Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Batu Shining Orchid, Kontribusikan Perputaran Uang Hingga Rp 2,5 miliar

Walikota Batu, Dewanti Rumpoko saat berburu tanaman anggrek di pameran Batu Shining Orchid Week. (ananto)

Malang Post — Berbagai cara dilakukan Pemkot Batu untuk memulihkan kondisi perekonomiannya. Salah satunya dengan menggelar Batu Shining Orchid Week. Ribuan anggrek dari seluruh Indonesia di pamerkan pada event yang akan berlangsung hingga 14 Oktober 2021 itu. Digelar di Graha Pancasila Balaikota Among Tani. 

Pameran yang mampu memberikan kontribusi perputaran uang hingga Rp 2,5 miliar dalam sehari itu, dibuka langsung Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko. Dia merasa takjub melihat keindahan ribuan anggrek yang terpancar di pameran tersebut. 

Baca Juga ----------------------------

“Tahun ini tak hanya jumlah tanaman anggrek saja yang meningkat. Namun jumlah peserta yang mengikuti pameran ini juga semakin banyak,” ujar Dewanti usai membuka pameran itu, Senin (8/11/2021). 

Pada pameran itu, berbagai jenis anggrek dari seluruh Indonesia ditampilkan. Dengan adanya hal itu dia berharap mampu menarik perhatian para pencinta anggrek untuk membeli. Sehingga perputaran ekonomi bisa berjalan lebih kencang lagi. 

“Rugi apabila masyarakat Kota Batu maupun luar Kota Batu jika tak berkunjung ke sini. Karena pada pameran ini menampilkan ribuan anggrek yang cantik-cantik,” ungkap dia. Seusai membuka acara tersebut, Dewanti juga menyempatkan untuk membeli sejumlah anggrek. 

Disisi lain, sebagai gudangnya tanaman hias, Dewanti mengungkapkan jika Pemkot Batu akan diajak okeh Kementerian Pertanian untuk berkunjung ke Mesir dan Belanda. Bertujuan untuk mempromosikan dan mengenalkan tanaman hias dari Kota Batu. 

“Semoga rencana itu bisa segera terlaksana. Sehingga ekspor tanaman hias dari Kota Batu bisa lebih bergeliat lagi,” harapnya. 

Ketua Perhimpunan Anggrek Indonesia, Rita Subowo menyatakan, melihat peserta pameran yang selalu meningkat dari tahu ke tahun. Pihaknya berencana untuk menjadikan Kota Batu sebagai tuan rumah pamerin anggrek skala Internasional. 

“Kami ingin Kota Batu menjadi tuan rumah pameran anggrek skala Internasional. Ini bertujuan untuk mengenalkan keindahan anggrek Indonesia dan meningkatkan kunjungan wisata di Kota Batu. Karena seperti di ketahui, sektor pariwisata Kota Batu sangat luar biasa,” tuturnya. 

Sementara itu, merespon sulitnya melakukan ekspor anggrek, saat ini pihaknya tengah melakukan pembahasan secara intens dengan pemerintah pusat. Karena selain faktor keterbatasan jumlah petani anggrek. Sulitnya ekspor anggrek juga ditengarai karena berbenturan dengan peraturan pemerintah. 

“Kami akan mensupport dan menjembatani petani anggrek di daerah-daerah. Keluhannya seperti apa lalu akan kami bicarakan dengan pemerintah pusat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, Sugeng Pramono mengatakan, pameran yang digelar tahun ini merupakan pameran ke lima. Diikuti bukan hanya dari wilayah Kota Batu dan Malang. Namun juga dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Papua, Kalimantan dan sejumlah daerah lain. 

“Pameran ini terselenggara berkat kerjasama kami dengan Perhimpunan Anggrek Indonesia PAI. Kami berharap kegiatan ini mampu mempromosikan dan menarik wisatawan dengan skala besar. Serta menggerakkan perekonomian sehingga mampu mendorong percepatan pemulihan perekonomian di Kota Batu,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Batu Shining Orchid Week, Fathul Yasin mengungkap, saat ini anggrek telah menjadi ikon baru Kota Batu. Karena saat ini petani anggrek di Kota Batu sudah lebih dari 150 petani yang membudidayakan ratusan jenis anggrek hasil silangan.

“Kegiatan ini merupakan hari raya bagi petani-petani anggrek untuk menunjukkan dan meningkatkan kreatifitasnya. Sehingga potensi dapat berkembang semakin baik,” katanya.

Beragam spesies anggrek yang bisa ditemukan di Batu Shining Orchid Week ini, mulai dari jenis Dendrobium, Cattleya, Cymbidum, Vanda, Oncidium, Bulbophyllum hingga Renanthera. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Wisata

Malang Post — Pariwisata kota Malang dan sekitarnya mulai mengeliat kembali pasca kelonggaran PPKM oleh pemerintah. Akhir tahun 2021 Atria Hotel Malang melaunching promo Food...

News

Malang Post – Musibah menimpa warga Pakis selepas takjiah dan melaju kencang untuk berangkat kerja, Kamis (2/12/2021) pagi di Jalan Raya Ampeldento, Kecamatan Pakis,...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan  Guru Taman Kanak-kanak (IGTKI) Persatuan Guru Republik Indonesia menggelar tasyakuran dalam memperingati Hari Guru ke-76. Melalui zoom meeting dengan Bupati Malang...

Pendidikan

Malang Post — Tingkat potensi bencana yang dimiliki Indonesia cukup tinggi. Melihat hal itu, Laboratorium Psikologi Terapan (LPT) Psikososial Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melangsungkan pelatihan...

News

Malang Post — Warga Kota Malang dihebohkan dengan viralnya postingan curhat di media sosial (Facebook) yang menimpa seorang lelaki. Ia mengaku telah mengalami kebutaan pasca...

headline

Malang Post — Bantuan ke Joko Santoso (38) warga Jl Burung Gereja No. 1A, RT 02 RW 02, Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, mulai...

Malang Raya

Malang Post – Puluhan warga lanjut usia (lansia) Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing Kota Malang menjalani vaksinasi. Babinsa Pandanwangi, Pelda Slamet Wahyudi mengabarkan, perangkat kelurahan...

headline

Malang Post — Besaran upah minimum kabupaten/kota (UMK) tahun 2022 di Jawa Timur sudah didok oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Selasa (30/11/2021) kemarin. Penetapan UMK...