Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Prioritas Vaksinasi Atlet untuk Kompetisi

ATLET: Dialog Produktif dengan tema Bangkitkan Semangat Atlet Melalui Vaksinasi, yang diselenggarakan KPCPEN. (Foto: KPCPEN)

Jakarta – Kalangan atlet, mendapatkan prioritas vaksinasi Covid-19, untuk tahap kedua. Pada 26 Februari kemarin, atlet, pelatih dan tenaga pendukungnya, telah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama. Dilanjutkan pemberian dosis kedua pada 13 Maret lalu.

‘’Pada vaksin tahap kedua ini, termasuk juga memprioritaskan para atlet dan tenaga pendukungnya. Dalam persiapan menghadapi kompetisi nasional maupun internasional yang membawa nama harum bagi bangsa,’’ terang dr. Riskiyana Sukhandi Putra, M.Kes, Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes.

Baca Juga ----------------------------

Dalam kesempatan yang sama, Gatot S. Dewa Broto, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga juga mengatakan, atlet punya kontribusi yang sangat besar bagi bangsa dan negara.

‘’Mengutip Wakil Presiden, bendera dan lagu kebangsaan, bisa didengarkan di luar negeri pada dua kesempatan. Pertama pada saat kepala pemerintahan berkunjung ke negara lain, yang kedua adalah saat atlet berlaga di luar negeri dan memenangkan kejuaraan. Atas dasar itulah, atlet diberi prioritas mendapatkan vaksinasi,’’ terangnya.

Pada pemberian vaksinasi dosis pertama, ada 821 atlet dan tenaga pendukung yang sudah mendapatkan vaksinasi di Istora Senayan. Atlet yang mengikuti program vaksinasi ini, tidak hanya atlet nasional. Juga kepada atlet-atlet di daerah.

‘’Vaksin ini banyak ditunggu, khususnya bagi masyarakat olahraga. Kita ketahui pada tanggal 20 Oktober sampai 4 November 2021, kita akan melaksanakan PON ke 20 di Papua. Baru saja kita rapat bersama 34 KONI Provinsi di seluruh Indonesia dan meminta seluruh atlet dan tenaga pendukung, bisa divaksin segera,’’ tutur Doedie Gambiro, MBA, Ketua BINPRES KONI Pusat.

Dalam rangka PON ke 20 nantinya, hampir 7.000 atlet yang berlaga. Apabila dihitung dengan official mereka, maka akan ada 10.000 kontingen yang akan berangkat ke Papua, Oktober mendatang.

Dalam rapat terbatas bersama Menteri Pemuda dan Olahraga, Presiden Indonesia juga telah mengarahkan, untuk mempersiapkan penyelenggaraan PON 2021.

‘’Bapak Presiden menyatakan, para atlet wajib divaksin secepat mungkin. Begitu juga masyarakat sekitar venue pertandingan olahraga juga akan divaksinasi,’’ tutur Gatot Broto.

‘’Pertandingan dalam olahraga yang menentukan kemenangan, juga ada faktor psikologis. Sehingga vaksinasi memberikan rasa nyaman. Sehingga prestasi mereka bisa keluar secara maksimal. Ini membuat percaya diri para atlet bertambah besar,’’ tambah Doedie Gambiro.

PON ke 20 di Papua nantinya, akan menjadi ajang pembuktian bagi Indonesia. Dengan jumlah 10 ribu atlet dan pendukungnya, kesempatan ini akan memperlihatkan bagaimana Indonesia bisa mengendalikan Covid-19 melalui protokol kesehatan yang ketat.

‘’Ini justru bukan hambatan bagi kami tapi tantangan yang menarik, karena kami ingin menunjukkan PON di Papua bisa berlangsung sukses di walau dalam kondisi pandemi,’’ terang Doedie Gambiro.

‘’Di mata internasional, Indonesia dinilai sudah bagus dalam memprioritaskan vaksinasi kepada atlet. Pengaruh vaksinasi atlet ini sangat besar sekali,’’ tutup Gatot Broto. (*rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Dahlan Iskan

KALI ini yang mendapat giliran meninggal karena Covid adalah ulama perempuan: Prof Dr Huzaemah Tahido Yanggo, 71 tahun (lahir 30 Desember 1949 di Palu)....

headline

Malang Post – Program Studi Doktor (S3) Ekonomi Syariah Univesitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) membuka pendaftaran mahasiswa baru gelombang II pada 1 Juli...

Malang Raya

Malang Post – Zahidhan Syahrul Syofiudin (18) salah satu anak dari buruh tani serabutan. Berhasil lolos seleksi Bintara Polri tahun 2021, Kamis (22/7/2021) malam. Ini membuat bangga sekaligus mengangkat nama...

Pendidikan

Malang Post – Lima mahasiswa Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) terinspirasi membuat body lotion yang mampu mencegah Covid-19. Indri Dwi...

Ekobis

Malang Post – PT Sekar Bumi Tbk, membukukan penjualan Rp 3,1 triliun tahun 2020. Naik 50 persen dari tahun sebelumnya. Keberhasilan emiten dengan kode perdagangan SKBM...

Dahlan Iskan

IA ada di dalam, tapi tidak sampai menjadi orang dalam. Itulah Sarwono Kusumaatmadja. Yang 24 Juli besok berulang tahun Ke-77. Saya baru selesai membaca...

Arema

Malang Post – Publik sepak bola nasional belum lama dikejutkan dengan dipecatnya dua pemain, yang belasan tahun menjadi ikon Persipura Jayapura. Striker Boaz Theofilius Erwin...

Arema

Malang Post – Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana, masih belum bisa bernafas lega. Jelang sebulan ke depan kick off kompetisi Liga 1 2021/2022 bakal digulirkan. Lantaran...