Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

RS UMM Dilengkapi Tuberkolosis Resistan Obat

Dari (kanan-kiri) Bpk H Drs Wakidi BPH RS UMM, dr thantowi Jauhari NS M.Kes, Wadir 1 Bidang Pelayanan RSU UMM dan Dr M Sa'ad Ibrahim Pimpinan wilayah Muhammadiyah jatim. (istimewa)

Malang Post – Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Malang (RSU UMM) resmi memiliki layanan Tuberkolosis Resistan Obat (TBC RO). Memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat yang memiliki penyakit TBC. Kamis (21/10/2021) di RS UMM, peresmian tersebut, diawali dengan lokakarya.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, Dr KH Saad Ibrahim MA, menyatakan. Layanan TBC RO yang baru diresmikan di RSU UMM ini, menjadi yang ketiga di Jawa Timur.

Baca Juga ----------------------------

“Pertama di RS Muhammadiyah Lamongan, RS Ahmad Dahlan Muhammadiyah Kediri dan ketiga di RSU UMM Malang ini,” ujar Saad.

Dirinya mengungkapkan, dengan adanya layanan TBC RO ini menjadi langkah Muhammadiyah dalam melakukan dimensi penting dari imani dan sosial. “Jadi seluruh gerak kita seperti itu. Sisi lain ini juga semacam penghikmat kepada umat dan manusia hingga termasuk bagian dari ibadah kita,” ungkapnya.

Terlebih, Indonesia yang menjadi nomor 2 dalam penyebaran penyakit TBC ini, tentu memang perlu langkah taktis dalam meningkatkan kualitas pelayanan guna memberikan support kepada masyarakat yang terkena TBC untuk bisa sembuh total.

“Ini menjadi bagian yang harus diselesaikan di Indonesia dan Muhammadiyah Insyallah berada di bagian penyelesaian itu. Dari yang kita lihat tadi, tentu harus kita optimalkan lagi. Jika masih kurang, harus segera diperbaiki,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Direktur Pelayanan RSU UMM, dr Thontowi Djauhari menyebutkan bahwa program kerjasama dengan USAID tentang TBC RO ini bisa membantu layanan masyarakat, khususnya di Malang Raya.

Ikut dibantu Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, layanan TBC RO di Malang hanya ada dua, pertama di RSSA Malang dan kedua di RSU UMM ini, diharap bisa jadi pemecah antrean masyarakat dan memberi alternatif baru. “Harapannya ini bisa menjadi pilihan alternatif baru bagi masyarakat. Jadi biar gak jauh-jauh juga,” katanya.

Untuk saat ini, lanjut Thontowi, RSU UMM sendiri memiliki kapasitas 4 bed untuk layanan TBC yang akan melakukan isolasi/rawat inap. Namun, tentunya paling terfokuskan adalah bagaimana pelayanan pemberian obat yang dimana memang perlu dipandu, karena untuk pengobatan TBC sendiri butuh waktu lama hingga lebih dari 1 tahun.

“Di sini untuk layanan obat juga harus di luar/terbuka. Itu agar pasien di dalam gak tertular. Kalau rawat inap kan jika tidak parah sekali ya mending rawat jalan. Mangkannya dengan adanya ini kita bisa lebih support mereka,” tuturnya.

Pentingnya adanya layanan TBC RO, menurut Thontowi, dilihat dari penyebaran TBC bahwa Jawa Timur masuk 5 besar se Indonesia dan Malang sendiri berada di urutan kedua se Jawa Timur.

“Maka dari itu fasilitas ini perlu sekali. Kan penyakit ini tertunda ya, jangkanya panjang. Jadi harus benar-benar serius ditangani dan harus disiapkan pelayanannya,” pungkasnya terkait layanan untuk penderita TBC di RS UMM tersebut. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post —  Saat Pandemi Covid-19 ini, terdapat tiga peran penting Polri, yaitu Pengawasan, Pencegahan dan Percepatan Vaksinasi. Panic Button On Hand (PBOH) milik...

Malang Raya

Malang Post —  Keberadaan warga lanjut usia (lansia) turut menjadi perhatian Pemkot Malang. Upaya dalam pemenuhan hak-hak hingga fasilitas lansia terus digencarkan guna mewujudkan...

Wisata

Malang Post —  Selalu dikenal dengan misi mengangkat kembali sejarah Indonesia yang terlupakan, Tugu Hotels & Restaurant telah menjadi ikon dunia pariwisata Indonesia di...

Malang Raya

Malang Post – Babinsa Kelurahan Pandanwangi Pelda Slamet dan Serka Suyitno memberangkatkan relawan menuju Semeru. Relawan tersebut berasal dari warga Pandanwangi yang bertugas mengantarkan...

Malang Raya

Malang Post – Lanal Malang menghelat serbuan vaksin di RW 09 Kelurahan Oro Oro Dowo Kecamatan Klojen. Selasa (7/12), tim nakes dari Lanal Malang...

Malang Raya

Malang Post – Selasa 7 Desember 2021, tim vaksinasi di Kota Malang menggelar penyuntikan di kawasan RW 04 Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang....

News

Malang Post — Sejumlah penambang pasir berhasil menyelamatkan saat lahar dingin mengaliri sungai dekat Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Ada 1 sopir...

Malang Raya

Malang Post — Beberapa waktu lalu, rencana pembangunan cold storage senilai Rp 16 miliar di Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu disoal dewan. Kini pembangunan cold storage...