Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

UB Tuan Rumah KMI Expo XII 2021

Panitia pelaksana siap all out selenggarakan KMI Expo XII 2021. (istimewa)

Malang Post — KMI Expo puncak Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) yang telah memberikan pendampingan kewirausahaan kepada mahasiswa melalui Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI) dan Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI).

Event KMI Expo 2021 kali ini digelar di Universitas Brawijaya Malang dan dilaksanakan blended (online dan offline) selama 3 hari berturut-turut. Berlangsung pada 17-19 November 2021 di lapangan kampus dan gedung Samanta Krida UB yang terbagi menjadi dua, yakni kegiatan utama dan pendukung.

Wakil Rektor (WR) III UB, Prof Dr Abdul Hakim saat press conference, Selasa (16/11/2021).menjelaskan KMI Expo merupakan acara puncak dari dua kegiatan utama yakni Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI) dan Akselerasi Starup Mahasiswa Indonesia (ASMI).

Ada empat sub kategori yang dilombakan dan dipamerkan dalam bentuk stand pameran. Stand pameran tersebut juga dilombakan.

“UB baru pertama kali ini, menjadi tuan rumah. Kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun dan dipamerkan dengan tuan rumah berbeda-beda”, Prof Dr Abdul Hakim.

Ada lagi kegiatan non kompetisi menarik lainnya. Seperti kuliah umum kewirausahaan, talkshow kewirausahaan, sarasehan forkomawa, sarasehan BH forum pengelola program kewirausahaan mahasiswa Indonesia, serta sarasehan PWMI.

“Pada momen ini, sarasehan forum komunikasi pimpinan kemahasiswaan akan menetapkan perguruan tinggi selanjutnya yang akan menjadi tahun rumah KMI Expo setelah UB,” ujar Prof Dr Abdul Hakim.

Ketua Pelaksana KMI Expo XII 2021, drh Analis Wisnu Wardhana, mengatakan KMI Expo ini merupakan program tahunan Kemendikbudristek yang bertujuan memunculkan dan meningkatkan potensi kewirausahaan di lingkup mahasiswa.

Karena masih pandemi, sistem yang dipakai hibrid. Maka panitia memfasilitasi peserta yang siap memamerkan produknya dari sisi online.

“Kita sediakan virtual expo yang produk-produknya bisa dilihat orang seluruh indonesia,” kata dia. Di KMI ada kegiatan utama dan kegiatan pendukung.  Kegiatan utamanya adalah kegiatan berwirausaha mahasiswa. Juga ada akselerasi start up mahasiswa indonesia. Yang sudah dapat pendanaan nanti ketemu investor,” jelasnya.

Sedang kegiatan pendukung yakni Kompetisi Cafe Mahasiswa Indonesia, dan Kompetisi TikTok mahasiswa. “TikTok juga dilombakan untuk media berwirausaha,” kata dia. Juga ada kompetisi international dengan peserta dari seluruh dunia yakni poster, esai, kompetisi kasus bisnis. Dan di juri oleh perusahaan itu,” kata Analis.

“Untuk peserta yang luring ada 92 universitas dan yang daring ada 159 universitas. Penilaian daring sudah kita nilai dan akan diumumkan pada 19 November 2021. Sedang yang luring dinilai 17-18 November 2021 dan Seluruh rangkaian kegiatan KMI Expo XII dapat dilihat melalui https://kmiexpo2021.ub.ac.id,” pungkasnya. (yan)

Baca Juga ----------------------------
Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Wisata

Malang Post — Pariwisata kota Malang dan sekitarnya mulai mengeliat kembali pasca kelonggaran PPKM oleh pemerintah. Akhir tahun 2021 Atria Hotel Malang melaunching promo Food...

News

Malang Post – Musibah menimpa warga Pakis selepas takjiah dan melaju kencang untuk berangkat kerja, Kamis (2/12/2021) pagi di Jalan Raya Ampeldento, Kecamatan Pakis,...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan  Guru Taman Kanak-kanak (IGTKI) Persatuan Guru Republik Indonesia menggelar tasyakuran dalam memperingati Hari Guru ke-76. Melalui zoom meeting dengan Bupati Malang...

Pendidikan

Malang Post — Tingkat potensi bencana yang dimiliki Indonesia cukup tinggi. Melihat hal itu, Laboratorium Psikologi Terapan (LPT) Psikososial Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melangsungkan pelatihan...

News

Malang Post — Warga Kota Malang dihebohkan dengan viralnya postingan curhat di media sosial (Facebook) yang menimpa seorang lelaki. Ia mengaku telah mengalami kebutaan pasca...

headline

Malang Post — Bantuan ke Joko Santoso (38) warga Jl Burung Gereja No. 1A, RT 02 RW 02, Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, mulai...

Malang Raya

Malang Post – Puluhan warga lanjut usia (lansia) Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing Kota Malang menjalani vaksinasi. Babinsa Pandanwangi, Pelda Slamet Wahyudi mengabarkan, perangkat kelurahan...

headline

Malang Post — Besaran upah minimum kabupaten/kota (UMK) tahun 2022 di Jawa Timur sudah didok oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Selasa (30/11/2021) kemarin. Penetapan UMK...