Connect with us

Hi, what are you looking for?

Di's way

FITK UIN Malang Gelar Workshop Research Paper.

ANTUSIAS DISKUSI: Peserta Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah pada Jurnal Bereputasi FITK UIN Malang, saat membahas materi workshop Foto: Agustina/HARIAN DI’S WAY MALANG POST

Malang – Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Senin 16 November 2020, menyelenggarakan workshop tentang How to Write a Research Paper. Bertajuk: Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah pada Jurnal Bereputasi FITK UIN Malang.

Pematerinya, Dr Ir Bambang Sugiyono Agus Purwono MSc. Bertempat di ruang sidang FITK. Acara dibuka Dekan FITK Dr H Agus Maimun MPd.


“Agenda ini, untuk meningkatkan proses penulisan jurnal atau research paper dosen S3 Fakultas Tarbiyah. Karena segera menjadi guru besar di bidang masing-masing,” papar Bambang.

Sebagai pemateri utama, ia menjelaskan: Bagaimana cara penulisan jurnal yang baik dan benar. Mulai dari jumlah kata ideal dalam judul. Hingga berapa banyak referensi yang digunakan.

Berbagai pengalamannya sebagai researcher jurnal ilmiah internasional dipaparkan. Bambang juga membedah berbagai artikel berbahasa Inggris miliknya.


Apresiasi sangat baik diberikan oleh beberapa dosen FITK yang mengikuti workshop ini. Bahkan peserta nampak sangat antusias. Banyak pertanyaan tentang penulisan jurnal, yang menjadi bahan diskusi dan pembahasan.


“Sedikit tips dari saya. Dalam membuat artikel, usahakan idenya orisinil. Bukan plagiasi. Kalau bisa, artikel tersebut berasal dari pengalaman kita sendiri. Bisa juga pengalaman teman-teman yang ada disekitar kita. Penulisan kata yang sama pun, kini bisa menjadi similarity. Itu tidak boleh. Karena masuk plagiasi,” tegasnya.


“Salah satu metode atau urutan penulisan journal international menggunakan Introduction, Method, Results and Discussion/Conclusion (IMRAD),” imbuhnya.


Bambang Sugiyono berharap, rekan-rekan para dosen yang terlibat workshop ini, bisa segera menyelesaikan Research Papernya. Sehingga segera menjadi guru besar. Workshop ini, merupakan wujud nyata tekad untuk menjadikan FITK semakin lebih baik. (ags/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

headline

Akhirnya terjawab. Kondisi Sutiaji, Walikota Malang yang beberapa hari tak hadir dalam beberapa giat. Padahal Pak Aji, selalu hadir di tengah masyarakat. Ia selalu...

headline

Malang – Jumlah pejabat publik yang terkonfirmasi positif Covid-19 terus bertambah. Terkait hal tersebut,  Kepala Staf  Kepresidenan Moeldoko mengingatkan para pejabat publik agar terbuka...

headline

Balai Kota Malang mulai Senin (30/11) juga diberlakukan kebijakan pembatasan sosial. Bentuknya berupa work from home (WFH) bagi para ASN. Terutama yang reaktif dan komorbid....

headline

Aktifitas Gunung Semeru, Selasa (1/12/2020) dilaporkan sedikit mereda. Meskipun begitu, dua titik pengungsian yang sudah dibangun, diupayakan untuk tetap beroperasi. Saat ini ada dua...