Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

PELATIHAN SCALE UP BUSINESS KOPERASI UKM BLITAR RAYA

Tim Pengabdian UM saat memberikan pendampingan dan peningkatan kapasitas pada Koperasi UKM Blitar Raya

Malang Post – Perkembangan IPTEK sekarang ini makin menjamur. Ditambah dengan penggunaan media sosial yang semakin hari semakin meningkat. 

Dilansir dari laporan Digital 2021: The Latest Insight Into The State of Digital, terdapat 170 juta lebih pengguna sosial media dari 247,9 juta penduduk di Indonesia. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi segala bidang, misalnya pemasaran produk. 

Baca Juga ----------------------------

Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang yang diketuai Dr Hadi Sumarsono ST M.Si, beranggotakan Dr Farida Rahmawati SE ME, Vika Annisa Qurrata SE ME dan Ermita Yusida SE ME.

Mereka mengadakan kegiatan yang membantu Koperasi UKM Blitar Raya. Lokasinya juga di Blitar. Memanfaatkan perkembangan teknologi. 

Pengabdian ini, dilaksanakan Juni 2021 dan mengusung tema: Pelatihan Pemasaran UKM Menuju Start Up Scale Business Berbasis Potensi Lokal. 

Tujuannya untuk memperkenalkan produk-produk Koperasi UKM tersebut. Melalui media sosial, dapat menjangkau kalangan lebih luas. Sehingga dapat mendongkrak omset.

Kegiatan ini menargetkan 30 UKM yang tergabung dalam UKM Blitar Raya tersebut. Pelaksanaannya dengan memberikan materi dari narasumber berkompeten. Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang menghadirkan David Hendrawan SE. Founder CV Zestful. 

Dijelaskan dengan sangat detail. Tentang pemasaran digital yang memanfaatkan, bahkan membantu dalam praktek memasarkan produknya. 

Para pelaku UKM selaku peserta kegiatan, memberikan feedback dengan antusias.

Dibuktikan dengan banyaknya rasa ingin tahu. Mengajukan banyak pertanyaan ke pemateri. 

Tak hanya itu. Dalam pelatihan para pelaku UKM juga praktek langsung. Mengenai cara memasarkan produk secara digital. 

Tim Pengabdian UM ini, juga mengumpulkan data kondisi UKM melalui kuesioner. Sebagai upaya observasi mengenai kondisi, teknik pemasaran, pengelolaan keuangan usaha hingga kelembagaan koperasi UKM. 

Dengan hasil survei tersebut, akan dilaksanakan pendampingan di bidang pelatihan pemasaran digital.

Kegiatan pengabdian ini memberikan hasil yang sangat bagus. Tak hanya meningkatkan wawasan mengenai pemasaran di dunia digital. Omset yang akan didapatkan juga bisa meningkat tajam. 

Bisa membuka peluang kerja lebih banyak bagi masyarakat sekitar. Sehingga dapat menurunkan tingkat pengangguran. Selain itu, juga menambah motivasi terus berkembang.

Terpenting, kesejahteraan masyarakat terutama pelaku UKM yang tergabung dalam Koperasi UKM Blitar Raya dapat meningkat secara signifikan. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Penyebab tewasnya Eko Tri Manto (34) warga RT 3 RW 2, Dusun Keliran, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji yang ditemukan tak bernyawa...

Malang Raya

Malang Post —  Hujan deras Senin (25/10/2021) sore di wilayah Sukun tidak hanya disertai angin kencang. Tapi gemuruh petir dan sambaran kilat. Sekali sambar,...

Malang Raya

Malang Post – Pemerintah Kota Malang, TNI-Polri, SAR Kota Malang, dan instansi terkait mengikuti Apel Gelar Pasukan Antisipasi Bencana Alam. Ini dalam rangka penanggulangan...

Malang Raya

Malang Post –  Warna-warni jembatan Kalilanang di Desa Pandanrejo, Kota Batu mendadak muram pada Senin (25/10/2021). Lantaran di bawah jembatan setinggi 19 meter itu...

Malang Raya

Malang Post –  Walikota Malang, H Sutiaji beserta Istri, Hj Widayati Sutiaji memberikan apresiasi senam Dahlan’s Style. Lantaran Senin (25/10/2021) sehari setelah melakukan senam...

Malang Raya

Malang Post — Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Kabupaten Malang mengajak masyarakat agar kembali ke koperasi dan menjauhi pinjaman online, karena membahayakan, Sedangkan koperasi adalah soko...

Pendidikan

Malang Post — Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dosen Jurusan Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya memberikan Pelatihan HACCP untuk Ahli Gizi Rumah Sakit dan Katering....

Malang Raya

Malang Post –  Efek Bocil (Bocah Cilik). Kata itu sangat tepat menggambarkan situasi pariwisata di Kota Batu saat ini. Pasalnya setelah turun level Pemberlakuan Pembatasan...