Connect with us

Hi, what are you looking for?

Di's way

Pandemi, Tak Halangi UB Ajukan Paten.

PERINGKAT PERTAMA: UB mendapat penghargaan sebagai perguruan tinggi yang paling banyak mengajukan paten selama pandemi Covid-19

Malang – Universitas Brawijaya (UB) menerima penghargaan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Sebagai perguruan tinggi terbanyak yang mengajukan paten selama masa pandemi covid-19.

Ketua Sentra HKI Prof Dr Ir Elok Zubaidah MP mengatakan: Total paten yang diajukan sebanyak 132 selama pandemi. Dibawah UB, ada ITB dan UM yang masing-masing mengajukan sebanyak 61 dan 52 paten selama Pandemi.

Elok mengatakan, penilaian yang diajukan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual terkait jumlah paten yang diajukan di masa pandemi.

Profesor bidang mikrobiologi dan fermentasi ini mengatakan: Upaya untuk mendorong jumlah paten di masa pandemi menjadi tantangan tersendiri bagi sentra HKI UB. Pasalnya, pihak HKI harus menjemput bola para inventor yang produknya sudah layak mendapatkan paten.

“Masa pandemi merupakan tantangan tersendiri bagi sentra HKI. Karena semua program yang sudah tersusun diantaranya sosialisasi, pelatihan drafting paten tidak bisa dilaksanakan secara langsung. Sehingga diperlukan strategi secara daring,” katanya.

Direktur Utama Badan Inkubator Inovasi dan Wirausaha (BIIW) Dr Setyono Yudo Tyasmoro MS mengatakan: Penghargaan yang diterima kali ini, merupakan prestasi yang dihasilkan selama masa pandemi.

“Di masa pandemi banyak perguruan tinggi yang patennya menurun. Namun UB justru produktif pendaftar patennya,” kata Yudo.

Ia juga berharap, dengan prestasi yang diraih kali ini bisa mendorong produktivitas temuan-temuan yang bisa dilegislasi. (roz/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

headline

MENJADI rumah sakit penyedia layanan Reverse- Transcription Polymerase Chain Reaction (RT PCR), RS Panti Nirmala Malang menggandeng National Hospital Surabaya dalam penyediaan layanan RT...

News

Penanganan Covid-19 masih menjadi pekerjaan serius bagi Pemerintah Kabupaten Malang. Pasalnya, ruang isolasi yang ada di rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 dikabarkan penuh. Dari...

Nasional

Jakarta – Polisi mengamankan Soni Eranata alias ustad Maaher At-Thuwailibi pada Kamis (3/12) pukul 04.00 WIB. Penangkapan tersebut dibenarkan kuasa hukum Maaher, Djudju Purwantoro....

Di's way

Jakarta – Voxpol Center Research and Consulting baru-baru ini merilis terkait data pasangan calon yang berkontestasi pada pilkada serentak tahun 2020 tentang persepsi dalam...