Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olahraga

Persikoba Pastikan Ikut Liga 3, Andalkan Talenta Lokal

Pertandingan Persikoba Kota Batu pada event liga 3 tahun 2019. (Ist)

Malang Post – Pagelaran kompetisi Liga 3 Jawa Timur bakal dihelat akhir tahun 2021. Saat ini, Asprov PSSI Jatim telah memulai membuka proses pendaftaran. Rencananya, proses pendaftaran tersebut akan berakhir pada 20 Juni mendatang.

Ketua Askot PSSI Kota Batu, Punjul Santoso memastikan. Tim Persikoba Kota Batu bakal turut serta dalam event liga amatir tersebut. Oleh karena itu, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan sejumlah dokumen persyaratan sebagai kelengkapan proses pendaftaran.

Baca Juga ----------------------------

“Salah satu persyaratan yang sedang kami persiapkan adalah membuat desain jersey. Karena dalam proses pendaftaran itu, kami juga harus melampirkan desain jersey yang akan dipakai. Selain itu, kami juga tengah menyiapkan beberapa dokumen lainnya,” ujar Punjul kepada Malang Post, Selasa (8/6/2021).

Untuk target kompetisi liga 3 tahun ini, pihaknya tak memasang target tinggi. Lantaran, kualitas pemain yang digunakan pada kompetisi liga 3 tahun ini sedikit berbeda dengan ahun sebelumnya. “Untuk liga 3 tahun ini, kami memanfaatkan talenta lokal Kota Batu. Selama ini sudah kami persiapkan untuk pagelaran Porprov 2022,” jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya tak memasang target muluk-muluk. Namun target utama keikutsertaan Persikoba pada kompetisi liga 3 tahun ini adalah untuk memberikan jam terbang lebih kepada setiap pemain. Sehingga, secara otomatis kapasitas pada setiap pemain akan meningkat. Harapannya, mampu memberikan hasil maksimal saat mengikuti Porprov mendatang.

Baca Juga ----------------------------

“Berdasarkan keputusan, untuk pemain yang boleh mengikuti kompetisi amatir itu usianya dibatasi. Pemain yang boleh ikut merupakan pemain muda, maksimal kelahiran tahun 2000,“ ungkapnya.

Diketahui, pada liga 3 tahun 2019 lalu tim Persikoba Kota Batu berhasil lolos hingga babak 16 besar atau fase kedua. Sedangkan untuk liga 3, tahun ini pihaknya menargetkan mampu finis seperti tahun 2019 lalu dengan kualitas pemain asli Kota Batu.

“Pada kompetisi Liga 3 nanti, tim Persikoba bakal diarsiteki oleh Mashud Handoyo. Sebelumnya, dia merupakan arsitek dari tim Persikoba Junior,” ujarnya.

Lebih lanjut, mengenai informasi dan regulasi yang lebih detail, pihaknya masih menunggu Kongres PSSI Asprov Jatim tanggal 14 Juli 2021 mendatang serta Workshop liga 3. Sedangkan untuk persiapan Kompetisi liga 3 tahun 2022 mendatang pihaknya akan memaksimalkan sebaik mungkin dan mempersiapkan mulai saat ini.

Baca Juga ----------------------------

“Untuk persiapan liga 3 tahun 2022 nanti. Kami akan menggelar kompetisi internal Kota Batu dengan diikuti sekitar 30 tim. Melalui kompetisi itu, kami akan memantau bakat-bakat handal untuk memperkuat Persikoba tahun 2022 mendatang,” katanya. Rencananya pagelaran kompetisi tersebut, akan dilaksanakan sekitar bulan November atau Desember tahun 2021 ini.

Tak hanya event itu saja yang bakal digelar Asprov PSSI Kota Batu pada tahun ini. Pihaknya juga akan membuat kompetisi pada kelompok umur, yakni KU 13 dan KU 15. Dengan diikuti enam SSB yang telah terafiliasi di Asprov PSSI Jatim. Enam SSB itu diantaranya  adalah Angsa Putih, Persidapim, IKC, Bhineka Indonesia dan Elang Putih.

“Jawara dari event ini, bakal dijadikan wakil Kota Batu pada Piala Suratin di tingkat Provinsi,” ujarnya. Berkaca pada tahun 2019 lalu, yang berhak mewakili Kota Batu di Piala Suratin adalah SSB Elang Putih. Tim Elang Putih berhasil lolos hingga fase ke tiga, atau babak enam besar.

Tak berhenti di situ, pada tahun 2021 ini, untuk menyongsong dan mempersiapkan kerangka tim pada Piala Suratin tahun 2022 mendatang. Pihaknya juga akan menggelar kompetisi KU 16 antar desa/kelurahan se Kota Batu.

“Persikoba Junior akan kami persiapkan melalui kompetisi tersebut. Namun, karena jumlah anggaran yang kami miliki mepet, maka harus menunggu PAK terlebih dahulu,” tandasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Warga Kelurahan Cemorokandang, Kecamatan Kedungkandang Kota Malang menerima vaksinasi dosis 2, Jumat (21/1). Vaksinasi yang memakai vaksin Sinovac tersebut berlangsung di pendopo Kelurahan Cemorokandang,...

Dahlan Iskan

KETUA kelenteng se Indonesia meninggalkan kita: Orang kaya itu meninggal dunia: pemilik pabrik kertas PT Jaya Kertas. Saya mesong –melayat dalam bahasa daerah Hokkian–...

Wisata

Malang Post – Hotel THE 1O1 Malang OJ menghadirkan promo paket khusus untuk menyambut awal tahun bagi para tamunya. The 1O1 Malang OJ tak...

Malang Raya

Malang Post – Persit KCK Cabang XL Dim 0833 Rem 083 PD V Brawijaya melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) ke dua pondok pesantren Pertama, Ponpes...

Malang Raya

Malang Post – Kamis (20/1), vaksinasi anak sukses digelar di SDN Bandulan 4, Jalan Bandulan gang VIII, Kelurahan Bandulan, Kecamatan Sukun Kota Malang. Babinsa...

Malang Raya

Malang Post – Mencabuli dan setubuhi gadis di bawah umur, seorang guru tari diringkus Satreskrim Polresta Malang Kota. Hal itu sengaja dilakukan tersangka berinisial...

Malang Raya

Malangpost – Kodim 0833 Kota Malang sosialisasi soal jalur pendaftaran calon bintara AD lintas agama di sejumlah pondok pesantren. Hal ini karena TNI AD...

Malang Raya

Malangpost – Harga minyak belakangan ini semakin mahal saja. Beberapa hari terakhir, harga minyak goreng bahkan lebih dari Rp 20 ribu per liter. Sesuai...