Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Kereta Gantung Makin Terang

CABLE CAR: Walikota Batu Dewanti Rumpoko saat rakor virtual dengan PT INKA. Dalam waktu dekat akan dilakukan rakor lanjutan. (Foto: Istimewa)

Malang – Makin hari, kelanjutan mega proyek kereta gantung makin terang. Itu setelah rapat koordinasi Pemkot Batu dan pihak terkait soal proses pembangunan. Hasil rakor menyatakan tak perlu lagi MoU antara PT INKA dan Pemkot Batu. 

Walikota Batu, Dewanti Rumpoko menjelaskan: Pembangunan proyek kereta gantung tak perlu MoU dengan PT INKA. Kelanjutan pembangunan ini, PT INKA hanya perlu bersurat ke Pemkot Batu. 

Baca Juga ----------------------------

“Jika kami menyetujui, maka prosesnya sudah selesai. Mereka bisa melakukan pembangunan. Maka dari itu, ada hal-hal yang perlu diluruskan,” bebernya. Pasalnya, di Indonesia hanya PT INKA yang mampu membuat kereta gantung. Maka tak perlu MoU yang begitu mengikat. 

Dikatakan Dewanti, setelah ini akan ada pertemuan lagi. Membahas tim teknik khusus. Tim itu, akan intens melakukan konsultasi dengan PT INKA, Dirjen Perhubungan, Dirjen Perkeretaapian dan lainnya. 

“Timnya masih akan dibentuk. Untuk anggotanya, saat ini juga masih direncanakan. Apakah harus dari dinas-dinas terkait atau orang yang ahli dalam bidangnya,” beber Dewanti, Kamis (26/11/2020) pada Harian DI’s Way Malang Post. 

Rakor dilakukan virtual. Karena masih pandemi. Protokol kesehatan 3 M diterapkan. Bu De, menyampaikan pihaknya banyak sekali mendapatkan ilmu. Hal itu dikarenakan, PT INKA juga memperkenalkan PT Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII). Sudah memiliki pengalaman mengerjakan proyek yang dananya di luar APBN dan APBD. Bagaimana mekanisme, syarat dan segala macamnya. 

“PT INKA memanggil PT PII, yang sudah terbiasa melakukan kerjasama dengan dana di luar APBN dan APBD. Bagaimana dengan syarat dan pendanaan daerahnya,” ungkapnya. 

Pembangunan yang memiliki prospek bagus. Memiliki manfaat dan mendongkrak perekonomian. Sangat mungkin dibiayai dari banyak sumber pembiayaan. Maka dari itu, hal ini sedang dirintis pihaknya. 

“Perlu diketahui, pendanaan proyek kereta gantung ini, murni menggunakan dana swasta. Kebetulan sekali di Kota Batu banyak masyarakat yang memiliki keinginan menjadi investor. Berasal dari penggalangan dana masyarakat. Maka dari itu, saat ini kami sedang melakukan kajian. Ketika masyarakat mau bergabung jelas kami akan mengapresiasi,” tuturnya. 

Sejauh mana masyarakat bisa berpartisipasi, akan dikaji lebih lanjut. Dalam kajian itu, akan membahas sejauh mana kekuatan pendanaan dari masyarakat. Apakah mampu mendanai semuanya atau sebagian. 

Selain itu, Batu Wisata Resource (BWR) otomatis ditunjuk sebagai pengelola. Karena merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) satu-satunya milik Pemkot Batu. Kajian juga akan dilakukan agar mekanismenya jelas.

“Kalau BUMD nya pasti BWR. Karena Pemkot Batu, BUMD nya hanya ada BWR. Namun andilnya seperti apa, ini yang akan kami kaji lebih lanjut,” pungkasnya. (ant/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Wisata

Malang Post – Butuh refreshing di tengah pandemi? Cari tempat menginap sekaligus piknik atau camping? Bisa mencoba di HARRIS Hotel & Conventions Malang. Hotel dengan...

Pendidikan

Malang Post – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) senantiasa memberikan kontribusi dan perhatiannya bagi masyarakat luas. Kampus Putih juga terus memberikan manfaat bagi siapapun yang membutuhkan....

Malang Raya

Malang Post – Polresta Malang Kota kembali melakukan serbuan vaksinasi dosis pertama di Lapas Kelas I Malang, Selasa (28/9/2021). Dalam kegiatan ini, Polresta Malang Kota...

Kriminal

Malang Post – Upaya Satuan Reskrim Polresta Malang Kota berhasil mengungkap pembunuh di Jalan Emprit, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Pelakunya, tidak lain, suami siri korban...

Malang Raya

Malang Post – Forum lalu lintas Kota Batu mulai merumuskan penerapan pembatasan kendaraan dengan sistim ganjil genap. Rumusan tersebut sesuai dengan Inmendagri Nomor 43 tentang...

Malang Raya

Malang Post – Kota Batu jadi kota ke-9 di Jatim yang mencapai herd immunity vaksinasi Covid-19. Sebelumnya, delapan daerah di Jatim telah mencapai herd immunity...

News

Malang Post — Bau busuk menyengat terjepit bebatuan karang pantai Jonggring Saloka, masuk Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Selasa (28/9/2021) pagi, warga pencari rumput...

Pendidikan

Malang Post – Mahasiswa Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang meraih Juara II Kompetisi Debat Hukum Online Nasional Dies Natalis 26th of Sharia Economic...