputusan itu ke masing-masing sekolah.

“Kalau memang dirasa siap ya monggo nanti. Tapi sementara ini, kami masih membicarakan dengan semua pihak. Karena berdasarkan hasil survei kesiapan masih sedikit yang siap,” tutupnya.

“Proses pencairan Bosda Kabupaten Malang sudah dilakukan. Akan tetapi, untuk cairnya itu tergantung pihak Pemkab Malang. Informasi sementara, direncanakan cair pada minggu depan atau awal Desember. Mudah-mudahan semua lancar dan bisa memberikan kemanfaatan untuk madrasah,” ujar Kepala Kemenag Kabupaten Malang, Musta’in. (riz/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malangpost – Kodim 0833 Kota Malang sosialisasi soal jalur pendaftaran calon bintara AD lintas agama di sejumlah pondok pesantren. Hal ini karena TNI AD...

Malang Raya

Malangpost – Harga minyak belakangan ini semakin mahal saja. Beberapa hari terakhir, harga minyak goreng bahkan lebih dari Rp 20 ribu per liter. Sesuai...

Wisata

Malang Post –  Unit bisnis penginapan yang dimiliki sepenuhnya oleh CapitaLand Investment Limited, The Ascott Limited (Ascott) dengan bangga mengumumkan pembukaan properti terbarunya. Shanaya...

Pendidikan

Malang Post – Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya dalam melaksanakan magang Merdeka Belajar menggandeng praktisi hukum asal Malang, Dr. Yayan Riyanto, SH M.Hum....

Malang Raya

Malang Post – Masyarakat pengendara bermotor roda dua musti waspadai kondisi jalan raya karena kadang berlubang akibat musim penghujan.  Gara-gara jalan berlubang, pengendara sepeda...

News

Malang Post –  Sebuah truk fuso berwana biru-hitam yang melaju dari arah Kediri menuju Kota Batu, terperosok ke dalam jurang sedalam 30 meter di...

Malang Raya

Malangpost – Selasa (18/1), vaksinasi anak sukses digelar di SD Taman Harapan, Jalan Majapahit Dalam, Kelurahan Kidul Dalem, Kecamatan Klojen Kota Malang.Babinsa Kidul Dalem,...

Malang Raya

Malangpost – Kodim 0833/Kota Malang gencar melaksanakan sosialisasi rekrutmen penerimaan prajurit TNI AD di beberapa MA yang ada di Kota Malang. Pelaksanaan sosialisasi rekrutmen...