Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

AstraZeneca Disuntikkan untuk Kiai

DI SIDOARJO: Presiden Joko Widodo saat menyaksikan vaksinasi massal untuk para Kiai di Provinsi Jawa Timur. (Foto: Kementerian Kesehatan)

Surabaya – Vaksin Covid-19 produksi AstraZeneca, mulai digunakan dalam program vaksinasi nasional. Suntikan perdana dilakukan salah satunya kepada Ketua MUI Jawa Timur, KH Hasan Mutawakkil.

‘’Saya divaksin AstraZeneca. Ayo seluruh umat Islam jangan ragu-ragu. Vaksinasi hukumnya wajib,’’ kata KH. Hasan, usai vaksinasi, Senin (22/3).

Baca Juga ----------------------------

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, mendampingi Presiden RI Joko Widodo, menyaksikan  langsung penyuntikan perdana di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi ingin memastikan antusias dari masyarakat besar. Dalam ikut program vaksinasi. Serta memastikan kesiapan, baik dari pemerintah kabupaten, rumah sakit, maupun Puskesmas yang ada. Sehingga ke depan vaksinasi nasional di semua wilayah, berjalan dengan baik dan lancar.

Jokowi sebelumnya mengatakan, dirinya sudah bertemu dengan MUI Jawa Timur dan para Kiai di Provinsi Jawa Timur, mengenai vaksin AstraZeneca.

‘’Jawa Timur siap diberi vaksin AstraZeneca dan segera akan digunakan di pondok pesantren – pondok pesantren yang ada di Jawa Timur. Itu patut kita apresiasi,’’ katanya.

KH. Hasan Mutawakkil mengatakan, presiden telah bertemu dengan Kiai sepuh. Presiden langsung mendengarkan pendapat dan respon dari para Romo Kiai dan para pengasuh pondok pesantren terkait vaksinasi.

‘’Memang seharusnya (vaksin AstraZeneca) dimanfaatkan program vaksinasi pemerintah karena tujuannya tidak lain untuk menjaga jiwa dan keselamatan rakyat. Tidak ada pemerintah yang akan mencelakakan rakyatnya sendiri,’’ ucapnya.

Ada beberapa lokasi vaksinasi yang dipersiapkan di Kabupaten Sidoarjo. Antara lain Pendopo Kabupaten Sidoarjo, RSUD Sidoarjo, 18 puskesmas dan 10 rumah sakit swasta rujukan Covid-19.

Sementara itu, pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Jombang selain bertempat di Pendopo Kabupaten Jombang, juga akan serentak dilaksanakan di seluruh Puskesmas di Kab Jombang.

Jumlah peserta di Pendopo Kabupaten Jombang sebanyak 150 orang. Terdiri dari Kiai dari Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas, PP Mambaul Ma’arif Denanyar, PP Salafiyah Safiiyah Tebuireng, dan PP Darul Ulum Rejoso.

Terdapat empat tim vaksinasi yang berasal dari RSUD Jombang 1 tim, RSUD Ploso 1 tim, Puskesmas Tambakrejo 1 tim, dan Puskesmas Pulo Lor 1 tim, Vaksin, alat suntik, safety box dan vaccine carrier disiapkan oleh Dinkes Kab Jombang. Mini ICU disiapkan untuk mengantisipasi terjadinya KIPI. (rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Vaksinasi di Kota Malang menyasar warga dari berbagai lapisan umur, mulai dari remaja sampai lansia. Contohnya, vaksinasi di Kelurahan Tanjungrejo oleh...

Malang Raya

Malang Post – Vaksinasi covid-19 menjadi program utama di akhir tahun 2021 di Kota Malang. Sasaran vaksinasi saat ini yaitu warga lanjut usia di...

News

Malang Post — Warga Kota Malang dihebohkan dengan viralnya postingan curhat di media sosial (Facebook) yang menimpa seorang lelaki. Ia mengaku telah mengalami kebutaan pasca...

Malang Raya

Malang Post – Puluhan warga lanjut usia (lansia) Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing Kota Malang menjalani vaksinasi. Babinsa Pandanwangi, Pelda Slamet Wahyudi mengabarkan, perangkat kelurahan...

Malang Raya

Malang Post – Babinsa di Kota Malang mengawal percepatan vaksinasi lansia mendekati akhir tahun 2021Contohnya, Babinsa 0833/03 Koramil Blimbing Serda Dasi dan Serda Nurhasan,...

Malang Raya

Malang Post – Senin (29/11), tim gabungan mendatangi kawasan RW 05 Kelurahan Mulyorejo Sukun Kota Malang. Di sana, nakes dan Babinsa Mulyorejo mendatangi sekitar...

Malang Raya

Malang Post – Relawan Kelurahan Karangbesuki, Kecamatan Sukun mendapatkan pelatihan penanganan covid-19, Jumat malam (26/11). Pelatihan itu terlaksana di gedung serba guna RW 07...

Malang Raya

Malang Post – Tim penanganan covid-19 Kota Malang berupaya memudahkan akses vaksin terhadap warga senior. Karena itu, gabungan nakes, TNI dan Polri di Kota...