Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Tiga Wartawan di Kota Batu Terima Ancaman Akan Dibunuh

Malang Post– Tiga warga di Kota Batu menerima ancaman pembunuhan. Ketiganya resmi melapor ke kepolisian Polres Batu, Rabu (21/7/2021). 

Ketiganya selama ini berprofesi sebagai wartawan, masing-masing ES,  NRK, dan DH. Selama ini mereka melaksanakan tugas jurnalistik di Kota Wisata Batu. 

Baca Juga ----------------------------

Ancaman yang mereka terima tidak terkait dengan produk jurnalistik.  Tetapi akibat perbuatan salah satu warga Desa Tlekung RT- 06 RW-06,  Kecamatan Junrejo, Kota Batu yang menggelar hajat pernikahan dan dihentikan oleh Satgas Covid-19.

Yang punya hajat  tidak terima.  Dugaan pun tertuju pada tiga wartawan itu yang melaporkan adanya pesta resepsi ke Satgas Covid-19.

Kasat Reskrim Polres Batu AKP Jeifson Sitorus. (istimewa)

Bertepatan tempat tinggal ES dan NRK  masih satu lingkungan dengan warga yang menggelar resepsi pernikahah itu. 

Baca Juga ----------------------------

Pengakuan NRK, bentuk ancaman selain pembunuhan juga merendahkan profesi jurnalis. Ancaman akan membunuh itu terjadi  pada Senin (19/7/2021) pukul 00.00 hingga 03.00 dini hari. 

“Juga ada kata-kata kotor makian dan umpatan yang tidak senonoh. Nyawa kami merasa terancam, kami butuh jaminan dan perlindungan hukum, terlebih kondisi kejiwaan anak-anak kami menjadi ketakutan dan trauma pasca insiden tersebut,” ungkapnya usai melapor ke Mapolres Batu, Rabu (21/7/2021) siang. 

Senada disampaikan DH. Sebelum melontarkan ancaman,  beberapa pelaku diduga dipengaruhi  miras (minuman keras). 

“Pihak penyelenggara atau tuan rumah juga meluapkan emosinya dengan umpatan makian, disertai kata-kata merendahkan profesi jurnalis,” ungkapnya. 

Baca Juga ----------------------------

Ironisnya, lanjut DH, pihak perangkat desa terkesan membiarkan.  “Informasi yang kami terima, (yang punya hajat) ternyata ada hubungan famili atau keluarga dengan Kades,” tutur DH. 

“Kami berharap, agar pihak Kepolisian Polres Batu segera menindak tegas, agar kejadian serupa tidak terulang  menimpa jurnalis. Jurnalis bukan musuh, tapi rekan kerja,” tandasnya. 

Sementara itu, kuasa hukum pelapor Sandi Budiono SH.,  membenarkan  bahwa kliennya  dituduh melaporkan soal hajatan pernikahan itu. 

“Kami berharap, kasus ini segera ditindak lanjuti secara profesional. Karena sudah melontarkan kata-kata ancaman pembunuhan,” kata Sandi. 

Ia juga  meminta jaminan pihak kepolisian atas keselamatan keluarga ketiga wartawan tersebut. 

Terpisah, Kasatreskrim Polres Batu, AKP Jeifson Sitorus, SH., SIK., MH,  akan segera menindak lanjuti laporan tersebut dengan melakukan pendalaman dan cek ke TKP, kepada pihak terkait,” tegasnya. (yan) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malangpost – Kodim 0833 Kota Malang sosialisasi soal jalur pendaftaran calon bintara AD lintas agama di sejumlah pondok pesantren. Hal ini karena TNI AD...

Malang Raya

Malangpost – Harga minyak belakangan ini semakin mahal saja. Beberapa hari terakhir, harga minyak goreng bahkan lebih dari Rp 20 ribu per liter. Sesuai...

Wisata

Malang Post –  Unit bisnis penginapan yang dimiliki sepenuhnya oleh CapitaLand Investment Limited, The Ascott Limited (Ascott) dengan bangga mengumumkan pembukaan properti terbarunya. Shanaya...

Pendidikan

Malang Post – Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya dalam melaksanakan magang Merdeka Belajar menggandeng praktisi hukum asal Malang, Dr. Yayan Riyanto, SH M.Hum....

Malang Raya

Malang Post – Masyarakat pengendara bermotor roda dua musti waspadai kondisi jalan raya karena kadang berlubang akibat musim penghujan.  Gara-gara jalan berlubang, pengendara sepeda...

News

Malang Post –  Sebuah truk fuso berwana biru-hitam yang melaju dari arah Kediri menuju Kota Batu, terperosok ke dalam jurang sedalam 30 meter di...

Malang Raya

Malangpost – Selasa (18/1), vaksinasi anak sukses digelar di SD Taman Harapan, Jalan Majapahit Dalam, Kelurahan Kidul Dalem, Kecamatan Klojen Kota Malang.Babinsa Kidul Dalem,...

Malang Raya

Malangpost – Kodim 0833/Kota Malang gencar melaksanakan sosialisasi rekrutmen penerimaan prajurit TNI AD di beberapa MA yang ada di Kota Malang. Pelaksanaan sosialisasi rekrutmen...