Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Qurraci, Media Belajar Al-Quran Interaktif Karya Mahasiswa UM

Mahasiswa UM pencipta Buku Qurraci

Malang Post – Ada sebuah media pembelajaran interaktif Al-Quran dan natural science. Berbasis Augmented Reality bagi siswa SMA yang bisa dibuka lewat smartphone.

Media Qurraci menggunakan metode multiple representative. Menyampaikan suatu konsep dalam bentuk dan ilustrasi tertentu. Sehingga materi Al-Qur’an dan natural science yang bersifat abstrak, lebih mudah dipahami oleh siswa. Apalagi hampir semua siswa SMA saat ini memiliki gadget.

Baca Juga ----------------------------

“Harapan kami, dengan adanya media ini, dapat membuat pembelajaran menjadi lebih efektif. Menarik dan interaktif pada mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) yang mengintegrasikan Al-Qur’an dan Natural Science (ayat kauniyah),” jelas M Iqbal Najib, Minggu, (8/8/2021) 

Dikatakannya, akhlak mulia seperti kejujuran, keadilan dan tolong menolong mulai terkikis. Dan, berganti menjadi permusuhan, saling menjatuhkan dan mengambil hak orang lain. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan dalam melaksanakan pendidikan spiritual di sekolah.

Adalah mengoptimalkan pembelajaran materi pendidikan agama Islam (PAI). Peran pendidikan agama Islam sangatlah strategis. Dalam mewujudkan pembentukan karakter siswa. Akan tetapi fakta di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran PAI di kelas masih belum optimal.

“Proses pembelajaran masih menggunakan pembelajaran konvensional, ceramah dan penugasan, tanpa memberikan inovasi dari materi yang ada,” jelasnya.

Tim mahasiswa UM yang terlibat adalah: Fatwah Inna Aulisaina (Manajemen 2019), M Iqbal Najib F (Pendidikan Biologi 2019), Samudra Mutiara Hasanah (Pendidikan Kimia 2019), M Ahsan Thoriq (Pendidikan Bahasa Arab 2018) dan Fanny Farida (Desain Komunikasi Visual 2019).

“Maka kami tidak memandang teknologi sebagai ancaman. Namun potensi besar yang dapat dikolaborasikan dalam upaya meningkatkan angka literasi di Indonesia,” jelas Iqbal.

Buku Qurraci berisi tentang kajian ayat Al-Qur’an yang diintegrasikan dengan materi natural science yang terbagi dalam tiga bab utama. Yaitu biologi, fisika dan kimia. Buku ini memiliki 61 halaman. Di dalamnya terdapat puluhan ilustrasi yang divisualisasikan dengan augmented reality.

Selain itu, pada halaman pertama akan terdapat barcode yang dapat dihubungkan ke smartphone. Saat dihubungkan, akan memiliki beberapa fitur. Seperti audio ayat Al Quran, dengan basis qiraat Imam Nafi riwayat Warsy, tafsir ayat yang menyediakan tafsir dari berbagai masa, video augmented reality dengan disertai audio murottal dengan irama nahawand dan evaluasi berbasis gamifikasi.

Inovasi buku ini telah meraih banyak prestasi nasional maupun internasional. Pernah meraih medali emas di ajang International Invention Competition For Young Moslem Scientists (IICYMS) 2021. Kategori Educations dan spesial award dari Malaysia Innovation Invention Creativity Assosiation (MIICA) 2021.

Kegiatan itu diikuti oleh 17 negara dengan 155 tim. Saat ini buku ini mndapatkan pendanaan dari Kemendikbudristek dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Kewirausahaan 2021.

Dua mahasiswa yaitu Inna dan Fanny yang bertanggung dalam bidang pemasaran dan produksi. Harga buku dijual Rp 63.500. Harga ini sudah termasuk dengan aplikasi di dalamnya. Sejak dilaunching pada 29 Juli 2021, telah terjual 43 buku.

“Saat ini kami juga dalam proses MoU dengan beberapa sekolah di Kota Malang, Kediri dan juga Jombang,” katanya.

Ditambahkan Ahsan dan Mutiara selaku kajian tafsir dan sains juga menambahkan. Materi yang disajikan telah dilakukan berbagai validasi ke ahli materi dan media.

Materi disusun dengan gaya bahasa yang mudah dipahami dan penuh dengan pesan moral. Selain itu, materi yang disajikan tidak hanya berorientasi pada mata pelajaran PAI. Namun ada beberapa materi tambahan di bidang tafsir dan natural science.

Sehingga buku ini tidak hanya cocok bagi siswa SMA yang ingin belajar ayat kauniyah, tetapi juga cocok untuk siswa SMP atau bahkan mahasiswa yang ingin belajar ayat kauniyah yang mengintegrasikan Al-Qur’an dan natural science.

Mereka dibimbing oleh dosen Sastra Arab, M Rizal Ramadhan SPd I MPd dan dosen ekonomi, Achmad Murdiono SE SPd MM. Tim Qurraci berharap hadirnya media pembelajaran ini dapat mengoptimalkan pendidkan spiritual dan intelektual bagi siswa. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post — Beredar video penghadangan anggota Polri yang menjaga jalur masuk pantai di Malang Selatan. Video berdurasi 23 detik dengan penampakan rombongan diduga dari...

headline

Malang Post — Terkait viralnya video rombongan gowes yang diduga pejabat Pemkot Malang di berbagai medsos, karena masuk lokasi wisata pantai Malang Selatan, sebenarnya...

News

Malang Post – Kakek Samin (70) yang hilang di hutan Cungkup, tercatat pernah hilang dan pulang dalam kondisi sehat tahun 2020. Kali ini harapan besar...

Kesehatan

Malang Post – Kehadiran tikus rumah jelas sangat mengganggu. Tidak hanya bisa merusak barang-barang dan mengotori rumah, hama ini juga berpotensi menjadi agen penyebar...

headline

Malang Post – Dalam rangka percepatan Herd Immunity, Universitas Negeri Malang (UM) kembali sukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac dosis pertama dan kedua yang ditujukan...

Pendidikan

Malang Post — SMAN 1 Sumberpucung berkomitmen mendukung pemerintah menangani pandemi Covid-19 yang belum mereda. Salah satunya melalui program vaksinasi remaja. Menggandeng Puskesmas Sumberpucung, vaksinasi dosis...

Ekobis

Malangpost – Kegiatan transfer uang antar bank merupakan salah satu jenis transaksi yang sering dilakukan oleh nasabah bank. Dalam kegiatan perbankan yang satu ini,...

Malang Raya

Malang Post – Hutan Kota Malabar menjadi pusat kegiatan aksi bersih-bersih yang diinisiasi jajaran Kodim 0833 dalam hal ini Koramil Klojen pemangku wilayah. Tidak...