Connect with us

Hi, what are you looking for?

Arema

Jadi Main di Solo, Hanya 229 Orang di Stadion

TANPA SUPORTER: Aremania saat menyaksikan laga Arema di Stadion Kanjuruhan. Untuk Piala Menpora nanti, tidak boleh ada suporter yang menyaksikan langsung di stadion maupun nonton bareng. (DI’s Way Malang Post)

Malang – JUARA bertahan Arema FC, tergabung dalam Grup A. Di Stadion Manahan, Solo, dalam babak penyisihan Piala Menpora 2021. Mulai digelar Minggu (21/3) mendatang. Tim Singo Edan, masuk grup relatif keras. Bersama PSIS Semarang, Persipura Jayapura, TIRA-Persikabo dan Barito Putera. Dalam even yang bakal menerapkan protokol kesehatan super ketat, di masa pandemi Covid-19.  

Sesi drawing fase grup Piala Menpora 2021 sendiri, digelar di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (8/3) malam lalu. Dipimpin Ketua Organizing Committee (OC), Akhmad Hadian Lukita.

Baca Juga ----------------------------

Menariknya dalam even berhadiah total Rp4,650 miliar tersebut, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), memisahkan empat klub yang memiliki tradisi rivalitas tinggi dan punya basis supporter terbesar di empat grup berbeda. Arema FC di Grup A, Persija Jakarta di Grup B, Persebaya Surabaya di Grup C dan Persib Bandung di Grup D.

‘’Pemisahan empat tim dengan rivalitas tinggi dan memiliki basis supporter terbesar, bukan tanpa alasan. Ini sebelumnya merupakan keputusan yang diambil setelah ada masukan dari Mabes Polri. Seluruh peserta, dibagi ke dalam empat grup. Dua tim teratas masing-masing grup, akan lolos ke babak perempat final,’’ jelas Akhmad Hadian Lukita, kepada DI’s Way-Malang Post via pesan whatsapp-nya.

Grup A bermain di Stadion Manahan, sepertinya akan kekurangan peserta. Persipura Jayapura, menjadi  satu-satunya tim yang hingga hari ini, tak kunjung memberikan konfirmasi. Apakah akan ikut serta atau sebaliknya.

‘’Kami memang belum memberikan respons, untuk ikut serta dalam turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Bahkan belum mengagendakan, kapan tim mulai dikumpulkan untuk latihan. Kami masih dalam proses finishing kerjasama dengan pihak sponsor. Baru PT Freeport Indonesia yang sudah ada kepastian mendukung tim di kompetisi. Menurut kami, pelaksanaan turnamen itu terlalu mepet sekali,’’ ungkap Sekretaris Umum Persipura Jayapura, Rocky Bebena, lewat pesan whatsapp-nya.

Grup B dimainkan di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang. Dengan empat tim peserrta. Persija Jakarta, PSM Makassar, Bhayangkara-Solo FC dan Borneo FC. Sedangkan PSS Sleman yang masuk Grup C, dikeroyok empat tim asal Jawa Timur. Madura United, Persebaya Surabaya, Persela Lamongan dan Persik Kediri. Bermain di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

Sementara Grup D, memainkan seluruh pertandingan babak penyisihannya di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Empat tim tergabung di grup ini, juara Liga 1 2019 Bali United, Persib Bandung dan dua tim promosi Liga 1 2020, Persita Tangerang serta Persiraja Banda Aceh.

‘’Bagi Arema FC, bermain dengan siapapun dan di manapun akan tetap siap. Empat klub lainnya di Grup A, adalah klub yang luar biasa. Semua tim pasti akan nenampilkan pertandingan berkualitas. Juga menarik animo pecinta sepak bola. Meskipun harus mendukung dari rumah. Soal Persipura, tim ini mempunyai pengalaman hebat dan selalu kompak. Kami optimis Persipura tetap akan ikut dalam turnamen ini,’’ tegas Media Officer Arema FC, Sudarmaji.

PT LIB menggariskan regulasi untuk semua tim peserta, setiap klub boleh mendaftarkan 30 pemain. Tapi tidak mewajibkan membawa seluruh pemain ke stadion. Dari 30 pemain, klub wajib mendaftarkan tiga penjaga gawang.

