Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ekobis

UMKM Jatim, Momentum Kebangkitan

BATIK: Gubernur Khofifah resmi membuka pameran batik, bordir dan aksesoris ke-16 tahun 2021, di Grand City, Surabaya.( Foto: Humas Pemprov Jatim)

Surabaya – Pameran batik, bordir dan aksesoris ke-16 tahun 2021, dibuka Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Grand City, Surabaya, Rabu (24/3). Pameran ini digelar bersamaan dengan tasyakuran HUT Dekranasda ke-41. Menariknya, selain pameran offline, masyarakat juga bisa membeli produk online melalui website www.batikbordirfair.com.

Gubernur Khofifah menyampaikan, geliat para pengrajin serta pemilik UMKM di era pandemi Covid-19 menjadi momentum bangkitnya UMKM di Jatim. Begitu juga dengan tagline ‘Bangga Buatan Indonesia’ harus melekat sebagai penggerak ekonomi Jatim dan nasional.

Baca Juga ----------------------------

“Bangga Buatan Indonesia merupakan  gerakan nasional. Kalau kita lihat, stand yang ada disini adalah industri kreatif. Hal ini diharapkan bisa menjadi kebangkitan ekonomi bagi UMKM di Jawa Timur,” kata Gubernur Khofifah seperti termuat dalam Pers Rilis Humas Pemprov Jatim, Kamis (25/3).

Khofifah menyebut, UMKM Jatim terbukti menjadi tulang punggung  ekonomi dengan mencatat 56,94 persen kontribusi terhadap PDRB Jatim tahun 2019. “Maka secara bertahap inisasi expo-expo seperti ini akan membuka ruang, bukan hanya bagi yang datang disini tapi juga bagi yang melihat secara online. Makanya, ayo klik www.batikbordirfair.com  agar expo ini  bisa menembus pasar lebih luas,” katanya.

Selain itu, Khofifah menjelaskan, dengan adanya gelaran tersebut bisa membuat target pasar pelaku UMKM serta pengrajin menjadi tanpa batas atau borderless. Mengingat revolusi industri 4.0 sudah menjadi nadi bagi para pelaku bisnis industri kreatif.

“Kami mendorong untuk teman-teman yang hadir di sini sekarang, sama-sama kita sebarkan kegiatan ini agar pasar kita bisa menjadi lebih luas. Tentunya terima kasih atas komitmen Dekranasda serta seluruh pihak yang berkenan mengisi tenan ini semoga bisa tercapai target kita bersama,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Khofifah berkesempatan melakukan canting batik dari tinta tanaman mangrove yang kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng.

Ketua Dekranasda Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak mengatakan, pameran batik, bordir dan aksesoris ini merupakan cerminan dari rasa nasionalisme. Utamanya bagi masyarakat Jatim yang memiliki kebanggaan terhadap produk kerajinan karya anak bangsa, serta bersedia untuk mencintai, membeli dan menggunakan produk dalam negeri guna mewujudkan kedaulatan ekonomi.

Masih menurut Arumi, Jatim patut berbangga karena memiliki 38 jenis aneka ragam adat istiadat dan seni budaya yang khas. Hal itu merupakan sumber untuk tumbuh dan berkembangnya kreatifitas. Salah satunya yakni cabang seni budaya yang tumbuh dan berkembang secara kreatif dan dinamis soal seni kriya atau seni kerajinan.

Selain dapat memperkuat citra dan identitas daerah, produk kerajinan ini dalam perjalanannya juga telah berperan secara nyata dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas. Utamanya sesuai yang diamanatkan oleh Nawa Bhakti Satya, yaitu Jatim Berkah.

“Semoga dengan adanya pameran ini, maka produk batik, bordir, tenun dan aksesoris Jawa Timur akan semakin eksis, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional,” harap istri Wagub Jatim tersebut. (azt/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Dahlan Iskan

SI CANTIK 5 ”i” kemarin minta saran saya: apakah perlu mengadukan Heryanti ke polisi. Saya pun menjawab: urusan Anda dengan Heryanti itu sebenarnya sepenuhnya...

headline

Malang Post – Walikota Malang, H Sutiaji didampingi Sekda Kota Malang, Erik Setyo Santoso dan Kepala Dinkes, dr Husnul Muarif, Selasa (3/8/2021) menerima kunjungan Satgas...

Nasional

Malang Post – AlfaCorp, menyiapkan gedung isolasi pasien Covid-19. Lokasinya di UBM Housing Jl Lodan Raya no. 2 Jakarta Utara. Diresmikan Selasa (3/8/2021) pagi ini....

Pendidikan

Malang Post – Berbagai inovasi terkait pencegahan sebaran pendemi Covid dilakukan. Kali datang dari tim mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Tercipta layanan uang elektronik. Diberi...

Pendidikan

Malang Post – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) menggelar yudisium dan pengucapan janji dokter muda. Diikuti 102 mahasiswa Fakultas Kedokteran...

Kriminal

Malang Post – Terkait kasus Rp 1,25 miliar. Wiwit Tuhu Prasetyanto, kuasa hukum AF alias Pipin (34) menyebutkan. Ada dua orang lain yang turut menerima...

Dahlan Iskan

TIGA jam setelah dinyatakan sebagai tersangka, Heryanti masih menghubungi Si Cantik Disway. Masih juga menegaskan uang Rp 2 triliun itu ada. “Ibu, duitnya tuh ada....

Pendidikan

Malang Post – Kolaborasi perguruan tinggi dan Pemprov Jatim penting dilakukan. Sebagai langkah penanganan Covid-19 dan percepatan vaksin. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Senin (2/8/2021)...