Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Diet, Buah-Buahan Ini Cocok Dikonsumsi

Foto Ilustrasi. (Kompas.com)

Malang – Banyak alasan seseorang melakukan diet. Mulai dari alasan kesehatan, ingin punya bentuk tubuh yang indah, hingga alasa ingin memakai baju dengan ukuran tertentu.

Dalam menjalankan diet, tentunya tidak boleh sembarangan. Pilihlah diet yang sesuai dengan kondisi kesehatan, usia, dan juga kegiatan yang anda lakukan setiap harinya. Jika terlalu dipaksakan, atau hanya meniru pola diet artis idola, bisa saja berakibat fatal bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga ----------------------------

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat diet adalah pola makan sehat dan seimbang. Salah satu yang cocok dikonsumsi saat diet  adalah buah-buahan yang memiliki kandungan serat tinggi. Buah berserat tinggi bisa  membuat anda kenyang lebih lama. Artinya, keinginan untuk mengonsumsi makanan yang berpengaruh pada berat badan Anda pun dapat berkurang. Selain itu, buah jenis tertentu banyak mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya. Dengan begitu, kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan bisa terjaga.

Berikut adalah beberapa buah yang cocok dikonsumsi saat anda sedang menjalankan program diet, dikutip dari berbagai sumber.

Pisang

Pisang mengandung nutrisi dan gizi yang penting bagi tubuh. Pisang juga dapat menjadi sumber serat yang baik untuk kesehatan. Dengan kandungan serat tinggi, Anda akan  merasakan kenyang lebih lama sehingga akan mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu memang pisang dikenal baik bagi mereka yang suka berolahraga. Jadi bagi anda yang sedang diet dan rutin olahraga, pisang menjadi menu wajib bagi anda.

Apel

Di malang tentu bukan hal sulit mencari apel. Nah buah yang satu ini cocok bagi anda yang sedang menurunkan berat badan. Melansir Everyday Health, apel menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan serat cukup tinggi tetapi rendah kalori.

Cara konsumsinyapun bergam. Selain dimakan langsung, anda juga bisa menjadikan apel sebagai salah satu menu pada salad buah atau konsumsi apel dengan plain yoghurt.

Jeruk

Selain kandungan vitamin C yang tinggi, Dengan konsumsi jeruk Anda bisa mendapat 3.14 g serat. Ini berlaku untuk jeruk berukuran  sedang ya bund. Jumlah tersebut dapat memenuhi 11% kebutuhan serat harian Anda.

Mengutip kompas. com,  makan jeruk lebih baik dilakukan secara utuh untuk mengurangi rasa lapar. Jadi Anda yang sedang diet dianjurkan untuk tidak makan jeruk dengan cara diambil pulpy-nya saja atau malah dijus.

Alpukat

Mengutip halodoc, alpukat merupakan buah yang menjadi sumber vitamin, mineral, dan juga lemak sehat untuk tubuh. Alpukat dapat membuat seseorang merasakan kenyang lebih lama karena kandungan lemak sehat dan serat yang lebih sulit dicerna dalam pencernaan. Jadi bagi yang sedang diet, bisa mengonsumsi alpukat.

Mangga

Selain rasa yang nikmat dan warna yang menggoda, siapa sangka buah mangga dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan.  Tidak hanya berguna untuk mengontrol metabolisme tubuh, kandungan dalam mangga pun berguna untuk menurunkan inflamasi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi mangga dapat mengontrol jumlah gula darah dan tekanan darah seseorang.

Everyday Health merekomendasikan Anda untuk menikmati mangga yang dicampur dengan bubuk cabai dan air perasan jeruk nipis. Selain memiliki rasa yang lezat, capsaicin dari cabai mampu mempercepat proses menurunkan berat badan.

Nanas

Nanas mengandung serat dalam jumlah banyak dan rendah kalori. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nanas dapat membantu mengurangi lemak tubuh. Nanas juga  mengandung banyak air, sehingga Anda bisa terhindar dari dehidrasi. Selain itu, kandungan vitamin C dalam nanas pun berguna untuk menjaga kesehatan Anda.

Pir

Buah pir menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan serat di dalamnya. Satu buah pir berkontribusi  6 gram asupan serat bagi tubuh. Tidak hanya serat, buah pir juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Manfaatnya untuk  menjaga kesehatan tubuh dari paparan radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Nah, bagi Anda yang sedang diet, bisa mempertimbangan untuk memasukan buah-buah kaya serat di atas dalam menu diet anda. Yang pasti pilihlah pola diet yang cocok untuk anda. Sebaiknya juga berkonsultasi pada ahlinya. (hlc/kps/anw)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Koramil Sukun turut mengikuti karya bakti warga Jalan Kemantren 1 gang Imam Bonjol, RT 08 RW 03, Kelurahan Bandungrejosari Sukun, Minggu...

Malang Raya

Malang Post – Masjid Khoirul Huda dengan kawalan Babinsa-Bhabinkamtibmas Sukun, menghelat sunatan gratis. Panitia sunatan gratis memusatkan acara di Jalan Simpang Sukun, RW 04...

Malang Raya

Malang Post  – Pendampingan dan pelatihan keuangan bagi pelaku UMKM sangat penting. Demi kemajuan usahanya, agar tetap stabil dan produktif. Karena itulah, PT Permodalan...

headline

Malang Post – Terbukti sudah, jika pinjol (pinjaman online) apalagi ilegal, bisa bikin stres hingga nekat bunuh diri. Ini akibat tak kuat dikejar-kejar debkolektor...

Malang Raya

Malang Post – Koramil 0833/ 02 Kedungkandang bersama Muspika menggelar operasi yustisi untuk menegakkan protokol kesehatan covid-19. Ini juga sekaligus melaksanakan PPKM level 2...

Malang Raya

Malang Post – Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona berupaya terus menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sebagai imunitas terhadap penyakit dan virus....

Malang Raya

Malang Post — Berbagai macam cara dilakukan Pemkot Batu untuk melakukan percepatan vaksinasi kepada lansia. Terbaru Pemkot Batu bersama Batu Love Garden (Baloga) Jatim Park...

Malang Raya

Malang Post — Semakin melandainya angka kasus positif dan kematian akibat Covid-19, membuat kapasitas Bed Occupancy Rate (BOR) di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Saiful...