Pendaftaran pemain dimulai pada 9 Maret, hingga H-1 kick-off pertandingan pertama masing-masing grup. Mengenai pemain asing, setiap klub diizinkan mendaftarkan empat pemain asing. Salah satu diantaranya berasal dari Asia (AFC).

Terkait ofisial tim, setiap klub hanya bisa mendaftarkan maksimal 10 ofisial. Delapan orang yang diizinkan duduk di bangku cadangan.

Piala Menpora 2021 kali ini, juga tak mengubah regulasi pertandingan. Setiap pertandingan digelar 90 menit dengan menambahkan cooling break, pada menit ke-30 dan 75, yang berdurasi tiga menit dan akan ditambahkan pada waktu tambahan di setiap akhir babak.

‘’Hanya ada sedikit perubahan terjadi dalam skema pergantian pemain. Jika biasanya bisa mengganti maksimal tiga pemain, dalam Piala Menpora 2021, diizinkan mengganti maksimal enam pemain dalam tiga kali kesempatan. Misalnya, tim A bisa mengganti enam pemain dalam skema dua pemain masing-masing pada menit ke-20, ke-50 dan menit ke-80. Atau menggunakan skema mengganti tiga pemain pada menit ke-20, dua pemain pada menit ke-50, dan satu pemain pada menit ke-80,’’ imbuh Akhmad Hadian Lukita.

Begitu juga terdapat tambahan jatah pergantian pemain, saat memasuki babak perempat final. Ketika pertandingan imbang hingga 90 menit, maka pada babak tambahan, setiap tim diizinkan menambah satu pergantian pemain. Lalu, jika klub belum menggunakan seluruh pergantian pemainnya pada babak normal, maka pada babak tambahan, akan ada penambahan jumlah pergantian pemain.

Meski hanya turnamen pramusim, Piala Menpora 2021 memberikan total hadiah Rp4,650 miliar dan match fee relatif besar. Juara meraih Rp2 miliar, runner up Rp1 miliar dan peringkat ketiga Rp750 juta, serta peringkat keempat Rp500 juta.

Pemain terbaik, pencetak gol terbanyak dan tim fair play, masing-masing memperoleh hadiah Rp100 juta. Untuk pemain muda terbaik dan wasit terbaik, mendapat bonus uang Rp50 juta.

Begitu pula untuk match fee selama babak penyisihan grup dan perempatfinal. Klub yang menang per laga  mendapat Rp150 juta, klub yang seri per laga Rp 125 juta dan klub yang kalah per laga Rp100 juta.

Piala Menpora 2021, juga menjadi tolak ukur keberhasilan protokol kesehatan. Yang menjadi penentuan apakah Mabes Polri, akan memberikan atau tidaknya izin keramaian untuk kompetisi LIga 1 2021 nantinya.

Selain diselenggarakan tanpa penonton, PT LIB juga membatasi jumlah orang yang berada di stadion. Yakni 299 orang dan terbagi ke dalam empat zona. Zona pertama adalah zona yang paling dekat dengan lapangan. Diisi oleh 107 orang, termasuk anak gawang, pemain, dan kru televisi.

Zona dua, yang berada di ruang ganti pemain, hanya diisi oleh dua orang, yakni security. Untuk zona ketiga, hanya diisi oleh 113 orang dan berada di area tribun dan media. Untuk zona keempat, diisi oleh 77 orang yang berada di lingkar luar stadion. Seluruh pihak yang berada di dalam area stadion, harus menunjukkan surat bebas Covid-19, termasuk media.

Panitia pertandingan, juga melakukan rapid tes Antigen/Genose H-1 pada saat Official Training dan pukul 09.00 WIB pada hari pertandingan. Hasil tes, akan menjadi syarat masuk ke dalam stadion.

Semua pihak yang masuk ke dalam stadion, juga harus memiliki suhu tubuh di bawah 37,5. Jika ditemukan pihak yang memiliki suhu tubuh di atas batas, maka tidak diizinkan masuk ke dalam stadion.

Tetapi, ada pengecualian bagi beberapa pihak (pemain, ofisial, Perangkat Pertandingan, panitia penyelenggara (Zona 1,2,3), pejabat PSSI/LIB), maka akan ada pengujian kedua. Namun, mereka harus lebih dulu berada di ruang Isolasi selama 10 menit.

