Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Vaksin Drive Thru Polres Malang: Layanan Cepat, Ramai Peminat

Malang Post – Masyarakat Kabupaten Malang resmi memiliki layanan vaksinasi Covid-19 Drive thru. Layanan yang diluncurkan Forkopimda Malang Raya pekan lalu ini, terus malanjutkan eksistensinya dalam memberikan pelayanan vaksinasi kepada warga kabupaten Malang.

Seperti yang terlihat di halaman Pendopo Pujasari Singosari. Tim Vaksinasi Drive Thru Polres Malang bekerjasama dengan relawan vaksinasi dari RS UB dan Mahasiswa Stikes Kepanjen. Mereka tak kenal lelah memberikan layanan kepada pengendara kendaraan bermotor.

Baca Juga ----------------------------

Berbeda dengan pelaksanaan vaksinasi konvensional. Biasanya masyarakat daftar melalui Google Form beberapa hari sebelum kegiatan. Namun untuk layanan drive thru ini, peserta dapat datang langsung untuk mendaftar di lokasi pelaksanaan. Caranya, masyarakat cukup membawa identitas KTP atau Kartu Keluarga (KK).

Kapolres Malang AKBP R Bagoes Wibisono melalui Kasat Lantas AKP Agung Fitransyah mengatakan, terobosan layanan vaksinasi ini bertujuan untuk memudahkan, mempercepat, dan menghindari terjadinya kerumunan.

Pelaksanaan ini juga dimaksudkan untuk percepatan capaian target dalam pemerataan vaksinasi di kabupaten Malang. “Untuk optimalisasi capaian vaksinasi di wilayah kabupaten Malang,” ucap pria berpangkat tiga balok kuning dipundaknya ini, Jumat (8/10/2021) siamg. 

Selain untuk mengurangi kerumunan, keberadaan layanan ini juga bertujuan membantu masyarakat yang kesulitan mengikuti vaksinasi karena kesibukan aktivitas pekerjaannya. Demi efektivitas program vaksinasi ini, layanan ini nantinya akan mobiling di beberapa pusat-pusat kegiatan masyarakat. 

“Sementara di sini, mungkin ke depan akan kita jadwalkan untuk bergeser di tempat lain,” jelasnya.

Mengenai mobil vaksinasi layanan tanpa turun milik Polres Malang ini, Agung menjelaskan. Mobil diawaki satu orang tim vaksinasinator. Tugasnya mulai dari pendaftaran, input data, screening, vaksinator hingga observasi yang selalu siap membantu peserta vaksin.

Pelaksanaan Jumat (8/10/2021) pagi, tim berhasil menyalurkan sekitar 150 dosis vaksin kepada masyarakat dengan vaksin Covid-19 jenis Sinovac.

“Setiap harinya, hampir sekitar seratus lima puluhan masyarakat yang datang,” tambahnya.

AKP Agung berharap, masyarakat sudah dalam keadaan siap apabila hendak mengikuti layanan vaksinasi Drive thru ini. Kemudian juga menyediakan persyaratan administrasi seperti KTP, atau Kartu Keluarga (KK) bagi usia 12 tahun ke atas yang belum memiliki KTP.

Dengan adanya layanan ini, agar target capaian vaksinasi masyarakat di Kabupaten Malang bisa segera tercapai. “Agar Kabupaten Malang segera mendapatkan hasil yang maksimal dalam capaian vaksinasi,” tandasnya.

Salah satu warga Singosari, Yuli (31) mengaku sangat senang dengan adanya layanan vaksinasi Drive thru. Pasalnya, melaksanakan vaksinasi di lokasi lebih cepat.

“Ini tadi pulang jemput anak dari sekolah saya mampir kesini, ternyata lebih enak karena cepat selesai dan tidak antri,” ungkapnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Penyebab tewasnya Eko Tri Manto (34) warga RT 3 RW 2, Dusun Keliran, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji yang ditemukan tak bernyawa...

Malang Raya

Malang Post —  Hujan deras Senin (25/10/2021) sore di wilayah Sukun tidak hanya disertai angin kencang. Tapi gemuruh petir dan sambaran kilat. Sekali sambar,...

Malang Raya

Malang Post – Pemerintah Kota Malang, TNI-Polri, SAR Kota Malang, dan instansi terkait mengikuti Apel Gelar Pasukan Antisipasi Bencana Alam. Ini dalam rangka penanggulangan...

Malang Raya

Malang Post –  Warna-warni jembatan Kalilanang di Desa Pandanrejo, Kota Batu mendadak muram pada Senin (25/10/2021). Lantaran di bawah jembatan setinggi 19 meter itu...

Malang Raya

Malang Post –  Walikota Malang, H Sutiaji beserta Istri, Hj Widayati Sutiaji memberikan apresiasi senam Dahlan’s Style. Lantaran Senin (25/10/2021) sehari setelah melakukan senam...

Malang Raya

Malang Post — Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Kabupaten Malang mengajak masyarakat agar kembali ke koperasi dan menjauhi pinjaman online, karena membahayakan, Sedangkan koperasi adalah soko...

Pendidikan

Malang Post — Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dosen Jurusan Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya memberikan Pelatihan HACCP untuk Ahli Gizi Rumah Sakit dan Katering....

Malang Raya

Malang Post –  Efek Bocil (Bocah Cilik). Kata itu sangat tepat menggambarkan situasi pariwisata di Kota Batu saat ini. Pasalnya setelah turun level Pemberlakuan Pembatasan...