Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

PT LIB Tak Ubah Format Kompetisi

Akhmad Hadian Lukita, Ketua Organizing Committee (OC) Piala Menpora 2021. (Foto: istimewa)

Jakarta – PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) memastikan, format lanjutan Liga 1 2020 tidak akan berubah. Kalau pun ada yang berbeda, adalah titel kompetisi. Dari Liga 1 2020, menjadi Liga 1 2020-2021.

Penegasan itu disampaikan Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, menjawab pertanyaan klub-klub peserta, mengenai kelanjutan Liga 1. Yang masih belum juga bergulir, meski sudah hampir sembilan bulan berhenti bergerak.

Baca Juga ----------------------------

PSSI dan PT LIB, selaku pihak yang bertanggung jawab, atas pelaksanaan liga memprogramkan lanjutan kompetisi, baru bisa dimulai pada Februari 2021. Perubahan waktu kompetisi itu, disertai dengan sejumlah kabar yang memprediksi bila Liga 1 2020, akan menggunakan format yang berbeda. Mengingat pada Mei 2021, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Menanggapi kabar tersebut, Akhmad Hadian Lukita, memastikan bila Liga 1 2020 akan menggunakan format yang sama seperti sebelum pandemi Covid-19.Hal yang berubah hanyalah nama kompetisi. Dari Liga 1 2020 menjadi Liga 1 2020-2021. Jika liga bisa dimulai pada Februari 2021, maka pertandingan akan dimulai pada laga pekan keempat.

‘’Format tidak berubah. Liga 1 akan dilanjutkan mulai pertandingan pekan keempat,’’ kata Akhmad seperti dilansir Bolasport.com.

Menurut Akhmad, saat ini pihaknya tengah menyusun jadwal supaya kompetisi bisa berakhir tepat pada Juli 2021, seperti rencana yang sudah disusun sebelumnya. PT LIB juga tengah menanti keputusan dari pihak kepolisian, terkait izin keramaian untuk menggelar pertandingan.

 ‘’Sekarang tinggal mengatur jadwal yang pas bagaimana,’’ katanya.

Dia berharap, Polri segera mengeluarkan izin penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 maksimal akhir Desember mendatang. Jika tidak, maka kompetisi yang rencananya dimulai bulan Februari berpotensi mundur lagi.


‘’Kami meminta kalau boleh maksimal akhir Desember 2020, sudah ada kepastian agar klub-klub memiliki waktu untuk bersiap. Sekarang, kan, pemain juga masih berada di mana-mana,’’ kata Akhmad Hadian.

PT LIB sudah menyampaikan permohonan resmi saat bertemu dengan Polri Selasa (24/11/20) lalu. Jika Polri mengeluarkan izin bulan Desember maka klub-klub Liga 1 punya waktu satu bulan untuk mempersiapkan diri.

Lebih lanjut Akhmad optimis, Polri akan mengeluarkan izin pada bulan Desember. Sebab, tidak ada agenda lagi pada bulan Januari atau Februari 2021. Akan tetapi, jika Polri tidak menindaklanjuti permohonan LIB pada bulan Desember maka kompetisi Liga 1 berpotensi mundur lagi.


‘’Kalau izin keluar misalnya akhir Januari 2021, liga baru bisa dimulai Maret 2021. LIB belum ada persiapan untuk itu,’’ kata Akhmad. 

Sementara itu, Liga 2 2020-2021 akan tetap menggunakan format turnamen yang sebelumnya sudah ditentukan. Sebanyak 24 tim dibagi ke empat grup berbeda, dengan satu tuan rumah di masing-masing grup. Nantinya, Liga 2 2020-2021 akan kembali digelar satu pekan setelah Liga 1 2020-2021 bergulir kembali.

‘’Untuk Liga 2 mungkin Maret atau awal April 2021 sudah selesai,’’ sambung Akhmad.

Lebih lanjut, Akhmad juga menyebut, subsidi untuk tim Liga 1 dan Liga 2 tidak akan berubah ketika kompetisi berlangsung. Setiap tim Liga mendapat subsidi sebesar Rp 800 juta per bulan.

Sedangkan klub-klub Liga 2 mendapatkan Rp 450 juta, saat babak penyisihan grup. Kemudian Rp200 juta ketika babak 8 besar dan Rp 200 juta di babak semifinal. Sementara juara dan runner-up mendapat hadiah Rp 500 juta dan Rp 300 juta. (* rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post — Beredar video penghadangan anggota Polri yang menjaga jalur masuk pantai di Malang Selatan. Video berdurasi 23 detik dengan penampakan rombongan diduga dari...

headline

Malang Post — Terkait viralnya video rombongan gowes yang diduga pejabat Pemkot Malang di berbagai medsos, karena masuk lokasi wisata pantai Malang Selatan, sebenarnya...

Malang Raya

Malang Post – Kodim 0833 Kota Malang melakukan berbagai upaya untuk tingkatkan imun di masa pandemi covid-19. Jumat (17/9), Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol...

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang gelar Vaksinasi Massal untuk pelajar bertajuk”Indonesia Sehat, Indonesia Hebat”. Bersinergi bersama Badan Intelijen Negara (BIN). Dihadiri Bupati Malang HM...

News

Malang Post —  Musibah menimpa karyawan Koperasi Simpan Pinjam Delta Surya Purnama cabang Purwosari Pasuruan. Rabu (15/9/2021) siang di Jl Raya Songsong Ardimulyo Singosari...

Malang Raya

Malangpost – Wakil Wali (Wawali) Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko memantau langsung vaksinasi untuk warga Kelurahan Gading Kasri dan pedagang Pulosari. Sofyan Edi hadir...

Malang Raya

Malang Post — Dugaan korupsi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kembali mencuat.  Kali ini di Desa Selorejo Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Malang Corruption Watch (MCW)...

Pendidikan

Malang Post — Ratusan siswa-siswi SMPN 01 Donomulyo Kabupaten Malang menjalani vaksinasi di lingkungan sekolahnya. Ini dilakukan untuk membentengi diri dari paparan virus Covid-19 dan...