Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Jaksa ‘Luruk’ Among Tani

Balai Kota Among Tani Kota Batu (Dok. Ameg.tv)

Batu – Kejari Kota Batu menggeledah beberapa ruang dinas di Balai Kota Among Tani Kota Batu. Tujuannya, mencari bukti yang mampu memperkuat proses penyidikan kasus mark up pengadaan lahan SMAN 3 Kota Batu. 

Penggeledahan dimulai pukul 10.20. Dimulai dari ruangan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Batu. Dilanjutkan ke Bagian Hukum Setda Pemkot Batu, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda), Dinas Pendidikan (Dindik), Dinas Pertanian (Dispertan) serta ruangan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Batu. Selesai sekitar pukul 13.50.

Baca Juga ----------------------------

Kepala Kejari Kota Batu, Supriyanto mengatakan: Penggeledahan dilakukan karena penyidik memerlukan beberapa dokumen penting. Sebagai alat bukti, untuk memperkuat proses penyidikan. Karena beberapa dokumen penting belum juga ditemukan. 

“Penggeledahan ini, bertujuan mencari dokumen untuk memperkuat penyidikan. Kami sama-sama mencari. Karena kemarin, kami sudah meminta dokumen tersebut. Namun belum ketemu,” jelasnya. 

Dokumen yang dicari adalah yang memiliki keterkaitan dengan pengadaan lahan. Dimulai dari tahap perencanaan, pengadaan dan berbagai penyusunan rencana. 

“Saya berpesan kepada semua pihak. Agar kooperatif dalam proses pengusutan kasus. Karena proses penegakan hukum harus didukung oleh semua pihak. Agar kasus ini segerai usai. Sehingga dapat melaksanakan tugas yang lain,” tutur pria asal Sragen itu. 

Pihaknya sangat optimis. Kasus ini akan rampung secara tuntas. Apalagi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dijadwalkan datang ke Kota Batu pekan depan. Untuk melakukan audit angka kerugian negara. 

“BPKP dan Kejari Kota Batu, sepakat adanya penyimpangan dan kerugian negara dalam dugaan kasus ini. Namun untuk berapa jumlah kerugiannya, kami tak bisa menerangkan terlebih dahulu,” jelasnya. 

Pihaknya tak mau mendahului. Tapi, pada intinya ada penyimpangan. Tak lupa ia memohon dukungan dari seluruh masyarakat Kota Batu. Agar proses terus berjalan dengan lancar. 

Kasi Pidsus, Endo Rizki E dan Kasi Intel, Edi Sutomo turun langsung mengawal proses selama penggeledahan. Selain itu, juga nampak delapan petugas dari Seksi Pidana Khusus. Mengenakan rompi warna hitam, bertuliskan Satuan Khusus, keluar dengan membawa koper. 

Pada beberapa waktu lalu, penyidik telah meminta keterangan Badan Penganggaran (Banggar) DPRD periode tahun 2013.

Kasus ini mencuat setelah terbitnya surat pemanggilan dari tim penyidik Pidsus Kejari Kota Batu. Merujuk Surat Perintah Penyelidikan (Sprindik) Kajari Kota Batu Nomor: Print– 02.a/M.5.44.Fd1/06/2020/ tanggal 22 Juni 2020.

Dalam pengadaan lahan SMAN 3 itu, Pemkot Batu menganggarkan melalui APBD Tahun 2014 dengan total kurang lebih Rp 8,8 miliar. (ant/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Kodim 0833 Kota Malang melakukan berbagai upaya untuk tingkatkan imun di masa pandemi covid-19. Jumat (17/9), Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol...

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang gelar Vaksinasi Massal untuk pelajar bertajuk”Indonesia Sehat, Indonesia Hebat”. Bersinergi bersama Badan Intelijen Negara (BIN). Dihadiri Bupati Malang HM...

News

Malang Post —  Musibah menimpa karyawan Koperasi Simpan Pinjam Delta Surya Purnama cabang Purwosari Pasuruan. Rabu (15/9/2021) siang di Jl Raya Songsong Ardimulyo Singosari...

Malang Raya

Malangpost – Wakil Wali (Wawali) Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko memantau langsung vaksinasi untuk warga Kelurahan Gading Kasri dan pedagang Pulosari. Sofyan Edi hadir...

Malang Raya

Malang Post — Dugaan korupsi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kembali mencuat.  Kali ini di Desa Selorejo Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Malang Corruption Watch (MCW)...

Pendidikan

Malang Post — Ratusan siswa-siswi SMPN 01 Donomulyo Kabupaten Malang menjalani vaksinasi di lingkungan sekolahnya. Ini dilakukan untuk membentengi diri dari paparan virus Covid-19 dan...

News

Malang Post — Seorang pengendara sepeda motor tergeletak masih memakai jas hujan dan helm, Minggu (12/9/2021) pagi di Jl Raya Gadang. Tepatnya di selatan perempatan...

News

Malang Post — Salip mobil dengan ruang kurang atau berhaluan terlalu ke kanan, kadang berbahaya dan menyebabkan musibah tabrakan.  Jumat (10/9/2021) pukul 14.45, tabrakan keras...