Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Operasi Zebra Mulai Bergulir, Kali Ini Terdiri Dari Tim Gabungan

Malang post – Polresta Malang Kota memimpin tim pasukan Operasi Zebra Semeru tahun 2021 yang merupakan gabungan instansi terkait.

Baca Juga ----------------------------

Yaitu, gabungan Polresta Malang Kota, Kodim 0833 Kota Malang, Denpom V/3 Malang, Dinas Perhubungan serta Satpol PP Kota Malang.

Operasi Zebra Malang Kota pun mulai berlangsung, hari ini, Senin (15/11)

AKBP Budi Hermanto, bersama Letkol Arm Ferdian Primadhona, Dandim 0833, meninjau kesiapan pasukan tersebut di Mapolresta Jalan JA Suprapto.

Buher pun membacakan amanat Kapolri terkait operasi zebra yang akan berlaku di Malang dan Indonesia ini

Apel gelar pasukan Operasi Zebra Semeru tahun 2021 merupakan persiapan pengamanan perayaan Natal tahun 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Selain itu, kami juga melaksanakan operasi yustisi terhadap pelanggaran protokol kesehatan covid-19,” ujar Buher

Permasalahan di bidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis.
Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk.

Warga memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.Perkembangan transportasi juga telah menginjak era digital. Operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman (cukup menggunakan handphone).

Modernisasi ini perlu mendapat respon cepat dengan inovasi dan kinerja polri khususnya polantas.Sehingga, polisi mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut.
Polisi lalu lintas terus berupaya melaksanakan program prioritas Kapolri untuk transformasi menuju Polri yang presisi.
Pelaksanaan operasi zebra tahun ini masih dalam situasi pandemi covid-19, meskipun saat ini penyebarannya sudah dapat terkendali.

Namun demikian, masyarakat tetap harus waspada karena saat ini sudah ada varian terbaru. Yaitu Delta Plus AY 12 yang penularannya lebih cepat ketimbang varian covid 19 lainnya.Oleh karena itu, kegiatan sosialisasi 5M dan 3T harus tetap terlaksana dengan meningkatkan operasi yustisi berkolaborasi dengan Pemda dan TNI setempat.

Perluasan cakupan vaksinasi keberhasilan jawa timur dalam menekan laju penyebaran covid-19 berimbas kepada adanya penurunan level ppkm

Beberapa kab/kota menjadi level 1 dan 2 sehingga mengakibatkan terbukanya beberapa fasilitas umum seperti sekolah, tempat wisata, bandara, tempat hiburan dan lain-lain.
Kapolri menyebut hal tersebut harus terkelola dengan baik. Dengan cara menggandeng stakeholder masing-masing.

Agar tidak menimbulkan kluster baru penyebaran covid-19 terutama menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2022.Efek lain dari pembukaan beberapa fasilitas umum tersebut adalah peningkatan mobilitas kendaraan. Terutama menjelang libur Natal dan tahun baru 2022.
oleh karena itu untuk mengurangi mobilitas masyarakat, maka pemerintah mengeluarkan kebijakan meniadakan cuti bersama.
Sehingga Operasi Zebra bisa sosialisasi terkait kebijakan tersebut kepada masyarakat luas. Dengan harapan, dapat mengurangi mobilitas masyarakat menjelang libur Natal dan tahun baru.

Adanya peningkatan pergerakan moda transportasi akhir-akhir ini juga berdampak kepada adanya kemacetan di beberapa ruas jalan.Alhasil, ada peningkatan angka pelanggaran serta laka lantas di wilayah Jawa Timur.
Bahkan menurut data dari Ditlantas Polda Jatim, data kematian akibat laka lantas selama 2021 sekitar 5.000 orang.

Per harinya sekitar 5 -10 orang meninggal. Hal ini sangat memprihatinkan. Karena angka tersebut hampir sama dengan data kematian akibat covid-19.

Melihat tingginya angka kematian akibat laka lantas tersebut perlu adanya edukasi yang intens kepada masyarakat lewat Operasi Zebra. Khususnya kepada kaum milenial agar lebih tertib berlalu lintas.(*) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Kamis malam (2/12), tim gabungan Polsek dan Koramil Kedungkandang dan kecamatan, menyisir sejumlah wilayah untuk penegakan prokes. Anggota Koramil Kedungkandang, hadir...

Wisata

Malang Post — Pariwisata kota Malang dan sekitarnya mulai mengeliat kembali pasca kelonggaran PPKM oleh pemerintah. Akhir tahun 2021 Atria Hotel Malang melaunching promo Food...

News

Malang Post – Musibah menimpa warga Pakis selepas takjiah dan melaju kencang untuk berangkat kerja, Kamis (2/12/2021) pagi di Jalan Raya Ampeldento, Kecamatan Pakis,...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan  Guru Taman Kanak-kanak (IGTKI) Persatuan Guru Republik Indonesia menggelar tasyakuran dalam memperingati Hari Guru ke-76. Melalui zoom meeting dengan Bupati Malang...

Pendidikan

Malang Post — Tingkat potensi bencana yang dimiliki Indonesia cukup tinggi. Melihat hal itu, Laboratorium Psikologi Terapan (LPT) Psikososial Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melangsungkan pelatihan...

News

Malang Post — Warga Kota Malang dihebohkan dengan viralnya postingan curhat di media sosial (Facebook) yang menimpa seorang lelaki. Ia mengaku telah mengalami kebutaan pasca...

headline

Malang Post — Bantuan ke Joko Santoso (38) warga Jl Burung Gereja No. 1A, RT 02 RW 02, Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, mulai...

Malang Raya

Malang Post – Puluhan warga lanjut usia (lansia) Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing Kota Malang menjalani vaksinasi. Babinsa Pandanwangi, Pelda Slamet Wahyudi mengabarkan, perangkat kelurahan...