Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Klaster Baru Covid-19 Di Acara Habib Rizieq

Ketua Satgas Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo. (Foto : BNPB)

Jakarta – Kerumunan dalam acara Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab di Petamburan menjadi klaster baru Covid-19. Hal tersebut diumumkan Ketua Satgas Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo. Ia mengatakan klaster Petamburan itu didapati pihaknya setelah melakukan tes usap (swab) virus corona terhadap 15 orang, termasuk kepada Lurah Petamburan Setiyanto. Hasilnya, ada tujuh orang yang terkonfirmasi positif virus corona.

“Data yang diterima Satgas, per Kamis sore 19 November, untuk wilayah Petamburan Jakarta Pusat telah dilakukan swab terhadap 15 orang. Ada 7 orang positif Covid-19, termasuk Lurah Petamburan,” ujar Doni dalam siaran pers Jumat (20/11).

Selain klaster Petamburan, Doni juga menyebut pihaknya melakukan swab antigen di klaster Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Hasilnya, 20 orang dinyatakan reaktif Covid-19 dari 559 orang yang dites.

“Laporan lain, terdapat 50 orang positif Covid-19 yang mayoritas berdomisili sekitar Tebet,” ujar Doni.

Terkait temuan tersebut, Doni meminta kerja sama semua komponen masyarakat di berbagai daerah terutama DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, mulai dari Ketua RT dan Ketua RW untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat yang ikut dalam penjemputan HRS di Bandara Soekarno Hatta, kegiatan Maulid Nabi di Tebet, dan juga di Mega Mendung, serta acara pernikahan putrid HRS  di Petamburan, untuk melaporkan diri ke RT/RW setempat.

Doni menyampaikan perlunya pemeriksaan untuk mengetahui  lebih dini mengenai dugaan penularan Covid-19. Jika ada yang positif bisa segera isolasi dan tempat isolasi disiapkan pemerintah.

“Silakan dengan kesadaran dan keikhlasan memeriksa diri ke Puskesmas, demi memutus mata rantai penularan untuk keselamatan bersama,” tegas Kepala BNPB ini.

Lebih lanjut, Doni mengatakan per Jumat ini Satgas Covid-19 telah telah menyalurkan 2.500 swab antigen ke seluruh puskesmas yang berada di daerah-daerah yang berpotensi terjadi peningkatan kasus di DKI, Banten dan Jabar.(cnn/anw)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Di's way

Batu – Berbagai organisasi masyarakat (ormas) di Kota Batu menggelar Deklarasi Gerakan Anti Intoleran. Tujuannya, agar masyarakat Indonesia dan Kota Batu. Tak mudah dipecah...

Kesehatan

Malang – Satgas Penanganan Covid-19 menegaskan, pertambahan yang cukup signifikan kasus Covid-19, yang terjadi beberapa hari terakhir, tak bisa ditolerir. Satgas menemukan, tingkat kepatuhan...

Di's way

Malang – Rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Kabupaten Malang, tidak sekadar penuh. Di rumah sakit tersebut, juga membutuhkan ventilator. Seperti di Rumah Sakit...

Di's way

Jakarta – Sejak awal Pandemi, Gerakan #20 Detik Cuci Corona mengajak musisi Indonesia untuk mendonasikan lagu berdurasi 20 detik, untuk menemani masyarakat cuci tangan,...