Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Mahasiswa UMM Rancang Radar Smart, Mampu Deteksi Kapal dan Isinya

Awwaludin Rasyid Al-Malik, Atha Caesarda Rafi Naufal, Zidni Ilman Nafian, Bagus Setyawan dan Rafiqa Nur Pratiwi mahasiswa UMM yang merancang Radar Pelacak Barang untuk Zona Laut Ekonomi Eksklusif. (Istimewa)

Malang Post – Penangkapan ikan oleh nelayan asing secara illegal masih banyak ditemukan di laut Indonesia. Termasuk drone atau bahkan pesawat asing, bisa melintas di atas laut negeri kita. Antisipasinya, deteksi melalui peningkatan teknologi radar pelacak.   

Inilah yang mendasari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berinovasi. Menciptakan Radar Pelacak Barang untuk Zona Laut Ekonomi Eksklusif.

Baca Juga ----------------------------

Mereka adalah: Awwaludin Rasyid Al-Malik, Atha Caesarda Rafi Naufal, Zidni Ilman Nafian, Bagus Setyawan dan Rafiqa Nur Pratiwi. Tergabung dalam satu kelompok tim.  

Kreasi mereka ini, juga diajukan ke Program Kreatifitas Mahasiswa – Karsa Cipta (PKM – KC). Diberi judul: Implementasi Teknologi Internet of Think (IoT) Berbasis Radar Sebagai Pendeteksi Illegal Fishing di Zona Ekonomi Eksklusif.

Hasilnya, lolos pendanaan Direktorat Jendral Perguruan Tinggi (Dikti) bulan Mei 2021. Pada kesempatan Kamis (22/7/2021) dijelaskan oleh ketua tim, Awwaludin. Bahwa, rancangan radar pelacak ini implementasi dari Teknologi Internet of Think.

Tujuannya, untuk menjaga laut Indonesia dari illegal fishing. Bahkan intervensi benda asing lainnya. Seperti drone yang terjadi awal tahun lalu.

Baca Juga ----------------------------

“Kejadian illegal fishing dan juga bebasnya drone asing di lautan Indonesia, membuat kami berinisiatif menciptakan radar pelacak benda ini,” ujarnya.

Radar pendeteksi ini, dilengkapi dengan fitur yang canggih. Memanfaatan panel surya sebagai sumber daya listrik.

Mahasiswa Teknik Mesin ini menjelaskan. Pemanfaatan listrik dari sinar matahari, diharapkan bisa melepas ketergantungan pada listrik konvensional yang selama ini digunakan.

Bahkan mampu bertahan selama 4-6 hari, meskipun matahari jarang menyinari.

Baca Juga ----------------------------

“Penggunaan listrik berbasis panel surya pada alat ini, juga dirasa lebih bersahabat dengan alam,” imbuhnya.

Sistem radar pelacak karya mereka ini, dapat mendeteksi barang di permukaan dan di dalam lautan. Bukan hanya mendeteksi kapal. Namun barang-barang yang ada di dalamnya, juga bisa dideteksi.

Menurut Awwal, ini menjadi terobosan baru untuk meningkatkan keamanan dan ketahanan laut Indonesia. Alat yang berada pada tahap perancangan 50 persen ini, diharapkan membantu menjaga kemanaan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) laut Indonesia.

Mahasiswa kelahiran Jombang ini, juga berharap. Alat karya mereka bisa dikembangkan lebih lanjut. Sehingga pengawasan laut Indonesia bisa dilakukan dengan lebih efektif.

“Tentu kami ingin, agar nantinya radar pelacak ini bisa digunakan oleh pemerintah atau bahkan militer. Sebagai penunjang menjaga zona laut yang dimiliki oleh Indonesia,” tutupnya. (yan) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malangpost – Kodim 0833 Kota Malang sosialisasi soal jalur pendaftaran calon bintara AD lintas agama di sejumlah pondok pesantren. Hal ini karena TNI AD...

Malang Raya

Malangpost – Harga minyak belakangan ini semakin mahal saja. Beberapa hari terakhir, harga minyak goreng bahkan lebih dari Rp 20 ribu per liter. Sesuai...

Wisata

Malang Post –  Unit bisnis penginapan yang dimiliki sepenuhnya oleh CapitaLand Investment Limited, The Ascott Limited (Ascott) dengan bangga mengumumkan pembukaan properti terbarunya. Shanaya...

Pendidikan

Malang Post – Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya dalam melaksanakan magang Merdeka Belajar menggandeng praktisi hukum asal Malang, Dr. Yayan Riyanto, SH M.Hum....

Malang Raya

Malang Post – Masyarakat pengendara bermotor roda dua musti waspadai kondisi jalan raya karena kadang berlubang akibat musim penghujan.  Gara-gara jalan berlubang, pengendara sepeda...

News

Malang Post –  Sebuah truk fuso berwana biru-hitam yang melaju dari arah Kediri menuju Kota Batu, terperosok ke dalam jurang sedalam 30 meter di...

Malang Raya

Malangpost – Selasa (18/1), vaksinasi anak sukses digelar di SD Taman Harapan, Jalan Majapahit Dalam, Kelurahan Kidul Dalem, Kecamatan Klojen Kota Malang.Babinsa Kidul Dalem,...

Malang Raya

Malangpost – Kodim 0833/Kota Malang gencar melaksanakan sosialisasi rekrutmen penerimaan prajurit TNI AD di beberapa MA yang ada di Kota Malang. Pelaksanaan sosialisasi rekrutmen...