Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Mirah ‘Gadis’ Elang Jawa Terbang Lepas

: Dirjen KSDAE bersama Forkopimda Kabupaten Malang dalam giat pelepasan Elang Jawa di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. (Istimewa)

Malang Post —  Elang Jawa (Nisaetus Bartelsi) bernama Mirah, Jumat (29/10/2021) siang, terbang lepas di langit Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Terhitung mulai tadi, dia akan mandiri bebas usai dilepasliarkan.

Pelepasliaran Mirah, diikuti jajaran Forkopimda Kabupaten Malang yang mendampingi Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Wiratno. Datang pula, Kapolres Malang AKBP R Bagoes Wibisono.

Baca Juga ----------------------------

Mirah, elang jawa itu merupakan titipan dan penyerahan masyarakat yang dikelola Stasiun Flora Fauna Bunder di Resort PTN wilayah Coban Trisula, Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Plt Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS), Novita Kusuma Wardani kepada media menjelaskan, Elang Jawa bernama “Mirah” itu berjenis kelamin betina.

Cirinya khas. Berjambul di bagian kepalanya. Umumnya dijumpai pada kawasan hutan dataran tinggi dengan ketinggian 600-2.000 mdpl.

“Kriteria yang menentukan kelayakan pelepasliaran Elang Jawa dilakukan dengan penilaian perilaku dan pemeriksaan kesehatan, meliputi perilaku terbang, bertengger, berburu dan interaksi dengan manusia,” urai Novita.

Elang Jawa merupakan jenis aves (burung) yang dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : P106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018.

Elang Jawa merupakan hewan dilindungi dalam kategori “Genting” atau terancam punah. Menurut International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) dalam red list, elang jawa masuk dalam kategori Endangered atau terancam punah.

“Kondisi saat ini sehat, mampu terbang dan bertengger serta berburu mangsa sehingga dinyatakan siap untuk dilepasliarkan,” jelas Novita. Ia menambahkan, berdasarkan kajian, TNBTS merupakan habitat ideal untuk perkembangbiakan Elang Jawa tersebut.

Sampai dengan tahun 2021 estimasi populasi Elang Jawa di kawasan TNBTS sejumlah 37 ekor. Selain Elang Jawa, TNBTS juga merupakan habitat dari Macan Tutul, Lutung Jawa, dan rumah dari ratusan jenis Anggrek.

Terpisah diwawancarai, Wakil Bupati Kabupaten Malang Drs H Didik Gatot Subroto menyampaikan apresiasi dan penghargaan  atas kegiatan pelepasliaran tersebut. Didik lalu mengajak kepada Kepala Desa, Kapolsek, Danramil atau tokoh masyarakat yang hadir agar mendukung perlindungan satwa liar.

Caranya, dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya satwa liar, tidak berburu, memiliki atau melakukan bisnis jual beli satwa. Minimnya aktivitas itu, eksosistem alam akan tetap terjaga.

Perwakilan Forkopimda Kabupaten Malang juga memberikan atensi dan dukungan atas kegiatan pelepasliaran satwa yang merupakan komitmen nyata negara dalam upaya melakukan perlindungan terhadap keanekaragaman hayati. (yan) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post —  Saat Pandemi Covid-19 ini, terdapat tiga peran penting Polri, yaitu Pengawasan, Pencegahan dan Percepatan Vaksinasi. Panic Button On Hand (PBOH) milik...

Malang Raya

Malang Post —  Keberadaan warga lanjut usia (lansia) turut menjadi perhatian Pemkot Malang. Upaya dalam pemenuhan hak-hak hingga fasilitas lansia terus digencarkan guna mewujudkan...

Wisata

Malang Post —  Selalu dikenal dengan misi mengangkat kembali sejarah Indonesia yang terlupakan, Tugu Hotels & Restaurant telah menjadi ikon dunia pariwisata Indonesia di...

Malang Raya

Malang Post – Babinsa Kelurahan Pandanwangi Pelda Slamet dan Serka Suyitno memberangkatkan relawan menuju Semeru. Relawan tersebut berasal dari warga Pandanwangi yang bertugas mengantarkan...

Malang Raya

Malang Post – Lanal Malang menghelat serbuan vaksin di RW 09 Kelurahan Oro Oro Dowo Kecamatan Klojen. Selasa (7/12), tim nakes dari Lanal Malang...

Malang Raya

Malang Post – Selasa 7 Desember 2021, tim vaksinasi di Kota Malang menggelar penyuntikan di kawasan RW 04 Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang....

News

Malang Post — Sejumlah penambang pasir berhasil menyelamatkan saat lahar dingin mengaliri sungai dekat Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Ada 1 sopir...

Malang Raya

Malang Post — Beberapa waktu lalu, rencana pembangunan cold storage senilai Rp 16 miliar di Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu disoal dewan. Kini pembangunan cold storage...