Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Ciptakan Amora Pregnancy Biscuit, Mahasiswa UB Raih Prestasi Internasiomal

PRESTASI: M Ahmad Talkhis, Nabilla Alya Anastasya, Farida Lutfiya Azizah, Fatih Meru Samudera dan Vio Awan Nur Hidayat pencipta Amora Pregnancy Biscuit. (Foto : Istimewa)

Malang Post – Porang (Amorphophallus muelleri) merupakan salah satu komoditas pertanian dengan kadar glukomanan yang tinggi.

Glukomanan merupakan senyawa polisakarida yang bermanfaat untuk mengurangi stres, rasa kenyang dan memperlambat pengosongan perut. Sehingga cocok dijadikan sebagai produk pangan sehat seperti biskuit.

Baca Juga ----------------------------

Pemanfaatan porang di Indonesia dalam produk pangan masih terbilang sangat minim. Selain itu, pasar porang masih didominasi untuk kebutuhan ekspor.

Oleh karena itu, diperlukan suatu upaya untuk mengolah porang menjadi produk pangan sehat. Hingga memiliki nilai jual seperti biskuit sehat bagi ibu hamil.

Lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) terdiri dari: M Ahmad Talkhis, Nabilla Alya Anastasya, Farida Lutfiya Azizah, Fatih Meru Samudera dan Vio Awan Nur Hidayat.

Mereka di bawah bimbingan Dr Lilik Wahyuni M.Pd. Membuat biskuit bagi ibu hamil dari Porang. Diberi nama Amora Pregnancy Biskuit.

Baca Juga ----------------------------

Amora Pregnancy Biscuit merupakan produk olahan porang. Dalam bentuk makanan, berupa biskuit untuk makanan pendamping ibu hamil.

Kandungan senyawa polisakarida pada Amora Pregnancy Biscuit digunakan sebagai sumber energi jangka menengah dan panjang. Sehingga dapat membantu ibu hamil, agar kenyang lebih lama.

Menekan asam lambung hingga mengurangi mual dan muntah. Agar tidak terjadi hiperemesis gravidarum.

Baca Juga ----------------------------

Dengan mengkonsumsi Amora Pregnancy Biscuit, ibu hamil bisa terhindar dari dehidrasi yang membahayakan ibu dan janin.

Selain itu, melalui, hadirnya produk Amora Pregnancy ini, diharapkan dapat menjadi pencerah bagi petani. Karena permintaan bahan dasar porang diharapkan dapat meningkatkan peluang. Meningkatkan nilai jual porang hingga dapat meningkatkan perekonomian petani.

Amora Pregnancy Biskuit merupakan inovasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Inovasi produk biskuit kehamilan Amora, telah mendapat medali perak pada ajang internasional Korean International Women’s Invention Exposition (KIWIE) 2021.

Pencapaian tersebut diharapkan agar Amora Pregnancy Biscuit tak hanya dikenal di Indonesia. Namun juga dikenal di kancah internasional dan diundang untuk mengikuti ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 34 tahun 2021.

Saat ini, Amora Pregnancy Biscuit sudah diproduksi untuk masyarakat umum. Untuk pembeliannya bisa melalui platform @Amora_biscuit (IG), Amorapregnancy_indonesia (shopee). (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malangpost – Rabu (26/1), vaksinasi anak berlangsung di SDN Pandanwangi 03, Blimbing Kota Malang. Babinsa Pandanwangi, Pelda Slamet dan Serka Sunyitno mengawal vaksinasi di...

Malang Raya

Malangpost – Setelah Apel Gelar Pamor Keris pada Senin ( 24/1/2022 ) di halaman Balaikota Malang, tim gabungan Pamor Keris langsung menindaklanjuti dengan mengadakan...

headline

Malang Post –   Polresta Malang Kota kembali menerima tiga aduan baru dari 3 korban pelecehan seksual guru tari di wilayah Klojen. Tiga korban...

Malang Raya

Malang Post —  Bumdes memiliki peran vital menggerakkan perekonomian desa. Pasca ditetapkan menjadi Manajer Unit Pertanian dan Perikanan (UPP) Bumdes Joloarto Kecamatan Turen Kabupaten...

Malang Raya

Malangpost – Babinsa Kidul Dalem, Serda Gunawan bersama Dinas Sosial Kota Malang, bakti sosial di rumah warga Kidul Dalem.Yaitu, kediaman dari Subali, 74, warga...

News

Malang Post –  Lingkungan Umar Maksum RT 01/RW 02, Kedungkandang, Selasa (25/1/2022) siang mendadak geger saat ditemukan mayat di bawah jembatan sungai Amprong. Usai...

Beauty

Malangpost – Setiap wanita tentunya akan memiliki gaya dan jenis pakaian wanita yang tidak sama. Ada yang suka dengan gaya feminim dan ada yang lebih suka...

Malang Raya

Malang post – Kemenkumham korwil Malang deklarasi janji kinerja 2022 di Lapas Wanita Klas IIA Malang, Selasa (25/1). Jajaran samping, yaitu Kodim 0833 Kota...