Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Dukung UKM, Alfamart Raih Best CEO of The Year 2020

Presiden Direktur Alfamart, Anggara Hans Prawira, menerima penghargaan Best CEO of The Year 2020 dalam malam Anugerah People of the Year 2020 yang diselenggarakan Metro TV (24/11).

Malang – Presiden Direktur Alfamart, Anggara Hans Prawira, mendapat penghargaan sebagai Best CEO of The Year 2020 dalam malam Anugerah People of The Year 2020 yang diselenggarakan Metro TV, Selasa(24/11). Hans Prawira menyabet penghargaan ini atas kepemimpinannya dalam melahirkan inovasi dan tata kelola bisnis perusahaan. 

Baca Juga ----------------------------

Dari penjurian yang dilakukan, Hans Prawira dinilai berhasil dalam tumbuh kembang perusahaan dengan pesat. Mampu melahirkan inovasi bagi kemajuan perusahaan. Dewan jurinya terdiri dari akademisi, praktisi, pengamat dan pimpinan Metro TV sebagai pihak internal. 

Ia menekankan bahwa penghargaan ini adalah keberhasilan untuk semua. “Penghargaan ini bukan untuk saya pribadi. Namun untuk semua keluarga besar Alfamart, baik yang bertugas di toko, gudang maupun di kantor. Semoga ini bisa memacu kita untuk lebih baik lagi melayani Indonesia,” jelasnya.

Salah satu indikator penilaian dari dewan juri adalah melihat kepedulian dan konsistensi terhadap pemberdayaan pelaku usaha, kecil dan menengah (UKM). Ia mengakui, sebagai toko komunitas, Alfamart harus memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar.

Komitmen ini ditegaskan melalui berbagai program Alfamart yang berfokus kepada penguatan peran UKM. Pemberdayaan dilakukan kepada pengusaha kecil, melalui program Outlet Binaan Alfamart, Tenant UKM, maupun distribusi produk hasil olahan pelaku UKM. 

Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, Alfamart mengerti kesulitan banyak pelaku UKM dan berupaya untuk membantu mereka untuk bertahan untuk kemudian bangkit kembali. “Salah satunya dengan menggratiskan biaya sewa tenant selama bulan April dan Mei,  Diskon 50% untuk bulan Juni-Juli, dilanjutkan bayar 2 bulan dapat masa sewa 3 bulan atau bayar 4 bulan dapat masa sewa 6 bulan untuk UKM tentant baru pada bulan Agustus 2020 hingga Desember 2020,” tambah Hans.

Perusahaan juga aktif merekrut penyandang disabilitas sebagai karyawan. Ratusan karyawan disabilitas telah bergabung dengan Alfamart melalui program Alfability. 

Melalui Alfability, Alfamart ingin menjadi perusahaan inklusi. Yaitu, perusahaan yang mengakomodir dan menghargai keberagaman karyawannya, dan memungkinkan kontribusi mereka secara penuh dan tanpa diskriminasi bagi semua orang. Termasuk saudara kita penyandang disabilitas.

“Untuk itu Alfamart membuka diri kepada teman-teman disabilitas untuk bekerja. Berkontribusi bagi Indonesia bersama kami,” tegasnya. 

Hingga November 2020 , sudah ada 678 karyawan disabilitas yang tersebar di seluruh kantor cabang Alfamart, mulai dari toko, gudang maupun di kantor. (roz/ekn)

Parameter dan variabel Best CEO of The Year

■ Perusahaan tercatat dalam Bursa Efek Indonesia, sehingga bisa diakses akuntabilitas dan performa perusahaan yang dimaksud.

■ CEO warga negara Indonesia

■ Memimpin perusahaan dengan aset dan nilai kapitalisasi pasar di atas Rp 1 triliun

■ Tidak pernah bermasalah dengan hukum, dan atau sedang bermasalah dengan hukum.

■ Perusahaan yang dipimpinnya merupakan salah satu market leader di bidangnya.

■ Di bawah kepemimpinannya, perusahaan membukukan keuntungan  dalam 1 tahun terakhir (Juli 2019 – Juni 2020)

■ Di bawah kepemimpinannya, visi dan misi perusahaan terhadap sosial kemasyarakatan tereksekusi dengan baik.

■ Memiliki kemampuan dalam menjaga keberlangsungan bisnis dan meningkatkan nilai jangka panjang bisnis, dengan senantiasa melakukan inovasi dan kreativitas.

■ Patuh dan menjalankan dengan baik peraturan negara (pajak)

Tahapan yang digunakan untuk menjaring 100 nama perusahaan hingga menjadi lima pemenang terbaik:

1. Rata-rata pertumbuhan laba bersih

2. Rata-rata pertumbuhan penjualan

3. Rata-rata pertumbuhan aset dalam 3 tahun terakhir

4. return of asset

5. return of equity

Dari sanalah dewan juri menentukan 5 nama CEO terbaik tahun 2020 Metro TV. Hasilnya sebagai berikut:

Sunarso

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk

Best CEO for Suistanable Development Goals Contribution

Anthoni Salim

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk

Best CEO for Market Domination and Global Penetration

Vidjongtius

PT Kalbe Farma :Tbk

Best CEO for Research and Development Strategy

Anggara Hans Prawira

PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk

Best CEO for Creating Adaptive Consumer Experience

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

News

Malang Post – Tabrakan Minggu (13/6/2021) pukul 08.00 di Jl Ki Ageng Gribig depan toko Kue Lumpur Bakar Kota Malang, menggegerkan warga sekitar. Pikap yang...

News

AMEG – Berbagai cara dipilih pelaku wisata untuk menarik minat masyarakat di tengah pandemi dan larangan mudik, mulai promosi, mengoptimalkan zona aglomerasi, hingga penurunan...

Ekobis

AMEG – Malang Raya patut bersyukur, karena secara zona Covid-19 masih lebih aman di banding wilayah sekitarnya. Optimisme itu disampaikan Sekretaris Prodi Doktor Ilmu...

News

AMEG – Anggota PHRI yang juga General Manajer Hotel Aston Inn Batu, Didik Rocki Wahyono SS, memastikan, tingkat hunian hotel di Kota Batu mengalami...

Ekobis

AMEG – Sekretaris Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Merdeka Malang, Dr Bambang Supriadi SE MM, berpendapat, pengelola tempat wisata dan hotel harus mencoba...

Malang Raya

AMEG – Pengadilan Negeri Malang, sudah melakukan eksekusi rumah mewah seharga Rp9 milyar. Yang berada di Jalan Taman Ijen B-8 Perum Pahlawan Trip, Klojen,...

Ekobis

AMEG – Untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan, The 101 Malang OJ mengelar costumer gathering. Dengan mengundang perwakilan klien yang selama ini setia menjadi tamu hotel....

News

AMEG – Bulan suci Ramadan identik dengan kebersamaan dan berbagi dengan sesama. Salah satunya berbagi takjil kepada yang tengah menjalankan ibadah puasa. Momen itu pun...