Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Berdayakan Warga Bululawang, Tim UMM Terapkan Teknologi Ecoprinting

Proses pendampingan yang dilakukan tim UMM di Desa Bululawang tentang ecoprint.

Malang Post – Tim dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berdayakan warga Desa Bululawang melalui teknologi pewarnaan ecoprinting. Pelatihan hingga pendampingan ini dilangsungkan selama tiga bulan, sejak Oktober hingga Desember. 
Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini merupakan bentuk implementasi slogan ‘Dari Muhammadiyah untuk Bangsa’ melalui kebijakan MBKM.

Ketua tim PKM, Dr. Ir. Wehandaka Pancalaga, M. Kes. mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya akselerasi menumbuhkan UKM menuju peningkatan kesejahteraan masyarakat desa. Adapun pemilihan Desa Bululawang karena daerah tersebut tengah mencanangkan kegiatan pengembangan jadi desa wisata.

Baca Juga ----------------------------

“Dalam rangka menunjang desa wisata, akhirnya kami memutuskan untuk membina UKM yang nantinya dapat berkontribusi pada desa wisata terkait. Utamanya dalam hal kerajinan kulit kambing ecoprinting,” jelasnya.

Wehandaka, sapaan akrabnya melanjutkan permasalahan yang dihadapi UKM Bululawang adalah kurangnya mengikuti perkembangan konsumen dan diversifikasi produk. Produk yang dibuat akhirnya tidak memiliki keunikan dibangdingkan daerah lain. 
Maka metode ecoprint menjadi salah satu solusinya agar produk yang dihasilkan lebih unik dan mampu meningkatkan pendapatan.

“Metode ecoprint ini adalah cara pewarnaan alami. Tumbuhan menjadi sumber daya alam yang berpotensi bisa digunakan untuk zat pewarna tekstil. Salah satunya pada kulit kambing. Apalagi melihat banyaknya tanaman dan bungan di Bululawang yang belum dimanfaatkan secara maksimal,” tambah Wehandaka.

Ada tiga tahap dalam implementasi program ini, yakni diawali dengan pendidikan, kemudian pelatihan, hingga pendampingan. Tahap pendidikan diberikan untuk meningkatkan pengetahuan akan ecoprint pada kulis kambing samak. 

Baca Juga ----------------------------

Sementara pelatihan dilakukan dalam rangka menambah keterampilan pewarnaan metode ecoprint. Sedangkan pendampingan dilakukan untuk mereka yang tertarik dalam usaha.

Salah satu peserta Yuliana mengaku puas dengan paparan dan pendampingan yang didapat. Menurutnya, kegiatan tersebut bisa dilakukan lebih banyak dan lebih sering agar manfaatnya bisa diberikan kepada masyarakat-masyarakat lainnya. 

“Banyak hal baru dan manfaat yang saya dapatkan dalam tiga tahap yang dijalankan. Utamanya dalam pembuatan kulit ecoprinting serta materi digital marketing,” tuturnya menjelaskan.

Dalam program ini, Wehandaka tidak menjalankan sendiri. Ia ditemani oleh anggota tim lainnya yakni Dr. Tutik Sulistyowati, M.Si (Prodi Sosiologi), Radityo Widiatmojo, M.Si (Prodi Ilmu Komunikasi), Rini Pebri Utari, M.T. (Prodi Teknik Sipil), Muhammad Khoirul Fuddin, ME. (Prodi Ekonomi Pembangunan), serta Rinaldy Achmad R.F, M.M. (Prodi Manajemen). (yan) 

Baca Juga ----------------------------

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Pendidikan

Malang Post – Kemendikbud Ristek Dikti mengirimkan sejumlah peralatan digital, terdiri satu set V-Con lengkap dan 35 unit laptop Chromebook kepada STIKOSA-AWS (Sekolah Tinggi...

Dahlan Iskan

SAYA terlambat tahu: Ny Ciputra ternyata sudah meninggal dunia. Berarti, hanya tiga tahun setelah sang suami mendahuluinya. Ada satu pelajaran penting bagi gadis-gadis masa...

Malang Raya

Malang Post – Usai memberikan penguatan pada apel pagi bersama para warga binaan pekerja luar SAE Ngajum, Kalapas didampingi Ka.KPLP Lapas Kelas I Malang...

News

Malang Post – PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengingatkan masyarakat untuk terus waspada terhadap segala bentuk penipuan dengan modus rekrutmen KAI Pasalnya, akhir-akhir ini...

Malang Raya

Malang post – Senin (17/1), vaksinasi anak sukses digelar di SDN Tasikmadu 2, Jalan Atletik, Kelurahan Tasikmadu, Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Babinsa Tasikmadu, Serka...

Malang Raya

Malang Post – Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono memberikan penghargaan kepada 57 Anggota Polri dan 1 PHL Polres Malang yang berprestasi dalam Ungkap Kasus...

Wisata

Malang Post –  Menyambut Tahun Baru Imlek 2022, Atria Hotel Malang menyajikan hidangan khusus untuk menyambut momen penuh keberuntungan tersebut. Para tamu dan penghobi...

Malang Raya

Malang Post –  Upaya melacak pemicu kebakaran di Pasar Bululawang, Polsek Bululawang Polres Malang, berencana mendatangkan tim labfor Polda Jatim, Selasa (18/1/2022) siang. “Besok...