Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Sehari 4 Kebakaran Beruntun di Kabupaten Malang

Kebakaran di Singosari diduga akibat bakar kertas di lantai atas. (istimewa)

Malang Post – Tepat peringatan hari raya Idul Adha 1442, Selasa (20/7/2021) sejak pagi hingga siang. Terjadi kebakaran beruntun di empat titik sekaligus di Kabupaten Malang. Dua TKP di Malang Utara dan dua TKP di Malang Selatan.

“Hari ini menerima tiga laporan, ke Mako kami. Satu tidak masuk atau minta bantuan ke mako. Sebab kebakaran berbeda-beda,” sebut Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Satpol PP Kabupaten Malang, Goly Karyanto.

Baca Juga ----------------------------

Kebakaran kali pertama, tidak sampai terhubung ke markas PMK Kabupaten Malang, terjadi pukul 08.00 WIB di Dusun Putuk Rejo RT 05/RW 05, Desa Kemantren, Kecamatan Jabung.

Rumah dan warung keluarga Syamsul Arifin (35) ludes. Saat kejadian, rumah dalam kondisi kosong. Dugaannya, akibat korsleting listrik. Warung kelontong ludes, surat, uang Rp 3 juta termasuk sebuah sepeda motor.

Sekitar pukul 08.30 WIB, si jago merah membara di SPBU mini milik Siyono (69) warga Dusun Kepatihan RT 003/RW 18 , Desa Pamotan, Kecamatan Dampit.

Sebab kebakaran di SPBU mini itu, diduga ada percikan putung rokok. Hingga  mengenai bahan bakar pertalite. Masih beruntung, api tidak merembet ke bagian dalam rumah yang juga menjadi toko ini.

Berikutnya pukul 11.05 WIB, api berkobar di rumah Suyatemi (48) warga Jl Kartini RT 26/ /RW  03, Desa Kanigoro, Pagelaran. Nyaris 1 jam api berkobar area dapur. Mengakibatkan kerugian puluhan juta rupiah.

Dilarang merokok dekat pom mini di Kepatihan Dampit. (istimewa)

“Diduga akibat tungku masak. Api merembet ke bahan mudah terbakar sekitarnya. Tidak ada korban jiwa Mas,” sebut Goly Karyanto kepada Malang Post.

Di saat anggota Damkar berusaha keras memadamkan api di Pagelaran, pukul 11.50 WIB terdengar kabar kobaran api di rumah sekitar Perum Mondoroko Blok P, Kecamatan Singosari.

Tidak ada korban jiwa di rumah kediaman Arif Santoso (35). Menanggapi laporan kebakaran, Goly Karyanto menyebut. Pihaknya meluncurkan tiga unit ke Singosari. Tidak hanya itu, bantuan back up dua unit ‘gajah’ sempat diterjunkan dari markas Damkar Kota Malang.

Hadir ke lokasi langsung, Kepala UPT PMK Satpol PP Kota Malang, Teguh Budi Wibawa bersama anggotanya. Lokasi titik api dipastikan dari lantai atas rumah korban. Kesigapan ini diperlukan karena termasuk pemukiman padat.

“Kalau info dari korban memang membakar kertas di atas. Terus ditinggal ke belakang. Api membesar karena tiupan angin. Kemudian menyambar beberapa barang yang ada disekitarnya,” jelas Teguh. (yan) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

News

Malang Post – Kepedulian sosial saat ini benar-benar diuji. Tak perlu jauh. Perhatian terhadap orang didekat kita. Mereka yang terpapar Covid. Pasti butuh support. Seperti...

headline

Malang Post – Program yang digencarkan Walikota Malang Drs H Sutiaji tentang lima strategi penanganan Covid mulai membuahkan hasil. Diantaranya Malpro (Malang beli produk lokal),...

Malang Raya

Malang Post – Setelah 37 tahun menjadi anggota polwan, Iptu Ni Made Seruni Marhaeni mengakhiri masa tugasnya di Polresta Malang Kota, pada usia 58 tahun....

Malang Raya

Malang Post – Ada yang menarik setelah rapat evaluasi Pemkot Malang dan Forpimcam Lowokwaru dan Blimbing. Walikota Malang Sutiaji dan peserta rakor mempraktekkan cara menggunakan...

Malang Raya

Malang Post –  Jumlah kasus Covid masih tinggi. Pemkot Malang pun menggelar rapat koordinasi dan evaluasi bersama Forum Koordinator Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam). Kali ini Kecamatan...

Malang Raya

Malang Post – Warga Kabupaten Malang menyambut antusias gelaran Vaksinasi Gotong Royong. Giat ini diselenggarakan IKA (Ikatan Keluarga Alumni) dan Keluarga Besar UB (Universitas Brawijaya),...

Pendidikan

Malang Post – Program akselerasi vaksinasi terus dilakukan pemerintah. Mulai dari tingkat pusat maupun di daerah. Tak ketinggalan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Ikut andil melakukan...

headline

Malang Post – Kementerian Agama Republik Indonesia menetapkan pemimpin baru beberapa institusi pendidikan di bawah naungannya. Salah satunya Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang...