Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Vaksin Aman untuk Penyandang Disabilitas

TALK SHOW: Dialog produktif bertema: Vaksinasi Inklusif untuk Disabilitas, yang diselenggarakan KPCPEN.( Foto: KPC PEN)

AMEG – Penyandang disabilitas yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta, telah menjalani vaksinasi Covid-19 di Istora Senayan. Pemberian vaksin Covid-19 terhadap penyandang disabilitas ini, telah sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Terhadap kelompok disabilitas agar tidak tertinggal dari jangkauan pemerintah.

‘’Harapannya kelompok disabilitas ini, bisa merasakan program pemerintah. Mungkin banyak yang belum merasakan program pemerintah karena akses informasinya yang terbatas,’’ ujar Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden, Kamis (8/4/21).

Baca Juga ----------------------------

‘’Itulah mengapa kita buat Gerakan Indonesia Bisa. Agar kelompok rentan ini bisa mengakses informasi, fasilitas, kesehatan, dan banyak hal, salah satunya bisa mendapatkan vaksinasi,’’ terang Angkie lebih lanjut lagi.

Budi Prasodjo, Kepala Sekolah SLB/G Yayasan Dwituna Rawinala, menyampaikan hal yang sama dengan Angkie. Penyandang disabilitas perlu mendapat akses yang sama.

‘’Sampai saat ini, Alhamdulillah akses informasi dari berbagai kementerian selalu terinformasikan kepada kami. Khususnya untuk vaksinasi disabilitas. Justru kami mendapatkan informasi terlebih dahulu, sehingga kami juga yang menginformasikan ke beberapa SLB lainnya,’’ jelas Budi.

Tidak hanya informasi, kemudahan fasilitas pun diberikan kepada penyandang disabilitas, untuk menjangkau lokasi vaksinasi Covid-19.

‘’Pemerintah dalam hal ini Dishub, juga memfasilitasi kami ke Senayan secara gratis untuk menerima vaksinasi,’’ terangnya.

Hebatnya, tidak hanya bagi dirinya sendiri, Jaka Ahmad, Komedian Penyandang Disabilitas juga berhasil memberikan informasi yang benar kepada kedua orang tuanya mengenai vaksinasi Covid-19 ini.

‘’Saya memang harus menjadi penengah kepada orang tua saya, mengenai informasi yang masuk seputar vaksinasi Covid-19, sehingga saya bisa memberikan informasi yang cukup valid kepada orang tua saya. Saya berkeyakinan, kita punya tanggung jawab tidak hanya kepada orang tua tapi juga lingkungan di sekitar kita untuk memberikan informasi yang valid, apalagi kita mampu mensosialisasikan informasi yang benar,’’ terang Jaka.

Selama proses vaksinasi penyandang disabilitas perlu didampingi, namun begitu hingga sekarang vaksinasi Covid-19 bagi mereka berlangsung aman.

‘’Sejauh ini vaksinasi Covid-19 aman untuk penyandang disabilitas. Tapi untuk KIPI normal seperti ngantuk, lapar, itu terjadi tapi tidak ada berlebihan,’’ terang Angkie.

‘’Senangnya adalah, semua berterimakasih untuk diberikan kesempatan untuk vaksinasi Covid-19 bagi penyandang disabilitas ini. Mengingat akses informasi sangat terbatas, dari orang tua penyandang disabilitas, kepala sekolah, semua senang sekali,’’ tutup Angkie. (avi)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya, membuka donasi bagi korban erupsi gunung Semeru. Ketua PWI Malang Raya, Cahyono mengatakan, open donasi...

Malang Raya

Malang Post – Vaksinasi di Kota Malang menyasar warga dari berbagai lapisan umur, mulai dari remaja sampai lansia. Contohnya, vaksinasi di Kelurahan Tanjungrejo oleh...

Olahraga

Malang Post — Kompetisi MS Glow For Men Liga 3 Zona Jatim 2021 sudah masuk fase 16 Besar. Sebanyak 16 klub lolos dari fase 32...

News

Malang Post — Seorang sopir rentalan ditemukan tewas, Minggu (5/12/2021) sore, di hutan Balekambang. Sekitar pukul 18.25 WIB, ambulan Sibat Gedangan tiba di halaman ruang...

headline

Kondisi jembatan Gladak Perak setelah diterjang lahar dingin Semeru. (istimewa) Malang Post —  Malang Post – Terang benderang siang itu mendadak gelap gulita seperti malam....

Pendidikan

Malang Post — Jurusan Ekonomi Pembangunan FE Universitas Negeri Malang menggelar Seminar Nasional bertajuk Inovasi Pembelajaran Digital, Selasa (16/11/2021). Dilakukan daring melalui platform Zoom dan terhubung dengan...

Pendidikan

Malang Post — Tax Center Universitas Negeri Malang (UM) telah menyelenggarakan event Workshop Sosialisasi Perpajakan Pada Guru SMA dan SMK di Kota Malang. Pelaksanaan kali...

Malang Raya

Malang Post – Puluhan mahasiswa Universitas Tribuana Tunggadewi dari Fakultas Administrasi Publik melaksanakan kerja bakti, Minggu (5/12). Mereka kerja bakti bersama Babinsa-Bhabinkamtibmas Tlogomas, di...