Connect with us

Hi, what are you looking for?

Di's way

Pandemi, Tak Halangi UB Ajukan Paten.

PERINGKAT PERTAMA: UB mendapat penghargaan sebagai perguruan tinggi yang paling banyak mengajukan paten selama pandemi Covid-19

Malang – Universitas Brawijaya (UB) menerima penghargaan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Sebagai perguruan tinggi terbanyak yang mengajukan paten selama masa pandemi covid-19.

Ketua Sentra HKI Prof Dr Ir Elok Zubaidah MP mengatakan: Total paten yang diajukan sebanyak 132 selama pandemi. Dibawah UB, ada ITB dan UM yang masing-masing mengajukan sebanyak 61 dan 52 paten selama Pandemi.

Elok mengatakan, penilaian yang diajukan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual terkait jumlah paten yang diajukan di masa pandemi.

Profesor bidang mikrobiologi dan fermentasi ini mengatakan: Upaya untuk mendorong jumlah paten di masa pandemi menjadi tantangan tersendiri bagi sentra HKI UB. Pasalnya, pihak HKI harus menjemput bola para inventor yang produknya sudah layak mendapatkan paten.

“Masa pandemi merupakan tantangan tersendiri bagi sentra HKI. Karena semua program yang sudah tersusun diantaranya sosialisasi, pelatihan drafting paten tidak bisa dilaksanakan secara langsung. Sehingga diperlukan strategi secara daring,” katanya.

Direktur Utama Badan Inkubator Inovasi dan Wirausaha (BIIW) Dr Setyono Yudo Tyasmoro MS mengatakan: Penghargaan yang diterima kali ini, merupakan prestasi yang dihasilkan selama masa pandemi.

“Di masa pandemi banyak perguruan tinggi yang patennya menurun. Namun UB justru produktif pendaftar patennya,” kata Yudo.

Ia juga berharap, dengan prestasi yang diraih kali ini bisa mendorong produktivitas temuan-temuan yang bisa dilegislasi. (roz/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Bisnis

Jakarta – Realisasi Program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) hingga 25 November, atau kuartal IV sudah dicairkan Rp 423,23 triliun atau 60,9...

Di's way

Malang – Tujuh ekor Lutung Jawa (Trachypithecus auratus) di Javan Langur Center (JLC) resmi susul 102 ekor koleganya yang telah diwisuda (lepasliarkan.red) beberapa tahun...

headline

Malang – Badan Pendapatan daerah (Bapenda) Kota Malang terus memacu pembayaran pajak menggunakan sistem elektronik atau E-Tax. Hingga kini pemasangan alat E-Tax di restoran,...

Di's way

Malang – Makin hari, kelanjutan mega proyek kereta gantung makin terang. Itu setelah rapat koordinasi Pemkot Batu dan pihak terkait soal proses pembangunan. Hasil...