Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Perwali TPP Masih di Pemprov, ASN Kota Batu Sabar Yaaa….

ASN Kota Batu menunggu TPP. (istimewa)

Malang-Post – Para ASN Pemkot Batu harus terus bersabar dan memperbanyak doa. Lantaran, Pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) sejak awal tahun lalu hingga saat ini masih belum ada yang cair setetes pun. Jika dihitung, sudah hampir lima bulan lamanya TPP itu belum cair. 

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Batu, M Chori menjelaskan, untuk pencairan TPP masih menunggu turunnya Perwali. Saat ini masih berada di Pemprov Jatim. Karena sesuai peraturan, sebelum Perwali diterapkan, harus difasilitasi terlebih dahulu oleh pihak provinsi. 

Baca Juga ----------------------------

“Setelah mendapat persetujuan dari Kemenpan-RB. Saat ini Perwali TPP sudah kami kirimkan ke Biro Hukum Provinsi Jatim. Disana akan dinilai, apakah Perwali itu sudah sesuai ketentuan atau belum,” jelas Chori kepada ameg.id, Selasa (25/5/2021).

Kata dia, pemberian TPP harus sesuai dengan sejumlah indikator. Salah satunya, pemberian TPP harus sesuai dengan kelas jabatan, indeks kinerja ASN, kapasitas pendapatan daerah dan sejumlah poin lainnya. 

“Setelah selesai di fasilitasi oleh biro hukum. Perwali akan disampaikan kepada badan keuangan. Proses selanjutnya, mereka akan memberikan catatan dan evaluasi kepada kami. Setelah itu, akan kami tindak lanjuti. Ketika sudah selesai, maka Perwali bisa ditetapkan dan digunakan sebagai dasar pembayaran TPP,” jelas Chori. 

Dia menegaskan, keberadaan Perwali sangat vital untuk pembayaran TPP. Maka dari itu, sebelum Perwali turun, pihaknya tak berarti ani melakukan pembayaran TPP meskipun saat ini dananya sudah tersedia dalam APBD Pemkot Batu tahun 2021.

“Untuk anggaran yang telah kami siapkan sebesar Rp 88 Miliar. Anggaran itu merupakan anggaran secara keseluruhan dalam satu tahun. Dengan asumsi pemberian TPP setiap bulannya sebesar Rp 7,3 miliar,” ungkapnya. 

Dia menjelaskan, sedikit terhambatnya pencairan TPP ini lantaran pihak provinsi, sebelumnya memprioritaskan fasilitasi Perwali THR Hari Raya terlebih dahulu.  Karena keberadaan Perwali THR sangat penting. Lantaran pencairan harus segera dilakukan sesuai dengan instruksi Presiden. 

“Di Jawa Timur ada 38 kota/kabupaten yang mengurus Perwali pemberian THR. Keberadaan Perwali itu sangat dibutuhkan  karena waktunya mepet. Agar bisa segera menyelesaikan kebijakan pemberian THR,”  katanya. 

Sehingga, untuk Perwali pemberian TPP harus dipending terlebih dahulu. Dan akan dilanjutkan setelah lebaran. Sementara itu, berdasarkan informasi yang dia dapat. Keberadaan Perwali, saat ini sudah ada di Sekda Provinsi Jawa Timur dan tinggal di tandatangani. 

“Mungkin untuk Perwali pemberian TPP jika tak ada hambatan bisa selesai pada akhir bulan Mei ini. Sehingga untuk pencairan nya bisa dilaksanakan sekitar bulan Juni. Namun dengan catatan semau berjalan lancar tanpa hambatan,” ujar dia. 

Disisi lain, dirinya juga menjelaskan untuk pencairan  TPP berbeda dengan pencairan gaji. Untuk pemberian gaji telah dibayarkan di depan. Sehingga sebelum para ASN bekerja mereka sudah menerima gaji. Sedangkan untuk pemberian TPP, dilakukan dibelakang setelah mereka bekerja. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post– Jabatan dan nama Kasat Pol PP Kota Batu, M Nur Adhim, dimanfaatkan untuk meminta dana ke pengembang di Kota Batu. Kasus ini...

Malang Raya

Malang Pos – Menyambut HUT ke 75 Bhayangkara  pada 1 Juli mendatang, Induk Koperasi Kepolisian Republik Indonesia (Inkoppol) bersama Kapusdokkes Polri dan Karumkit Polda...

News

Malang Post – Satgas Covid-19 Kecamatan Sumbermanjing Wetan bersama sejumlah relawan mendirikan dapur umum. Untuk memenuhi kebutuhan makan warga Dusun Rowoterate Desa Sitiarjo selama...

Malang Raya

Malang Post – Dusun Rowoterate, Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang dinyatakan zona merah Covid-19. Pasalnya, 5 warganya, teridentifikasi positif Covid-19 pada Sabtu...

News

Malang Post – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kecamatan Sumbermanjing Wetan benar-benar membatasi akses keluar masuk Dusun Rowoterate Desa Sitiarjo, sejak Minggu (20/6/2021). Langkah ini...

Malang Raya

Malang-Post – Pemerintah terus kebut vaksinasi Covid-19 untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity).  Kali ini warga RW 03 Kelurahan Sumbersari menjalani vaksinasi Covid-19 pada...

Pendidikan

Malang-Post – Selain pendidikan, pengajaran dan penelitian, pengabdian pada masyarakat juga bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi. Itu juga dilaksanakan  tim dosen Universitas Muhammadiyah...

Malang Raya

Malang-Post – Empat bakal calon Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Batu harus bersaing keras memperebutkan posisi puncak. Sebelum melakukan uji kompetensi...