Berdasarkan Pasal 29 ayat 7 regulasi Piala Menpora, jika pengukuran suhu kedua masih lebih dari 37,50C, Satgas Covid-19 akan menentukan tindakan dan langkah berikutnya. Termasuk dilakukan PCR Swab Test dan penanganan medisnya.

Pada Pasal 30, diatur pula mengenai regulasi ketersediaan pemain. Jika nantinya pada Rapid Tes Antigen/Genose pada hari pertandingan dan pemain di suatu klub tersisa kurang dari 13 (termasuk penjaga gawang), maka panitia akan menggelar rapat darurat. (act/rdt)

Piala Menpora 2021 (21 Maret- 25 April 2021)

Grup A, di Stadion Manahan, Solo (Jawa Tengah)

1.   Arema FC

2.   PSIS Semarang

3.   Persipura Jayapura

4.   TIRA-Persikabo

5.   Barito Putera

Grup B, di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang (Jawa Timur)

1.   Persija Jakarta

2.   PSM Makassar

3.   Bhayangkara-Solo FC

4.   Borneo FC

Grup C, di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung (Jawa Barat)

1.   Madura United

2.   Persebaya Surabaya

3.   PSS Sleman

4.   Persela Lamongan

5.   Persik Kediri

Grup D, di Stadion Maguwoharjo, Sleman (Yogyakarta)  

1.   Bali United

2.   Persib Bandung

3.   Persita Tangerang

4.   Persiraja Banda Aceh

Regulasi Piala Menpora 2021

  • Setiap klub boleh mendaftarkan 30 pemain
  • Tidak mewajibkan membawa seluruh pemain ke stadion
  • Setiap klub wajib mendaftarkan tiga penjaga gawang
  • Pendaftaran pemain 9 Maret 2021 hingga H-1 kick-off laga pertama (masing-masing grup
  • Setiap klub diizinkan mendaftarkan tiga pemain asing non-Asia dan  satu  asing Asia (AFC)
  • Setiap klub hanya bisa mendaftarkan maksimal 10 ofisial
  • Hanya delapan orang ofisial yang diizinkan duduk di bangku cadangan
  • Setiap pertandingan digelar 90 menit (2×45 menit)
  • Masa cooling break pada menit ke-30 dan 75
  • Durasi cooling break adalah tiga menit dan akan ditambahkan pada waktu tambahan di setiap akhir babak.
  • Setiap klub bisa mengganti maksimal enam pemain dalam tiga kali kesempatan (skema 2-2-2 atau 3-2-1 dalan menit berbeda)
  • Terdapat tambahan jatah pergantian pemain pada babak perempat final pada babak tambahan waktu

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Senin (29/11), tim gabungan mendatangi kawasan RW 05 Kelurahan Mulyorejo Sukun Kota Malang. Di sana, nakes dan Babinsa Mulyorejo mendatangi sekitar...

News

Malang Post – Profesi advokat atau pengacara selayaknya menempuh pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Agar produk hukumnya menjadi kapabel serta mempunyai profesionalitas, integritas dan...

Malang Raya

Malang Post – Camat Donomulyo—Mumuk Hadi Martono, minta Pembina Pramuka inovatif dan kreatif agar ekstrakurikuler Pramuka disukai peserta didik. Sehingga tertanam karakter dengan nilai-nilai...

Olahraga

Malang Post  – Dari gelaran 32 besar Liga 3 Jawatimur yang digelar di stadion Joko Samudro Gresik sore tadi. Tim asal Kabupaten Malang dibawah...

Malang Raya

Malang Post – Pemerintah Kota Malang bersama Korem 083/Bdj dan Kodim 0833 Kota Malang memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). Peringatan tersebut terpusat di...

Malang Raya

Malang Post – Sabtu malam (27/11), tim gabungan di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang melaksanakan penegakan PPKM. Tim gabungan ini terdiri dari anggota Polsek Kedungkandang...

News

Malang Post – Berpartisipasi melestarikan lingkungan, Ketua TP PKK Jawa Timur (Istri Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak), Arumi Bachsin melaksanakan tanam pohon di Giripurno.  “Kelestarian...

Malang Raya

Malang Post – Sabtu (27/11), Puskesos menyalurkan bansos berupa beras tersebut kepada 90 KPM di Kelurahan Kasin.Babinsa Kasin, Serda Eka mengabarkan, selain menyalurkan bansos,...