Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Body Scrub Cangkang dan Daun Cengkeh, Mampu Tingkatkan Imunitas

PRESTASI: Karmila Sari, Alfi Maghfiroh Putri, Naila Cholishah, Delia Lupita Adi dan Indah Pramirta Nurfaidah. 

Malang Post – Berawal dari limbah yang tak digunakan. Ide muncul dari beberapa mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM). Mereka membuat body scrub. Berbahan dasar campuran dari bahan limbah cangkang bekicot dan daun cengkeh kering.

Sebagai catatan, body scrub merupakan produk perawatan tubuh. Berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, yang terdapat pada permukaan kulit. Sehingga membuat tampilan kulit menjadi kusam. 

Baca Juga ----------------------------

Mahasiswa berprestasi tersebut adalah: Karmila Sari dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (190342421244). Alfi Maghfiroh Putri dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (190342621240). Naila Cholishah dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (190342621249). Delia Lupita Adi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (190431626408). Indah Pramirta Nurfaidah dari Fakultas Matematika dan Ilmu  Pengetahuan Alam (200343616406).

Alfi, mewakili timnya mengatakan. “Di daerah saya, banyak terdapat bekicot. Dagingnya dimanfaatkan sebagai olahan makanan. Namun cangkangnya dibuang. Tidak digunakan,” tuturnya.

LIMBAH: Produk body scrub karya mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Nah dari sinilah muncul ide mereka. Alfi dan teman-temannya menggagas pemanfaatan limbah cangkang tersebut. Karmila Sari, salah satu anggota tim menyampaikan.

Baca Juga ----------------------------

“Saya beberapa kali membaca jurnal. Bahwa kitosan terbuat dari beberapa limbah cangkang. Kemudian saya berpikir. Apakah bisa limbah cangkang bekicot digunakan,” kata Alfi.

“Alhamdulillah. Setelah beberapa kali diskusi dengan tim, kita memberanikan diri, membuatnya menjadi kitosan. Apalagi limbah ini, di daerah kita banyak tidak digunakan. Sehingga kita berlima sepakat memanfaatkan”, bebernya.

Indra Kurniawan Saputra S.Si M.Si, Dosen Jurusan Biologi bidang bioteknologi. Menjadi pembimbing para mahasiswa ini, mengatakan.

“Alhamdulillah. Berawal dari keresahan kita bersama. Perihal limbah bekicot dan daun cengkeh. Tim ini berhasil membuat body scrub. Beberapa mahasiswa datang mengajukan inovasi tersebut. Dirasa tidak kuat. Sehingga bahan dasar body scrub dari cangkang bekicot harus dicampur daun cengkeh,” urainya.

Baca Juga ----------------------------

Kelebihan dari percampuran cangkang bekicot dan ekstrak daun cengkeh ini, tidak hanya membersihkan kulit saja. Akan tetapi, produk ini juga anti bakteri dan anti virus.

Bahkan pada penelitian terbaru, produk ini juga mempunyai manfaat meningkatkan imun. Karena kandungan minyak cengkeh, sebagian besar didominasi eugenol maupun kitosan.

Mengandung senyawa peningkat respon imun. Sehingga kombinasi dua senyawa tersebut sangat bermanfaat.

“Mudah-mudahan kedepannya, produk yang kami hasilkan ini bisa bermanfaat. Apalagi produk ini juga dihasilkan dari limbah. Efek samping dari limbah ini, juga berkurang. Sehingga ada nilai jualnya. Semoga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. Terutama para pengumpul limbah cangkang bekicot maupun pengumpul limbah daun cengkeh kering,” pungkas Indra Kurniawan. (yan)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Inovasi Mahasiswa: Body Scrub Cangkang dan Daun Cengkeh, Mampu Tingkatkan Imunitas – Bioteknologi FMIPA

Leave a Reply

Baca Juga

Wisata

Malang Post – Februari adalah bulan yang sangat dinanti, karena terdapat momen spesial yang tepat untuk berkumpul bersama orang terkasih atau kerabat dekat. Disambut...

Kriminal

Malang Post —  Pasca membekuk tersangka curanmor, kini Resmob Polresta Malang mengeler mereka. Tujuannya untuk melacak komplotan lainnya. Proses penangkapannya, mendadak menyebabkan arus lalu...

Malang Raya

Malangpsot – Setelah melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat Kota Malang beberapa waktu lalu, kini Kodim 0833/Kota Malang menggelar vaksinasi kepada anggota dan ibu-ibu Persit Kartika...

headline

Malangpost – Senin pagi (24/1), Forkopimda Kota Malang meluncurkan Patroli Motor Penegakan Protokol Kesehatan (Pamor Keris) di depan halaman Balaikota Malang. Ratusan personel bergabung...

headline

Malangpost – Bau tak sedap merebak lagi dari Pengadilan Negeri Surabaya. Belum kering borok yang dibongkar KPK atas tangkap tangan hakim Itong dan Panitera...

Dahlan Iskan

NAMA Melia kembali menghiasi langit ilmu pengetahuan Indonesia: dia berhasil membuat bensin dari kelapa sawit. Anda sudah tahu nama bensin baru itu: bensa –bensin...

headline

Malang Post —  Kecelakaan di Simpang Bengawan Solo Jl Panglima Sudirman Kota Malang kembali terjadi. Kali ini sebuah truk Mitsubishi Colt bernopol N 9065...

Wisata

Malang Post – Operator internasional terbesar diindonesia untuk Serviced Residence dan Hotel, The Ascott limited (Ascott) Jumat (21/1/2022) mengumumkan pembukaan properti terbarunya Shanaya Resort....