Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Inkoppol Bagikan Beras dan Tanam Pisang di Kasembon

Irjen Pol (Purn) Mudji Waluyo menyerahkan bantuan sosial berupa beras kepada salah satu petani pisang yang ikut program Inkoppol. (foto ananto)

Malang Pos – Menyambut HUT ke 75 Bhayangkara  pada 1 Juli mendatang, Induk Koperasi Kepolisian Republik Indonesia (Inkoppol) bersama Kapusdokkes Polri dan Karumkit Polda Jatim melaksanakan bakti sosial di Pendopo Kecamatan Kasembon pada Kamis (24/6/2021) mendatang.

Agar kegiatan yang bakal dihadiri para petinggi Polri itu berjalan maksimal, maka Selasa (22/6/2021) hari ini, Inkoppol  melakukan berbagai persiapan. Di antaranya bantuan sosial berupa beras, kursi roda,  masker dan bantuan lainnya. 

Baca Juga ----------------------------

Ketua pelaksana bakti sosial kesehatan  Irjen Pol (Purn) Mudji Waluyo menjelaskan, dalam HUT Bhayangkara nanti juga digelar operasi bibir sumbing dan langit-langit di RS Bhayangkara Kediri. 

“Total ada lima orang yang mengikuti operasi tersebut. Dengan dipimpin oleh Kombes Pol dr Aris. Selain itu, di RS Bhayangkara Kota Batu dilaksanakan operasi hernia,”  jelas Mudji Waluyo kepada ameg.id, Selasa (22/6/2021). 

Usai melakukan persiapan, pihaknya juga melaksanakan kegiatan lain bertujuan untuk memberikan gambaran kepada masyarakat luas, terkhusus untuk pimpinan Polri melalui program deradikalisasi lewat proses tanam pisang. 

“Untuk lahan, kami bekerja sama dengan Perhutani Kabupaten Malang dengan mengajak masyarakat LKMDH (lembaga masyarakat yang ada di dalam hutan) dengan memanfaatkan lahan produktif milik Perhutani di kawasan Kecamatan Kasembon dengan luas lahan 10 hektar,” ujarnya. 

Kata dia, setiap dua tahun sekali lahan itu akan terus diperpanjang masa kontraknya. Saat ini, sudah ada sekitar 55 orang petani  telah bertransformasi dari petani cabai dan singkong menjadi petani pisang dan durian. 

Di lahan 10 hektar tersebut, ditanami 1000 pohon durian dan 10.000 pohon pisang. 

“Untuk pohon pisang 60 persen berjenis kepok kuning dan 40 persen berjenis ambon raja,” terang pria yang juga menjabat sebagai Kasatgassus Dradikalisasi Inkoppol. 

Masyarakat yang melakukan penanaman pisang di lokasi  juga dibimbing secara profesional oleh ahli pisang Prof Lasio berasal dari Bantul. Sedangkan koordinatir masyarakat, dilakukan oleh AKBP (Purn) Winardi H. 

Saat ribuan pisang t masuk masa panen, Inkoppol  akan memfasilitasi  penjualan ke pasar lokal, seperti Surabaya dan Yogyakarta. 

Jika target market  tidak mampu menampung, menurut Mudji, pihaknya akan memberikan pelatihan kepada para petani untuk membuat keripik pisang dengan standar tertentu. 

“Ketika pembuatan keripik pisang itu sudah berjalan. Kemasan akan kami buat secantik mungkin. Dengan target market bisa menembus pasar ekspor,” katanya. (*) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

News

Malang Post – Kepedulian sosial saat ini benar-benar diuji. Tak perlu jauh. Perhatian terhadap orang didekat kita. Mereka yang terpapar Covid. Pasti butuh support. Seperti...

headline

Malang Post – Program yang digencarkan Walikota Malang Drs H Sutiaji tentang lima strategi penanganan Covid mulai membuahkan hasil. Diantaranya Malpro (Malang beli produk lokal),...

Malang Raya

Malang Post – Setelah 37 tahun menjadi anggota polwan, Iptu Ni Made Seruni Marhaeni mengakhiri masa tugasnya di Polresta Malang Kota, pada usia 58 tahun....

Malang Raya

Malang Post – Ada yang menarik setelah rapat evaluasi Pemkot Malang dan Forpimcam Lowokwaru dan Blimbing. Walikota Malang Sutiaji dan peserta rakor mempraktekkan cara menggunakan...

Malang Raya

Malang Post –  Jumlah kasus Covid masih tinggi. Pemkot Malang pun menggelar rapat koordinasi dan evaluasi bersama Forum Koordinator Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam). Kali ini Kecamatan...

Malang Raya

Malang Post – Warga Kabupaten Malang menyambut antusias gelaran Vaksinasi Gotong Royong. Giat ini diselenggarakan IKA (Ikatan Keluarga Alumni) dan Keluarga Besar UB (Universitas Brawijaya),...

Pendidikan

Malang Post – Program akselerasi vaksinasi terus dilakukan pemerintah. Mulai dari tingkat pusat maupun di daerah. Tak ketinggalan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Ikut andil melakukan...

headline

Malang Post – Kementerian Agama Republik Indonesia menetapkan pemimpin baru beberapa institusi pendidikan di bawah naungannya. Salah satunya Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang...