Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

FKUB Kota Malang Kutuk Keras Bom Bunuh Diri

Malang – FKUB kota Malang melakukan kunjungan ke keuskupan  Malang yang berlokasi di Jl Guntur kota Malang, Rabu ( 31/3/2021)

Dalam kunjungan tersebut   tersebut, selain untuk bersilaturrahmi  FKUB menyampaikan bela sungkawa yang mendalam atas terjadinya bom bunuh diri yang terjadi Makasar  pada 28  Maret 2021.

Baca Juga ----------------------------

Ketua FKUB kota Malang, KH Ahmad Taufik Kusuma  menyampaikan,”Kami ke sini selain untuk bersilaturrahmi juga mau menyampaikan sikap.”

Taufik menegaskan,  FKUB mengutuk keras atas tindakan biadab  tersebut. “Negara kita ini kan berdasarkan Pancasila yang dalam pelaksanaannya diatur oleh UUD 45. Di sana ada bhiineka tunggal ika. Untuk itu NKRI harus kita jaga bersama”, tegasnya.

Kepala Bakesbangpol kota Malang, Dra. Rinawati MM turut hadir bersama jajarannya. Mengapresiasi FKUB yang telah cepat tanggap bertindak untuk menciptakan suasana yang damai dan tenang di Kota Malang dengan  membangun komunikasi yang kuat antar agama. 

Menurutnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak faham terkait kebhinekaan. Untuk itu Rina  berpesan, agar  Uskup sebagai  pemimpin umat  Katolik  memberi informasi-informasi yang menenangkan dan menyejukkan. Informasi – informasi yang berseliweran di media sosial yang cenderung meresahkan dan menakut nakuti masyarakat, hendaknya tidak diteruskan dan tidak diperpanjang. 

“Jangan terpancing dengan medsos”, tandasnya.

Sementara itu Uskup Malang, Mgr Henrious Gunawan O Carm, mengucapkan terimakasih atas perhatian dari semua umat yang diwakili FKUB Kota Malang .

“Atas nama  uskup Makasar saya ucapkan banyak terimakasih. Saya yakin FKUB Kota Malang solid, kepolisian solid, saya yakin kita semua solid..Kami tidak pernah mengatakan tindakan bom bunuh diri itu tindakan agama. Kami semua tahu bahwa itu adalah oknum,” ujarnya.

Selain Ketua dan anggota FKUB, Kepala Bakesbangpol Kota Malang beserta jajarannya, perwakilan dari  kepolisian Novianto dan perwakilan dari  Kodim Budi diterima dengan ramah dan penuh kekeluargaan di ruang tamu keuskupan.

Kunjungan tersebut diakhiri dengan pembacaan pernyataan sikap oleh  ketua FKUB dan diikuti oleh semua anggota dari perwakilan enam agama di depan Gereja Katedral St Perawan Maria Gunung Karmel (Katedral Ijen) 

Berikut  isi pernyataan Sikap FKUB kota Malang: Pernyataan Sikap Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Malang Atas Insiden Bom Bunuh Diri di depan Gereja Katedral Makassar.

1. Mengutuk keras terjadinya terjadinya bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar  pada 28 Maret 2021.

2. Ikut  berduka cita pada semua yang menjadi korban atas insiden tersebut.

3.Bahwa insiden tersebut tidak terkait dengan ajaran agama tertentu, karena semua agama melarang adanya kekerasan terhadap sesama .

4. Agar pihak Kepolisian  Republik Indonesia  mengusut tuntas insiden tersebut, termasuk menindak aktor intelektual , sehingga kejadian serupa tidak terulang lagi.

5. Forum Kerukunan Umat Beragama  ( FKUB) kota Malang bersama komponen bangsa yang lain akan terus menjaga kondusifitas  kota Malang .

6. Mengajak kepada seluruh komponen bangsa Indonesia untuk terus menjalin kerukunan , menebarkan kedamaian  kepada sesama, saling mengasihi , saling menghargai perbedaan demi terwujudnya  Indonesia yang rukun , damai , sejahtera dan adil dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia .

Pernyataan sikap dibaca oleh ketua FKUB diikuti semua anggota dan disaksikan oleh Monsenyur sebutan Uskup. (fkub/yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Vaksinasi covid-19 menjadi program utama di akhir tahun 2021 di Kota Malang. Sasaran vaksinasi saat ini yaitu warga lanjut usia di...

Malang Raya

Malang Post – Kamis malam (2/12), tim gabungan Polsek dan Koramil Kedungkandang dan kecamatan, menyisir sejumlah wilayah untuk penegakan prokes. Anggota Koramil Kedungkandang, hadir...

Wisata

Malang Post — Pariwisata kota Malang dan sekitarnya mulai mengeliat kembali pasca kelonggaran PPKM oleh pemerintah. Akhir tahun 2021 Atria Hotel Malang melaunching promo Food...

News

Malang Post – Musibah menimpa warga Pakis selepas takjiah dan melaju kencang untuk berangkat kerja, Kamis (2/12/2021) pagi di Jalan Raya Ampeldento, Kecamatan Pakis,...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan  Guru Taman Kanak-kanak (IGTKI) Persatuan Guru Republik Indonesia menggelar tasyakuran dalam memperingati Hari Guru ke-76. Melalui zoom meeting dengan Bupati Malang...

Pendidikan

Malang Post — Tingkat potensi bencana yang dimiliki Indonesia cukup tinggi. Melihat hal itu, Laboratorium Psikologi Terapan (LPT) Psikososial Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melangsungkan pelatihan...

News

Malang Post — Warga Kota Malang dihebohkan dengan viralnya postingan curhat di media sosial (Facebook) yang menimpa seorang lelaki. Ia mengaku telah mengalami kebutaan pasca...

headline

Malang Post — Bantuan ke Joko Santoso (38) warga Jl Burung Gereja No. 1A, RT 02 RW 02, Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, mulai...